Ada anak Sekolah Dasar (SD) sedang membaca buku di perpustakaan. Asyik sekali, bahkan ada temannya yang ingin bertanya sesuatu pun tidak dianggapnya. Ia memilih fokus berlayar bersama buku yang sedang dibacanya. Saking terlalu fokusnya, bel tanda masuk pun tidak didengarnya. Itulah membaca. Jika kita menghayati, menyenangi, menjadikannya sebagai hobi, membaca seperti makanan yang lezat. Makanan yang tidak membuat bosan, walau ia santap setiap hari.
Lalu ada yang beralasan membaca itu membosankan, dan membuat kita mengantuk. Alasan itu berjawab karena kita belum terbiasa. Maka wajar, kita menganggapnya bosan dan membuat mata lelah. Ibaratnya ketika berada di lingkungan yang baru kita tempati. Rasanya tidak enak, risih. Tetapi karena setiap hari menempati lingkungan itu, kita menjadi terbiasa. Apalagi kita berusaha enjoy. Membaca pun demikian.
Bahkan ada seseorang yang sangat gemar membaca, sampai ia tidak bisa tidur. Akhirnya ia habiskan waktunya untuk membaca buku yang ia punyai. Lalu, apakah dengan demikian membaca hanya menghabiskan waktu dengan percuma? Jawabannya, tentu tidak. Membaca adalah aktivitas mulia. Karena membaca adalah sebuah anjuran. Tentunya sebagai manusia bisa menempatkan situasi. Membagi waktu antara membaca dan melakukan kewajiban.
Aktivitas membaca untuk sementara ini bagi masyarakat Indonesia masih menjadi aktivitas yang kerap diabaikan. Maka tidak mengherankan jika kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain sangat jauh berbeda. Membaca itu memupuk otak kita, oleh sebab itu membaca itu kebutuhan bagi otak kita. Jika tidak kita pupuk, seperti halnya tanaman akan mudah terserang hama yang mematikan.
Ada anekdot mengatakan demikian, “jalannya orang berduit itu berbeda dengan jalannya orang tak berdiut (miskin)”. Penulis pun memberanikan diri membuat anekdot demikian, “cara bertuturnya orang gemar membaca berbeda dengan bertuturnya orang tak gemar membaca”. Hal itu harus diakui. Orang yang gemar membaca bertuturnya cenderung sistematis dan jika berargumen selalu diselingi dengan referensi tepercaya. Tidak membual alias omong kosong. Tetapi bagi orang yang jauh dari bacaan, pandai ngomong, namun cenderung ‘tong kosong’.
Sayangnya hingga sekarang ini, kaum terdidik (pelajar) enggan menjadikan perpustakaan kota, daerah atau sekolah sebagai tempat paling nyaman. Mereka lebih memilih mengistirahatkan diri ke kantin, pacaran, atau bersendau gurau tidak jelas temanya dengan bergerombol di beberapa sudut tempat. Apakah itu salah? tentu tidak, tetapi akan lebih baik jika waktu luang yang kita punyai digunakan untuk mengasah otak.
Jika kondisi demikian (miskin membaca) semakin berlanjut. Mimpi untuk menyejajarkan diri dengan negara maju, seperti Jepang misalnya, perlu waktu yang sangat lama. Atau lebih kasar lagi, tidak mungkin menyejajarkan diri. Tidak dimungkiri mereka maju karena pendidikan, etos kerja yang tinggi, serta etos ‘membaca’ yang tinggi pula.
Sudah tak terhitung lagi, berapa orang menulis tentang kebiasaan orang Jepang di manapun tempat selalu membiasakan diri membaca. Mungkin penulis menjadi urutan keseribu orang yang menulis tentang hebatnya masyarakat Jepang dalam hal aktivitas membaca.
Sudah tak terhitung pula bukti sukses seseorang berkat aktivitas membacanya yang tergolong tinggi. Lalu apakah kita masih meremehkan budaya baca? Sedari dini, mari sisihkan uang jajan, penghasilan yang kita miliki untuk berburu bahan bacaan. Buku, majalah, browsing, koran, dan lainnya. Jika Anda telah menemukan nikmat dan manfaat dari membaca, ajak orang lain. Mengajak orang untuk melakukan hal baik itu merupakan perbuatan positif.
