Ada yang mengatakan, bahwa masyarakat Jepang sangat memahami tsunami. Setuju atau tidak dengan pernyataan tersebut masyarakat Jepang memang banyak dibekali pengetahuan tentang tsunami. Lebih dari itu pengalaman dan semangat manusia Jepang memang tidak diragukan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan tsunami. Hingga sejarah mengatakan, bahwa kata tsunami diambil dari bahasa mereka (Jepang).
Dan melihat tayangan di TV serta foto dari beberapa media, masyarakat Jepang masih dengan tenangnya menghadapi gempa 8,9 SR yang diikuti dengan tsunami. Mereka berpegangan benda untuk menyeimbangkan badan agar tidak jatuh. Ada yang memegangi meja dan berdoa. Beraninya … mereka masih di dalam ruangan. Tentu tak seberani seperti itu jika bekal tentang gempa – tsunami tidak dimilikinya.
Tentu tidak semua seperti itu, disana pasti masih ada pula yang panik dan berlarian keluar. Dan sampai pukul 17.00 wite berita itu diturunkan terdapat delapan korban tewas. Disusul sekitar 200 orang yang terjebak di kereta (Berita pulul 22.45 wite. Dan ratusan ditempat-tempat lain. Wah … ini tidak jauh berbeda dengan tsunami Aceh yang merenggut kurang lebih 250 ribu jiwa. Dan melihat jejak yang ditinggalkan, bangunan di Jepang banyak pula yang tidak utuh. Sama pula di Aceh, banyak sekali bangunan yang tersapu tsunami.
Coba perhatikan foto udara dibawah ini!
Melihat gambar diatas kita bisa belajar, bahwa menyosialisasikan tentang gempa-tsunami ke masyarakat itu penting. Jadi amat menarik jika Fakultas Geografi UGM hendak membuka ruang untuk mengkaji tentang mitigasi bencana. Lebih mengerucut jika kajian itu diintegrasikan ke materi geografi di sekolah-sekolah, insyaAllah bencana sedikit-demi sedikit bisa diminimalisir.
Dari sisi lain kita juga bisa belajar bahwa bencana itu harus dihadapi dengan tenang. Sebab bencana seperti gempa dan tsunami belum bisa diprediksi dengan pasti waktu terjadinya. Jelasnya masyarakat Jepang dan Indonesia hidup di ring of fire, atau titik-titik pertemuan lempeng tektonik yang sangat berpotensi untuk terjadi gempa dan tsunami.
Pengetahuan : mengapa bisa terjadi gempa? juga masih perlu disosialisasikan. Di bawah sebuah ilustrasi gempa bisa terjadi di Jepang;
Ilustrasi seperti diatas juga sudah banyak dilukiskan dibuku-buku pelajaran. Siswa sudah mengenal istilah subduksi, konvergen, divergent, sesar dll. Namun agar bisa lebih ‘membumi’ riset lebih mendalam adalah sebuah keniscayaan. Mudah-mudahan opini tentan Mitigasi Bencana yang diterbitkan Fak Geografi UGM bisa menjadi harapan, amin.
skip to main |
skip to sidebar
Membangun Generasi Emas Bangsa Indonesia 2025
GURU DAN PBM
Tips Bagi Ayah dan Ibu Yang Bekerja
Membesarkan anak dengan baik memang tidak mudah bagi pasangan suami-istri yang bekerja. Dengan panduan berikut mudah-mudahan Anda dapat me...
