skip to main |
skip to sidebar
SILABUS
Mata Kuliah : Kosmografi
SKS : 2 (Dua)
Jurusan : Pendidikan Geografi
Prasyarat : -
Waktu Perkuliahan : 2 x 50 menit x 16 pertemuan
1. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Kosmografi merupakan mata kuliah pendukung dalam studi geografi. Terdapat beberapa objek materi geografi yang perlu penjelasan dari kosmografi, seperti keadaan iklim, perubahan iklim baik yang terjadi di belahan bumi utara maupun di belahan bumi selatan, terjadinya angin muson di Indonesia, pembagian waktu, pembelokan arah angin, pasang naik-pasang surut air laut. Materi/pokok bahasan yang diberikan dalam kosmografi antara lain : Universe (jagat raya), galaksi, bintang, tata surya, gerakan bumi, bulan dan gerhana, penanggalan, serta lukisan bola langit serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan wawasan tentang jagat raya beserta isinya sebagai bekal mereka sebagai calon guru geografi di sekolah. Dan yang tidak kalah pentingnya mahasiswa menyadari akan kebesaran Allah sehungga diharapkan dapat meningkatkan keimanannya.
2. Pengalaman Belajar
Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan :
a. Tatap muka (ceramah. tanya jawab, diskusi)
b. Presentasi kelompok.
3. Evaluasi Hasil Belajar
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :
a. Kehadiran di kelas
b. Pertisipasi kegiatan di kelas
c. Pembuatan Makalah kelompok.
d. UTS dan UAS
4. Uraian Pokok Bahasan Setiap Pertemuan
I. Pengantar Perkuliahan membahas tentang: Silabus perkuliahan, aturan perkuliahan, tujuan, tugas-tugas yang harus dikerjakan, sumber/literatur yang digunakan.
II. Batasan Kosmografi, ruang lingkup bahasan , universe beserta isinya ( luasnya jagat raya, galaksi Bima Sakti, bintang )
III. Tata Surya : teori terjadinya Tata Surya, Anggota Tata Surya, Matahari
IV. Tata Surya (lanjutan) ; Planet (peredaran planet, aspek dan phase planet)
V. Planet Bumi : Gerakan Bumi ( Rotasi , Revolusi, dan Presesi serta akibatnya)
VI. Planet Bumi (lanjutan )
VII. Bulan dan proses terjadinya gerhana (Gerhana bulan dan gerhana matahari)
VIII. Ujian Tengah Semester ( UTS )
IX. Tarikh (Penanggalan) : Tarikh syamsiah dan tarikh komariah.
X. Bola langit dan Sikap bola langit (sikap bola langit tegak, miring dan sejajar)
XI. Tata Koordinat Horizon dan latihan membuat lukisannya
XII. Tata Koordinat Ekuator dan latihan membuat lukisannya
XIII. Menentukan posisi/letak tempat di permukaan bumi dengan menggunakan rumus tinggi kulminasi atas ( Tka).
XIV. Tata Koordinat Ekliptika dan latihan membuat lukisannya.
XV. Diskusi dan resume materi perkuliahan /laporan kunjungan.
XVI. Ujian Akhir Semester ( UAS )
Daftar Literatur
Aristi, dkk. 1995. Perjalanan Mengenal Astronomi. Bandung : UPT Observatorium Boscha ITB.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta
Effendi, A.W. 1994. Mengenal Alam Raya . Bandung : Penerbit Pustaka
Jay M. Pasachoff. Astronomy from the Earth to the Universe. p 11 -18.
Moh. Ma mur Tanudidjaja. 1995. Bumi dan Antariksa. Jakarta : Dep. Pendidikan dan Kebudayaan.
Robert R. Baker. Interoduction to Astronomy. p. 1 – 10.
Sumber dan Dokumen
• Jurnal
• Internet
Membangun Generasi Emas Bangsa Indonesia 2025
Silabus Kosmografi
SILABUS
Mata Kuliah : Kosmografi
SKS : 2 (Dua)
Jurusan : Pendidikan Geografi
Prasyarat : -
Waktu Perkuliahan : 2 x 50 menit x 16 pertemuan
1. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Kosmografi merupakan mata kuliah pendukung dalam studi geografi. Terdapat beberapa objek materi geografi yang perlu penjelasan dari kosmografi, seperti keadaan iklim, perubahan iklim baik yang terjadi di belahan bumi utara maupun di belahan bumi selatan, terjadinya angin muson di Indonesia, pembagian waktu, pembelokan arah angin, pasang naik-pasang surut air laut. Materi/pokok bahasan yang diberikan dalam kosmografi antara lain : Universe (jagat raya), galaksi, bintang, tata surya, gerakan bumi, bulan dan gerhana, penanggalan, serta lukisan bola langit serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan wawasan tentang jagat raya beserta isinya sebagai bekal mereka sebagai calon guru geografi di sekolah. Dan yang tidak kalah pentingnya mahasiswa menyadari akan kebesaran Allah sehungga diharapkan dapat meningkatkan keimanannya.
