skip to main |
skip to sidebar
Membangun Generasi Emas Bangsa Indonesia 2025
MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pengertian Media pengajaran
Ada beberapa ahli yang memberi batasan tentang media dengan pengertian media sendiri yang sangat luas, seperti dari beberapa ahli yang mengemukakan pengertian media tersebut seperti:
1. Mc.Luhan (1964) seorang ahli komunikasi, menurut dia media itu adalah sebuah saluran pesan yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dan seorang ke orang lain yang tidak ada harapannya, contohnya surat, televisi, film, telepon dan jalan serta jalur kereta api.
2. Romiszowski (1988) seorang profesor teknologi pendidikan dari Syracuce University, menurut dia media sebaiknya diberi batasan yang cukup sempit sehingga hanya mencakup media yang digunakan secara efektif untuk melaksanakan proses pembelajaran yang direncanakan dengan baik, sehingga Romiszowski mengemukakan bahwa media adalah pembawa pesan yang berasal dari suatu sumber pesan (yang dapat berupa orang/benda) kepada penerima pesan.
Pada dasarnya media dapat diartikan sebagai perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima.
B. Manfaat Media
Media dapat digunakan dalam proses belajar mengajar dengan dua cara, yaitu sebagai alat bantu mengajar (dependent media) yaitu efektifitas media itu sangat tergantung kepada kemampuan guru yang memakainya, kedua sebagai media belajar yang dapat digunakan sendiri oleh siswa (independent) yaitu media itu dirancang, dikembangkan, dan diproduksi secara sistematik, serta dapat menyalurkan informasi secara terarah untuk mencapai tujuan intruksional tertentu.
Media dapat membantu guru:
1) Media mampu memperlihatkan gerakan cepat yang sulit diamati dengan cermat oleh mata biasa.
2) Media dapat memperbesar benda-benda kecil yang tak dapat dilihat oleh mata telanjang.
3) Sebuah obyek yang sangat besar tentu tidak bisa dibawa ke dalam kelas maka dengan media dapat dilakukan dengan realita, gambar, film dll.
4) Media dapat menyajikan suatu proses/pengalaman hidup yang utuh.
5) Guru tidak dapat membawa benda-benda berbahaya seperti harimau, bom, orang sakit ke dalam kelas, semua itu dibawa ke dalam kelas berbentuk sebuah media.
C.Karakteristik Media
Rudi Bretz mengklasifikasikan media atas karakteristik utamanya yaitu suara, bentuk visual (gambar, garis dan simbol) serta gerak, di samping itu dia juga membedakan media transmisi dan media rekaman semua digolongkan menjadi 7 kelas yaitu media audio visual gerak, media visual diam, media audio semi gerak, media visual gerak, media visual diam, media audio, dan media cetak.
Berbeda lagi dengan L.J.Briggs (1970) menggolongkan media tersebut dengan mengkaitkan kesesuaian karakteristik rangsangan yang dapat ditimbulkan oleh media tersebut dengan:
a) Karakteristik siswa.
b) Persyaratan tugas.
c) Materi, dan
d) Trasmisinya.
Dia juga mengidentifikasikan 13 macam media pengajaran yaitu obyek, model, suara langsung, rekaman audio, media cetak, pengajaran terprogram, papan tulis,media transparansi, film rangkai, film, televisi dan gambar. Semakin lebih jelas bahwa karakteristik media sangat menentukan hasil penggolongan media pengajaran.
D. Media Audio
Media audio berfungsi untuk menyalurkan pesan audio dari sumber penerima pesan, jenis-jenis media audio antara lain:
1. Radio
Fungsinya meningkatkan kemampuan komunikasi audio, membuat suasana belajar menjadi lebih hidup dan meningkatkan kemampuan apresiasi dan imajinasi terhadap kejadian/peristiwa yang sedang disiarkan.
Kelebihan dari media ini antara lain:
a) Program siaran dapat direkam dan isi pesan dapat dipergunakan berulang kali dengan konsisten.
b) Daya jangkaunya luas.
c) Harganya terjangkau.
d) Dapat dipindah-pindah.
e) Progam dapat diedit sesuai yang dikehendaki.
f) Dapat menyajikan laporan-laporan seketika.
g) Dapat mengatasi ruangan dan waktu.
h) Dapat memberikan suasana alam nyata seperti bunyi atau suara, dan
i) Dapat menyiarkan kejadian khusus, aktual dan peristiwa historis.