Mengenai Saya
- KURNIA TRIYULI
- It is not how much we have, but how much we enjoy, that makes happiness
Translate
Total Tayangan Halaman
Labels
- alam (69)
- aleut (1)
- ANTROPOSFER (1)
- bahan ajar (11)
- BATIK MALANGAN (1)
- BATUAN DAN MINERAL (10)
- bentuk muka bumi (7)
- BENUA (14)
- bimbingan belajar (48)
- BIOMA (11)
- BUAH (12)
- BUDAYA INDONESIA (5)
- buku psikologi (15)
- BUNAKEN (3)
- citra penginderaan jauh (53)
- DEFINISI GEOGRAFI (3)
- demografi (35)
- EVALUASI PEMBELAJARAN (10)
- FENOMENA (30)
- flora dan fauna (28)
- GEOGRAFI EKONOMI (2)
- geografi hewan (15)
- GEOGRAFI LINGKUNGAN (25)
- GEOGRAFI PERTANIAN (23)
- geografi tumbuhan (23)
- geologi (70)
- geomorfologi (36)
- GLOBALISASI (1)
- GURU DAN PBM (34)
- HARI BUMI (2)
- HIDROLOGI (7)
- hipnotis (18)
- HUJAN ASAM (3)
- ilmu tanah (6)
- imahagi (4)
- informasi (57)
- INTERPRETASI CITRA (54)
- IPS SD (28)
- JUDUL PENELITIAN (1)
- KAMUS GEOGRAFI (1)
- kartografi (12)
- keajaiban dunia (3)
- kebudayaan (2)
- KECERDASAN (25)
- KELAS IX SEM 1: EKONOMI (10)
- KELAS IX SEM 1: GEOGRAFI (6)
- KELAS IX SEM 1: SEJARAH (4)
- KELAS IX SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS IX SEM 2: EKONOMI (4)
- KELAS IX SEM 2: GEOGRAFI (70)
- KELAS IX SEM 2: SEJARAH (11)
- KELAS IX SEM 2: SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEM 1 : SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEMESTER 1 (7)
- KELAS VIII SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS VIII SEMESTER 2 EKONOMI (8)
- KELAS VIII SEMESTER 2 GEOGRAFI (4)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SEJARAH (2)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SOSIOLOGI (4)
- KEMAMPUAN LAHAN (2)
- KERJASAMA INTERNASIONAL (7)
- KESESUAIAN LAHAN (10)
- KLIMATOLOGI (25)
- KONSEP DASAR GEOGRAFI (1)
- KONSEP DASAR IPS (1)
- kosmografi (123)
- KRISTAL (28)
- KUE (1)
- KUIS PSIKOLOGI (8)
- KUTUB (5)
- LAUT JEPANG (7)
- lingkungan hutan tropis (5)
- lokasi wisata alam (8)
- LPJ (1)
- MASALAH SOSIAL (2)
- MATERI FLASH (12)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VII (52)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VIII SEMESTER 2 (41)
- materi kelas viii (34)
- materi kelas x (15)
- materi kelas xii (10)
- MEDIA PEMBELAJARAN (5)
- menu (5)
- metklim (34)
- MIGRASI HEWAN (3)
- NATIONAL GEOGRAPHIC (2)
- NEGARA (20)
- negara berkembang (29)
- negara maju (17)
- obyek wisata (7)
- OLEH-OLEH DARI ROTE (4)
- olimpiade kebumian (1)
- OSEANOGRAFI (53)
- OTAK (7)
- palaentologi (2)
- PANTAI PRIGI (1)
- pemanasan global (14)
- pembelajaran (36)
- pembelajaran alam (4)
- penduduk (26)
- pengantar geografi (8)
- pengetahuan agama (2)
- pengetahuan komputer (10)
- PENGETAHUAN UMUM (10)
- penjelajahan (7)
- perdagangan internasional (1)
- PERGERAKAN NASIONAL (11)
- PERISTIWA GEOGRAFI (2)
- PERKEMBANGAN ANAK (35)
- PETA INTERAKTIF (2)
- PROPOSAL (1)
- PTK (4)
- PULAU (1)
- RELIEF DASAR LAUT (1)
- RESEP MASAKAN (7)
- RPP DAN SILABUS KARAKTER BANGSA (4)
- RUMAH (26)
- sedimentasi (1)
- sejarah (25)
- SEJARAH INDONESIA (11)
- selingan (16)
- seni dapur (3)
- SILABUS GEOGRAFI (4)
- SINEMATOGRAFI (12)
- situs peninggalan sejarah (21)