2. Pengalaman Belajar
Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan :
a. Tatap muka (ceramah. tanya jawab, diskusi)
b. Presentasi kelompok.
3. Evaluasi Hasil Belajar
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :
a. Kehadiran di kelas
b. Pertisipasi kegiatan di kelas
c. Pembuatan Makalah kelompok.
d. UTS dan UAS
4. Uraian Pokok Bahasan Setiap Pertemuan
I. Pengantar Perkuliahan membahas tentang: Silabus perkuliahan, aturan perkuliahan, tujuan, tugas-tugas yang harus dikerjakan, sumber/literatur yang digunakan.
II. Batasan Kosmografi, ruang lingkup bahasan , universe beserta isinya ( luasnya jagat raya, galaksi Bima Sakti, bintang )
III. Tata Surya : teori terjadinya Tata Surya, Anggota Tata Surya, Matahari
IV. Tata Surya (lanjutan) ; Planet (peredaran planet, aspek dan phase planet)
V. Planet Bumi : Gerakan Bumi ( Rotasi , Revolusi, dan Presesi serta akibatnya)
VI. Planet Bumi (lanjutan )
VII. Bulan dan proses terjadinya gerhana (Gerhana bulan dan gerhana matahari)
VIII. Ujian Tengah Semester ( UTS )
IX. Tarikh (Penanggalan) : Tarikh syamsiah dan tarikh komariah.
X. Bola langit dan Sikap bola langit (sikap bola langit tegak, miring dan sejajar)
XI. Tata Koordinat Horizon dan latihan membuat lukisannya
XII. Tata Koordinat Ekuator dan latihan membuat lukisannya
XIII. Menentukan posisi/letak tempat di permukaan bumi dengan menggunakan rumus tinggi kulminasi atas ( Tka).
XIV. Tata Koordinat Ekliptika dan latihan membuat lukisannya.
XV. Diskusi dan resume materi perkuliahan /laporan kunjungan.
XVI. Ujian Akhir Semester ( UAS )
Daftar Literatur
Aristi, dkk. 1995. Perjalanan Mengenal Astronomi. Bandung : UPT Observatorium Boscha ITB.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta
Effendi, A.W. 1994. Mengenal Alam Raya . Bandung : Penerbit Pustaka
Jay M. Pasachoff. Astronomy from the Earth to the Universe. p 11 -18.
Moh. Ma mur Tanudidjaja. 1995. Bumi dan Antariksa. Jakarta : Dep. Pendidikan dan Kebudayaan.
Robert R. Baker. Interoduction to Astronomy. p. 1 – 10.
Sumber dan Dokumen
• Jurnal
• Internet
GURU DAN PBM
Tips Bagi Ayah dan Ibu Yang Bekerja
Membesarkan anak dengan baik memang tidak mudah bagi pasangan suami-istri yang bekerja. Dengan panduan berikut mudah-mudahan Anda dapat me...
Mengenai Saya
- KURNIA TRIYULI
- It is not how much we have, but how much we enjoy, that makes happiness
Translate
Total Tayangan Halaman
Labels
- alam (69)
- aleut (1)
- ANTROPOSFER (1)
- bahan ajar (11)
- BATIK MALANGAN (1)
- BATUAN DAN MINERAL (10)
- bentuk muka bumi (7)
- BENUA (14)
- bimbingan belajar (48)
- BIOMA (11)
- BUAH (12)
- BUDAYA INDONESIA (5)
- buku psikologi (15)
- BUNAKEN (3)
- citra penginderaan jauh (53)
- DEFINISI GEOGRAFI (3)
- demografi (35)
- EVALUASI PEMBELAJARAN (10)
- FENOMENA (30)
- flora dan fauna (28)
- GEOGRAFI EKONOMI (2)
- geografi hewan (15)
- GEOGRAFI LINGKUNGAN (25)
- GEOGRAFI PERTANIAN (23)
- geografi tumbuhan (23)
- geologi (70)
- geomorfologi (36)
- GLOBALISASI (1)
- GURU DAN PBM (34)
- HARI BUMI (2)
- HIDROLOGI (7)
- hipnotis (18)
- HUJAN ASAM (3)
- ilmu tanah (6)
- imahagi (4)
- informasi (57)
- INTERPRETASI CITRA (54)
- IPS SD (28)
- JUDUL PENELITIAN (1)
- KAMUS GEOGRAFI (1)
- kartografi (12)
- keajaiban dunia (3)
- kebudayaan (2)
- KECERDASAN (25)
- KELAS IX SEM 1: EKONOMI (10)