Dalam agama Islam sendiri, membaca menjadi poin tersendiri dalam amalan ibadah. Tercantum dalam Al Quran surat Al Alaq, berbunyi Iqra’ bismirabbikalladzi khalaq. Yang memiliki arti “Bacalah dengan atas nama Tuhanmu yang menciptakan’. Ayat tersebut menjadi bukti otentik sebagai penguat bahwa aktivitas membaca pun disebutkan di dalam kitab suci yang merupakan kalam Tuhan yang kudus. Ayo membaca, kita buka pintu dunia, kita jelajahi lebat hutan dunia, kita selami dalamnya lautan dan jejahi angkasa raya, kita buka lembar cakrawala.
skip to main |
skip to sidebar
Membangun Generasi Emas Bangsa Indonesia 2025
GURU DAN PBM
Tips Bagi Ayah dan Ibu Yang Bekerja
Membesarkan anak dengan baik memang tidak mudah bagi pasangan suami-istri yang bekerja. Dengan panduan berikut mudah-mudahan Anda dapat me...
Mengenai Saya
- KURNIA TRIYULI
- It is not how much we have, but how much we enjoy, that makes happiness
Translate
Total Tayangan Halaman
Labels
- alam (69)
- aleut (1)
- ANTROPOSFER (1)
- bahan ajar (11)
- BATIK MALANGAN (1)
- BATUAN DAN MINERAL (10)
- bentuk muka bumi (7)
- BENUA (14)
- bimbingan belajar (48)
- BIOMA (11)
- BUAH (12)
- BUDAYA INDONESIA (5)
- buku psikologi (15)
- BUNAKEN (3)
- citra penginderaan jauh (53)
- DEFINISI GEOGRAFI (3)
- demografi (35)
- EVALUASI PEMBELAJARAN (10)
- FENOMENA (30)
- flora dan fauna (28)
- GEOGRAFI EKONOMI (2)
- geografi hewan (15)
- GEOGRAFI LINGKUNGAN (25)
- GEOGRAFI PERTANIAN (23)
- geografi tumbuhan (23)
- geologi (70)
- geomorfologi (36)
- GLOBALISASI (1)
- GURU DAN PBM (34)
- HARI BUMI (2)
- HIDROLOGI (7)
- hipnotis (18)
- HUJAN ASAM (3)
- ilmu tanah (6)
- imahagi (4)
- informasi (57)
- INTERPRETASI CITRA (54)
- IPS SD (28)
- JUDUL PENELITIAN (1)
- KAMUS GEOGRAFI (1)
- kartografi (12)
- keajaiban dunia (3)
- kebudayaan (2)
- KECERDASAN (25)
- KELAS IX SEM 1: EKONOMI (10)
- KELAS IX SEM 1: GEOGRAFI (6)
- KELAS IX SEM 1: SEJARAH (4)
- KELAS IX SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS IX SEM 2: EKONOMI (4)
- KELAS IX SEM 2: GEOGRAFI (70)
- KELAS IX SEM 2: SEJARAH (11)
- KELAS IX SEM 2: SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEM 1 : SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEMESTER 1 (7)
- KELAS VIII SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS VIII SEMESTER 2 EKONOMI (8)
- KELAS VIII SEMESTER 2 GEOGRAFI (4)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SEJARAH (2)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SOSIOLOGI (4)
- KEMAMPUAN LAHAN (2)
- KERJASAMA INTERNASIONAL (7)
- KESESUAIAN LAHAN (10)
- KLIMATOLOGI (25)
- KONSEP DASAR GEOGRAFI (1)
- KONSEP DASAR IPS (1)
- kosmografi (123)
- KRISTAL (28)
- KUE (1)
- KUIS PSIKOLOGI (8)
- KUTUB (5)
- LAUT JEPANG (7)
- lingkungan hutan tropis (5)
- lokasi wisata alam (8)
- LPJ (1)
- MASALAH SOSIAL (2)
- MATERI FLASH (12)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VII (52)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VIII SEMESTER 2 (41)
- materi kelas viii (34)
- materi kelas x (15)
- materi kelas xii (10)
- MEDIA PEMBELAJARAN (5)
- menu (5)
- metklim (34)
- MIGRASI HEWAN (3)
- NATIONAL GEOGRAPHIC (2)
- NEGARA (20)
- negara berkembang (29)
- negara maju (17)
- obyek wisata (7)
- OLEH-OLEH DARI ROTE (4)
- olimpiade kebumian (1)
- OSEANOGRAFI (53)
- OTAK (7)
- palaentologi (2)
- PANTAI PRIGI (1)
- pemanasan global (14)
- pembelajaran (36)