Sedangkan kelemahan dari media ini antara lain:
a) Penyesuaian jadwal siaran dan jadwal sekolah umumnya sulit.
b) Sifat komunikasinya satu arah.
c) Hanya menggunakan media audio saja.
d) Sulit dikontrol, artinya pendengar tidak dapat menghentikan siaran sebentar untuk berdiskusi untuk mengulas yang kurang jelas.
2. Tape Recorder dan Pita Audio
Fungsinya meningkatkan komunikasi audio, membuat suasana belajar lebih mantap komunitatif serta mengembangkan kemampuan apresiasi dan imajinasi siswa terhadap hal-hal yang sedang disajikan.
Kelebihan dari media ini antara lain:
a) Lebih mudah dikontrol oleh guru, yaitu dapat diulang-ulang jika belum paham.
b) Cocok untuk pengajaran bahasa, musik dll.
c) Tidak terikat jadwal dan waktu penyiarannya.
d) Pemilihan dan penggunaan pita rekaman (pita audio) dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
e) Dapat digunakan untuk remediasi.
f) Praktis, karena mudah dibawa kemana-mana.
Kekurangan dari media ini antara lain:
a) Daya jangkaunya agak terbatas.
b) Rekaman kadang-kadang terhapus.
c) Biaya pengadaannya lebih mahal, terutama untuk sasaran yang luas.
E. Media Visual
Media visual dibagi menjadi dua yang pertama media visual diam (foto, ilustrasi, flash card, film bingkai dan sejenis media yang tidak dapat bergerak), kedua media visual gerak (gambar-gambar proyeksi bergerak seperti film bisu dll. Funsi media ini untuk memperlihatkan sesuatu yang belum pernah dilihat atau yang tidak mungkin misalnya dengan menggunakan media gambar datar (foto, ilustrasi, flash cards, gambar pilihan dan potongan gambar), media proyeksi diam (film bingkai (slide), film rangkai (filmstrip), transparansi, proyektor tak tembus pandang (opaque proyektor), mikrofis(microfiche), stereo proyektor, mikro proyektor, dan tachitoscopes), media grafis (grafik, bagan (chart), diagram dan sketsa, poster, gambar kartun, peta dan globe),dan media prroyeksi bergerak.
Kelebihan dari media ini antara lain:
a) Umumnya murah harganya.
b) Mudah didapat.
c) Mudah digunakannya.
d) Dapat memperjelas suatu masalah.
e) Lebih realitis.
f) Dapat membantu mengatasi keterbatasan pengamatan.
g) Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.
Sedangkan kekurangan dari media ini antara lain:
a) Semata-mata hanya medium visual.
b) Ukuran gambar sering kali kurang tepat untuk pengajaran dalam kelompok besar.
c) Memerlukan ketersediaan sumber dan ketrampilan, dan kejelian guru untuk dapat memanfaatkannya.
F. Media Audio Visual
Dengan karakteritik yang lebih lengkap, media audio visual memiliki kemampuan untuk dapat mengatasi kekurangan dari media audio atau media visual semata, misalnya film bingkai dilengkapi dengan media suara. Menurut karakteristiknya media audio visual dibedakan menjadi dua yaitu media audio visual diam (slow scan TV, time shared TV, TV diam, film rangkai bersuara, halaman bersuara, dan buku bersuara), dan media audio visual gerak (film bersuara, pita video, film Tv, TV, holografi, video tapes, dan gambar bersuara)
Televisi adalah media yang menyampaikan pesan melalui gambar gerak yang dilengkapi suara, TV memiliki kekurangan yaitu guru tidak dapat memilih atau mengontrol program yang relevan dan tidak bisa menyesuaikan jadwal siaran dengan jadwal sekolah. Sedangkan kelebihannya dapat memanfaatkan sumber-sumber lokal untuk kepentingan pengajaran, dan dapat mengatasi kekurangan sarana dan prasarana.
Film juga sepertihalnya TV yang dapat dimanfaatkan untuk pengajaran, kelebibihan dari film ini adalah lebih mendekati realitas, lebih menarik perhatian siswa, dapat mengatasi keterbatasan intra penglihatan, dapat diputar ulang, dapat menambah wawasan anak, dapat mengatasi keterbatasan waktu dan ruang, dapat menampilkan gerak yang dipercepat atau diperlambat, dan dapat menggunakan proses. Sedangkan kelemahannya biaya produksinya tinggi dan pemakaiannya perlu ruang gelap.