- SOAL GEOGRAFI (2)
- sosiologi (12)
- STATISTIK (17)
- SUAKA ALAM DAN SUAKA MARGASATWA (45)
- suku bangsa (4)
- TAMAN (9)
- TAMAN NASIONAL (45)
- tanaman langka (11)
- TANAMAN OBAT TRADISIONAL (1)
- teknologi (10)
- TELAAH KURIKULUM (3)
- tenaga eksogen (11)
- tenaga endogen (6)
- TENGGER (2)
- tentang otak (11)
- THE GEOGRAPHY DEPARTEMENT (10)
- tips dan trik (74)
- TSUNAMI (1)
- tubuh kita (92)
- UKG (2)
- UNDANG-UNDANG TENTANG PENDIDIKAN (2)
Blog Archive
-
▼
2011
(392)
-
▼
April
(60)
- Permainan Mendidik Sesuai Umur Anak
- ISTILAH DAN PENGERTIAN DALAM PRAKIRAAN MUSIM
- kabut
- uang jaman dulu
- Proses Terjadinya Letusan Gunung Berapi
- Proses Terbentuknya Gunung Berapi
- Persebaran Gunung Api Bawah Laut
- Pergerakan Pembentukan Gunung Api Bawah Laut
- Genesa Pembentukan Gunung Api Bawah Laut
- Pengontrol Pembentukan Gunung Api
- Pembentukan Gunung atau Pegunungan
- anatomi tubuh binatang
- anatomi tubuh
- gejala alam
- MENGENANG ENAM TAHUN TSUNAMI ACEH
- LA NINA EXTREME DESEMBER 2010
- Enigeo, Sebuah Software Pembelajaran Geografi Untu...
- STELLARIUM DI KOMPUTERMU
- Software Pembelajaran Geografi SOLAR MODEL
- DAMPAK TSUNAMI JEPANG 11 MARET 2011
- Belajar Dari Tsunami Jepang
- LAPORAN TSUNAMI JEPANG 2
- PREDIKSI ALIRAN GELOMBANG TSUNAMI JEPANG
- WAJAH BULAN YANG TERSEMBUNYI
- Astronomi Bola Langit
- BOLA LANGIT DAN PEREDARAN MATAHARI
- BOLA LANGIT
- Bola Langit
- Animasi : Pengaruh Lintang Terhadap Bola Langit (C...
- Sistem Koordinat Benda Langit
- Pengertian Bola Bumi dan Bola Langit
- Zodiak
- Okultasi Venus
- Hujan Meteor Quadrantids
- Hujan Meteor Lyrids
- Menentukan Arah Mata Angin
- Koordinat Langit Ekuatorial
- Matahari
- Evolusi Bintang
- Mengapa Bintang Tampak Berkedip?
- Sistem Magnitudo
- Koordinat Horison (Alt-Azimuth)
- Garis-garis pada Spektrum Bintang
- Hukum-Hukum Kepler
- Orbit Planet-planet
- Elongasi, Konjungsi, Librasi
- Terdapat Kehidupan di Atmosfer Venus?
- Observasi Planet Mars
- Planet Neptunus
- Planet Uranus
- Planet Saturnus
- Planet Jupiter
- Bumi
- Bumi
- Planet Mars
- Planet Venus
- Planet Merkurius
- PLANET MERKURIUS
- TATA SURYA
- nongkojajar
-
▼
April
(60)
Entri Populer
-
Nama : SHILVIA AYU RHOMANTIKA Kelas : Regular 2008 Pokjar : Jenu A. hakikat dan sejarah IPS Seper...
-
Manusia adalah makhluk dwi-dimensi. Ia diciptakan Tuhan dari debu tanah dan ruh Ilahi. Debu tanah membentuk jasmaninya dan ruh Ilahi yan...
-
Perubahan iklim atau yang lebih popular dengan istilah climate change mungkin bagi sebagian orang merupakan hal krusial yang sedang menjadi ...
-
Paralaks adalah perbedaan latar belakang yang tampak ketika sebuah benda yang diam dilihat dari dua tempat yang berbeda. Kita bisa mengamati...
-
When we were at Heathrow Airport in London, we bought a British travel guide to Tunisia with maps and a list of Tunisia’s “Top Ten Sights”. ...
-
Sebelum muncul Konsep/Teori Tektonik Lempeng dikenal Konsep Geosinklin, yang menyatakan bahwa; Pembentukan Pegunungan, Pedataran, Ceku...
-
Artikel ILUSTRASI MENGHITUNG KELULUSAN UJIAN NASIONAL SMP TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ...
0 komentar:
Posting Komentar