- pembelajaran alam (4)
- penduduk (26)
- pengantar geografi (8)
- pengetahuan agama (2)
- pengetahuan komputer (10)
- PENGETAHUAN UMUM (10)
- penjelajahan (7)
- perdagangan internasional (1)
- PERGERAKAN NASIONAL (11)
- PERISTIWA GEOGRAFI (2)
- PERKEMBANGAN ANAK (35)
- PETA INTERAKTIF (2)
- PROPOSAL (1)
- PTK (4)
- PULAU (1)
- RELIEF DASAR LAUT (1)
- RESEP MASAKAN (7)
- RPP DAN SILABUS KARAKTER BANGSA (4)
- RUMAH (26)
- sedimentasi (1)
- sejarah (25)
- SEJARAH INDONESIA (11)
- selingan (16)
- seni dapur (3)
- SILABUS GEOGRAFI (4)
- SINEMATOGRAFI (12)
- situs peninggalan sejarah (21)
- SOAL GEOGRAFI (2)
- sosiologi (12)
- STATISTIK (17)
- SUAKA ALAM DAN SUAKA MARGASATWA (45)
- suku bangsa (4)
- TAMAN (9)
- TAMAN NASIONAL (45)
- tanaman langka (11)
- TANAMAN OBAT TRADISIONAL (1)
- teknologi (10)
- TELAAH KURIKULUM (3)
- tenaga eksogen (11)
- tenaga endogen (6)
- TENGGER (2)
- tentang otak (11)
- THE GEOGRAPHY DEPARTEMENT (10)
- tips dan trik (74)
- TSUNAMI (1)
- tubuh kita (92)
- UKG (2)
- UNDANG-UNDANG TENTANG PENDIDIKAN (2)
Blog Archive
-
▼
2011
(392)
-
▼
Maret
(28)
- profesi guru sekedar perbandingan
- Perbandingan Guru yang Profesional dengan Guru yan...
- BEST PROCESS – INDIKATOR SEKOLAH UNGGUL
- KECERDASAN ANAK TIDAK TERKAIT DENGAN HASIL TES STA...
- TERNYATA BANYAK KELAS GEMUK (40 SISWA) DI SINGAPURA
- MANUSIA PEMBELAJAR
- MEMBACA MAKANAN SEHARI-HARI
- STRATEGI MENGUASAI KELAS
- RASI BINTANG
- DAMPAK HANCURNYA REAKTOR NUKLIR DI JEPANG
- DAMPAK HUJAN ASAM
- HUJAN ASAM
- Gempa kuat dan tsunami hantam Jepang
- Dampak Perubahan Daya Kutub Magnet Bumi.
- Kutub magnet bumi berganti, kiamatkah?
- KUTUB MAGNET BUMI
- Badai Matahari 2010
- Astronomi (part 1)
- Astronomi (Part 2) adakah kehidupan lain
- Makna Lagu Jawa Yang Berjudul Lir-Lir
- Installasi Stelarium Pada Ubuntu
- BLACKHOLE DALAM AL-QUR'AN
- AURORA BOREALIS
- AURORA BOREALIS
- Silabus Metode Penelitian Pendidikan Geografi
- Silabus Perencanaan Pembelajaran Geografi
- Silabus Evaluasi Pembelajaran Geografi
- Silabus Kosmografi
-
▼
Maret
(28)
Entri Populer
-
Evaluasi berarti pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan m...
-
[Asteroid] Asteroid, seringkali disebut planet minor atau planetoids, asteroid termasuk anggota dalam tata surya. Asteroid cenderung...
-
Pembelajaran menurut Resnik yang dikutip oleh Martorella 1991, dijelaskan sebagai berikut : Pembelajaran tidak dapat diartikan secara sederh...
-
Visualisasi Informasi Visualisasi adalah (McCormick et al., 1987): – Metode penggunaan komputer untuk men...
-
Untuk melengkapi taman agar lebih indah dan asri dapat dipilih kombinasi dengan kolam air buatan, kolam dengan air terjun, atau kolam air...
-
Kepulauan Aleut dari udara.w Kepulauan Aleut (kemungkinan dari Chukchi aliat , " pulau ") adalah rantaian dari lebih dar...
-
Daftar isi 1 PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DALAM MASYARAKAT 1.1 A. Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya dan Penyebabnya 1.1.1 1. Peruba...
-
Menurut pengertian bahasa kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran (John M. Echols da...
-
KELAS 7B PUTRA ( Ada yang ikut menyaksikan perlombaan ini rupanya. Per...
-
Bagi negara maritim seperti Indonesia, kebutuhan akan informasi mengenai dinamika laut , sangat diperlukan dalam menunjang studi ilmiah ma...
0 komentar:
Posting Komentar