Video media ini sangat populer di masyarakat, kelebihan dari media ini yaitu penyajiannya tidak memerlukan ruang gelap, program dapat diputar berulang-ulang, progam yang rumit atau berbahaya dapat direka terlebih dahulu, dan mudah dikontrol oleh guru. Sedangkan keterbatasannya antara lain daya jangkaunya terbatas, sifat komunikasinya satu arah, dan peralatannya cukup mahal.
G. Media Serbaneka
Karena begitu beragamnya media maka ada pula perbedaan karakteristiknya dan karena itu tidak digolongkan ke media audio, media visual maupun media audio visual, beberapa media yang digolongkan kedalam media serbaneka antara lain:
a) papan tulis (chalkboard, papan buletin (bulletin board), papan flannel (flanned board), papan magnetik (magnetic board), papan listrik (electric board)
b) media tiga dimensi yaitu media yang dapat memberikan perasaan akan realita, media tiga dimensi yang banyak digunakan dalam pengajaran adalah model dan mock-ups ( mewujudkan suatu benda secara terskala, yang ukurannya mungkin sama, lebih kecil atau lebih besar dari aslinya), diorama (pemandangan tiga dimensi mini dari suatu obyek, kejadian atau proses yang disusun atas berbagai simbul dan bahan-bahan nyata yang bertujuan untuk menggambarkan pemandangan yang sebenarnya.
c) Realita adalah benda-benda nyata apa adanya atau aslinya tanpa perubahan, tapi ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh guru dalam penggunaan media ini yaitu benda nyata memiliki banyak macamnya, bagaimana cara agar benda nyata itu sesuai dengan praktek belajar mengajar dikelas, dari mana kita memperoleh benda-benda nyata tersebut.
d) Sumber belajar pada masyarakat, begitu banyaknya sumberbelajar dan kegiatan yang dapat dimanfaatkan dari masyarakat sebagai sumber informasi bagi siswa, memang untuk dapat menemukanya guru harus cukup energik dan imajinatif, karena pemanfaatan sumber belajar pada masyarakat tidak saja akan melibatkan orang, tempat, benda-benda tetapi juga ide-ide dan semua itu akan menambah vitalitas dan realitas belajar. Sumber belajar ini bisa melalui karya wisata atau kemah kerja.
GURU DAN PBM
Tips Bagi Ayah dan Ibu Yang Bekerja
Membesarkan anak dengan baik memang tidak mudah bagi pasangan suami-istri yang bekerja. Dengan panduan berikut mudah-mudahan Anda dapat me...
Mengenai Saya
- KURNIA TRIYULI
- It is not how much we have, but how much we enjoy, that makes happiness
Translate
Total Tayangan Halaman
Labels
- alam (69)
- aleut (1)
- ANTROPOSFER (1)
- bahan ajar (11)
- BATIK MALANGAN (1)
- BATUAN DAN MINERAL (10)
- bentuk muka bumi (7)
- BENUA (14)
- bimbingan belajar (48)
- BIOMA (11)
- BUAH (12)
- BUDAYA INDONESIA (5)
- buku psikologi (15)
- BUNAKEN (3)
- citra penginderaan jauh (53)
- DEFINISI GEOGRAFI (3)
- demografi (35)
- EVALUASI PEMBELAJARAN (10)
- FENOMENA (30)
- flora dan fauna (28)
- GEOGRAFI EKONOMI (2)
- geografi hewan (15)
- GEOGRAFI LINGKUNGAN (25)
- GEOGRAFI PERTANIAN (23)
- geografi tumbuhan (23)
- geologi (70)
- geomorfologi (36)
- GLOBALISASI (1)
- GURU DAN PBM (34)
- HARI BUMI (2)
- HIDROLOGI (7)
- hipnotis (18)
- HUJAN ASAM (3)
- ilmu tanah (6)
- imahagi (4)
- informasi (57)
- INTERPRETASI CITRA (54)
- IPS SD (28)
- JUDUL PENELITIAN (1)
- KAMUS GEOGRAFI (1)
- kartografi (12)
- keajaiban dunia (3)
- kebudayaan (2)
- KECERDASAN (25)
- KELAS IX SEM 1: EKONOMI (10)
- KELAS IX SEM 1: GEOGRAFI (6)
- KELAS IX SEM 1: SEJARAH (4)
- KELAS IX SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS IX SEM 2: EKONOMI (4)
- KELAS IX SEM 2: GEOGRAFI (70)
- KELAS IX SEM 2: SEJARAH (11)
- KELAS IX SEM 2: SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEM 1 : SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEMESTER 1 (7)
- KELAS VIII SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS VIII SEMESTER 2 EKONOMI (8)
- KELAS VIII SEMESTER 2 GEOGRAFI (4)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SEJARAH (2)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SOSIOLOGI (4)
- KEMAMPUAN LAHAN (2)
- KERJASAMA INTERNASIONAL (7)
- KESESUAIAN LAHAN (10)
- KLIMATOLOGI (25)
- KONSEP DASAR GEOGRAFI (1)
- KONSEP DASAR IPS (1)
- kosmografi (123)
- KRISTAL (28)
- KUE (1)
- KUIS PSIKOLOGI (8)
- KUTUB (5)
- LAUT JEPANG (7)
- lingkungan hutan tropis (5)
- lokasi wisata alam (8)
- LPJ (1)
- MASALAH SOSIAL (2)
- MATERI FLASH (12)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VII (52)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VIII SEMESTER 2 (41)
- materi kelas viii (34)
- materi kelas x (15)
- materi kelas xii (10)
- MEDIA PEMBELAJARAN (5)
- menu (5)
- metklim (34)
- MIGRASI HEWAN (3)
- NATIONAL GEOGRAPHIC (2)
- NEGARA (20)
- negara berkembang (29)
- negara maju (17)
- obyek wisata (7)
- OLEH-OLEH DARI ROTE (4)
- olimpiade kebumian (1)
- OSEANOGRAFI (53)
- OTAK (7)
- palaentologi (2)
- PANTAI PRIGI (1)
- pemanasan global (14)
- pembelajaran (36)
- pembelajaran alam (4)
- penduduk (26)
- pengantar geografi (8)
- pengetahuan agama (2)
- pengetahuan komputer (10)
- PENGETAHUAN UMUM (10)
- penjelajahan (7)
- perdagangan internasional (1)
- PERGERAKAN NASIONAL (11)
- PERISTIWA GEOGRAFI (2)
- PERKEMBANGAN ANAK (35)
- PETA INTERAKTIF (2)
- PROPOSAL (1)
- PTK (4)
- PULAU (1)
- RELIEF DASAR LAUT (1)
- RESEP MASAKAN (7)
- RPP DAN SILABUS KARAKTER BANGSA (4)
- RUMAH (26)
- sedimentasi (1)
- sejarah (25)
- SEJARAH INDONESIA (11)
- selingan (16)
- seni dapur (3)
- SILABUS GEOGRAFI (4)
- SINEMATOGRAFI (12)
- situs peninggalan sejarah (21)
- SOAL GEOGRAFI (2)
- sosiologi (12)
- STATISTIK (17)
- SUAKA ALAM DAN SUAKA MARGASATWA (45)
- suku bangsa (4)
- TAMAN (9)
- TAMAN NASIONAL (45)
- tanaman langka (11)
- TANAMAN OBAT TRADISIONAL (1)
- teknologi (10)
- TELAAH KURIKULUM (3)
- tenaga eksogen (11)
- tenaga endogen (6)
- TENGGER (2)
- tentang otak (11)
- THE GEOGRAPHY DEPARTEMENT (10)
- tips dan trik (74)
- TSUNAMI (1)
- tubuh kita (92)
- UKG (2)
- UNDANG-UNDANG TENTANG PENDIDIKAN (2)
Blog Archive
-
▼
2010
(1263)
-
▼
Juli
(200)
- Pendapatan Pengemis Rp 300000 perhari
- “Menembus” Hutan Tropis Indonesia
- USAHA PELESTARIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI INDONESIA
- HUTAN HUJAN TROPIS DI INDONESIA & USAHA PELESTARIA...
- TIPE-TIPE HUTAN TROPIS
- KEBUDAYAAN
- Lingkungan hidup dan pelestariannya
- Surga Dunia di Paradiso
- Pesta di Tanah Dewata
- Pantai Pasir Putih di Lampung
- Pantai Senggigi-Pantai Elok Nan Indah di Pulau Lombok
- Pantai Balekambang, Malang-Jatim
- Belajar Menyelam di Pantai Amed, Bali
- Pemandian Air Panas Ciater
- Bersantai di Sumber Air Panas Cisolok
- Tangkuban Perahu nan Legendaris
- Curug Cimahi—Air Terjun yang Spektakuler
- Meninjau Danau Maninjau
- Pesona Danau Terbesar di Indonesia--Danau Toba
- Nikmati Pemandangan Spektakuler Pegunungan Bromo-S...
- Air Terjun Coban Rondo, Malang
- Taman Wisata Selorejo, Panorama Indah dan Medan Pe...
- Pesona Pulau Samosir
- Menyusuri Sungai Musi, Palembang
- Gunung dan Danau Batur-Kintamani, Bali
- KEDUTAAN BESAR
- Pengalaman di Bunaken, Sulawesi
- Mengejar "Naga" di Pulau Komodo
- Temukan Surga Tropis di Pulau Derawan, Kalimantan ...
- Berpetualang di dalam Gua Petruk Kebumen
- Menyelam di Pulau Banda
- Tamansari Water Castle
- Pesona Tebing Andesit di Kalikuning
- Kayaking di Sungai Progo
- Sensasi Arung Jeram di Sungai Elo
- Eksplorasi Goa Cokro
- Goa Jomblang dan Grubug
- Parangtritis, keindahan pantai dengan nuansa mistis
- Wisata Karst Kalisuci
- Pantai Carita.
- CIRI-CIRI GURU PROFESIONAL
- Sistem Pernafasan Pada Manusia
- ARTI, POSISI DAN FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN
- Media Pembelajaran: Arti, Posisi, Fungsi, Klasifik...
- Pendidikan Anak
- KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
- MEDIA PEMBELAJARAN
- Negara Berkembang
- Negara Maju
- Negara Berkembang vs Negara Maju
- Faktor-Faktor Penyimpangan Sosial
- Penyimpangan Sosial Individual
- Bentuk-Bentuk Muka Bumi di Daratan
- Geografi SMP Kelas VII semester 2
- Pulau Sempu
- jasul 7
- adul 6
- jadul 5
- antik 4
- jadul 3
- jadul 2
- jadul 1
- barang barang adul one
- ktp jadul
- serba dulu
- barang tempo dulu
- sepeda motor kuno
- iklan tempo dulu
- Membongkar El Nino dengan Syaraf Tiruan
- CUACA DAN IKLIM
- Gambar - Gambar Binatang
- arsip
- kategori
- materi geografi
- Migrasi Antar Kabupaten/Kota
- Migrasi
- menu navigasi Membuat navigasi menu pada blog deng...
- Tingkat Pendidikan Tertinggi (TPT)
- Pendidikan Tertinggi
- Angka Partisipasi Murni (APM)
- Angka Partisipasi Kasar (APK)
- Kegunaan Secara Umum Partisipasi Sekolah
- Partisipasi Sekolah
- Pendidikan
- Rumah tangga
- Perkawinan
- Angka Kelahiran Kasar (CBR/ Crude Birth Rate)
- Jumlah Kelahiran
- Konsep Angka Kelahiran Tahunan
- Persebaran Penduduk
- Piramida Penduduk
- Rasio Ketergantungan
- Rasio Jenis Kelamin
- Umur Penduduk
- Angka Kematian Bayi
- Angka Kematian Kasar
- Mortalitas
- Fertilitas
- Jumlah Penduduk menurut Provinsi
- Distribusi Persentase Luas dan Penduduk menurut Pulau
-
▼
Juli
(200)
Entri Populer
-
Evaluasi berarti pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan m...
-
Erosi adalah lepasnya material padat (sedimen, tanah, batuan dan tertikel lain) dari batuan induknya oleh air, angin, es, gaya gravitasi ata...
-
[Asteroid] Asteroid, seringkali disebut planet minor atau planetoids, asteroid termasuk anggota dalam tata surya. Asteroid cenderung...
-
Pembelajaran menurut Resnik yang dikutip oleh Martorella 1991, dijelaskan sebagai berikut : Pembelajaran tidak dapat diartikan secara sederh...
-
Visualisasi Informasi Visualisasi adalah (McCormick et al., 1987): – Metode penggunaan komputer untuk men...
-
Kawasan karst di Indonesia amatlah luas . Kawasan karst pun memiliki potensi, manfaat dan peran penting bagi ekosistem dan manusia. Sayang...
-
Pemanfaatan Citra Quickbird Guna Menunjang Penyediaan Informasi Spasial Pulau Kecil Terluar Studi Kasus di Pulau Meatimi...
-
Untuk melengkapi taman agar lebih indah dan asri dapat dipilih kombinasi dengan kolam air buatan, kolam dengan air terjun, atau kolam air...
-
Penyebab Erosi a. Penyebab Erosi Tanah Tanah bisa mengalami kerusakan, bahkan tanah termasuk wujud alam yang mudah mengalami kerusakan. ...
-
Kepulauan Aleut dari udara.w Kepulauan Aleut (kemungkinan dari Chukchi aliat , " pulau ") adalah rantaian dari lebih dar...
0 komentar:
Posting Komentar