- KELAS IX SEM 1: GEOGRAFI (6)
- KELAS IX SEM 1: SEJARAH (4)
- KELAS IX SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS IX SEM 2: EKONOMI (4)
- KELAS IX SEM 2: GEOGRAFI (70)
- KELAS IX SEM 2: SEJARAH (11)
- KELAS IX SEM 2: SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEM 1 : SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEMESTER 1 (7)
- KELAS VIII SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS VIII SEMESTER 2 EKONOMI (8)
- KELAS VIII SEMESTER 2 GEOGRAFI (4)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SEJARAH (2)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SOSIOLOGI (4)
- KEMAMPUAN LAHAN (2)
- KERJASAMA INTERNASIONAL (7)
- KESESUAIAN LAHAN (10)
- KLIMATOLOGI (25)
- KONSEP DASAR GEOGRAFI (1)
- KONSEP DASAR IPS (1)
- kosmografi (123)
- KRISTAL (28)
- KUE (1)
- KUIS PSIKOLOGI (8)
- KUTUB (5)
- LAUT JEPANG (7)
- lingkungan hutan tropis (5)
- lokasi wisata alam (8)
- LPJ (1)
- MASALAH SOSIAL (2)
- MATERI FLASH (12)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VII (52)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VIII SEMESTER 2 (41)
- materi kelas viii (34)
- materi kelas x (15)
- materi kelas xii (10)
- MEDIA PEMBELAJARAN (5)
- menu (5)
- metklim (34)
- MIGRASI HEWAN (3)
- NATIONAL GEOGRAPHIC (2)
- NEGARA (20)
- negara berkembang (29)
- negara maju (17)
- obyek wisata (7)
- OLEH-OLEH DARI ROTE (4)
- olimpiade kebumian (1)
- OSEANOGRAFI (53)
- OTAK (7)
- palaentologi (2)
- PANTAI PRIGI (1)
- pemanasan global (14)
- pembelajaran (36)
- pembelajaran alam (4)
- penduduk (26)
- pengantar geografi (8)
- pengetahuan agama (2)
- pengetahuan komputer (10)
- PENGETAHUAN UMUM (10)
- penjelajahan (7)
- perdagangan internasional (1)
- PERGERAKAN NASIONAL (11)
- PERISTIWA GEOGRAFI (2)
- PERKEMBANGAN ANAK (35)
- PETA INTERAKTIF (2)
- PROPOSAL (1)
- PTK (4)
- PULAU (1)
- RELIEF DASAR LAUT (1)
- RESEP MASAKAN (7)
- RPP DAN SILABUS KARAKTER BANGSA (4)
- RUMAH (26)
- sedimentasi (1)
- sejarah (25)
- SEJARAH INDONESIA (11)
- selingan (16)
- seni dapur (3)
- SILABUS GEOGRAFI (4)
- SINEMATOGRAFI (12)
- situs peninggalan sejarah (21)
- SOAL GEOGRAFI (2)
- sosiologi (12)
- STATISTIK (17)
- SUAKA ALAM DAN SUAKA MARGASATWA (45)
- suku bangsa (4)
- TAMAN (9)
- TAMAN NASIONAL (45)
- tanaman langka (11)
- TANAMAN OBAT TRADISIONAL (1)
- teknologi (10)
- TELAAH KURIKULUM (3)
- tenaga eksogen (11)
- tenaga endogen (6)
- TENGGER (2)
- tentang otak (11)
- THE GEOGRAPHY DEPARTEMENT (10)
- tips dan trik (74)
- TSUNAMI (1)
- tubuh kita (92)
- UKG (2)
- UNDANG-UNDANG TENTANG PENDIDIKAN (2)
Blog Archive
-
▼
2011
(392)
-
▼
Maret
(28)
- profesi guru sekedar perbandingan
- Perbandingan Guru yang Profesional dengan Guru yan...
- BEST PROCESS – INDIKATOR SEKOLAH UNGGUL
- KECERDASAN ANAK TIDAK TERKAIT DENGAN HASIL TES STA...
- TERNYATA BANYAK KELAS GEMUK (40 SISWA) DI SINGAPURA
- MANUSIA PEMBELAJAR
- MEMBACA MAKANAN SEHARI-HARI
- STRATEGI MENGUASAI KELAS
- RASI BINTANG
- DAMPAK HANCURNYA REAKTOR NUKLIR DI JEPANG
- DAMPAK HUJAN ASAM
- HUJAN ASAM
- Gempa kuat dan tsunami hantam Jepang
- Dampak Perubahan Daya Kutub Magnet Bumi.
- Kutub magnet bumi berganti, kiamatkah?
- KUTUB MAGNET BUMI
- Badai Matahari 2010
- Astronomi (part 1)
- Astronomi (Part 2) adakah kehidupan lain
- Makna Lagu Jawa Yang Berjudul Lir-Lir
- Installasi Stelarium Pada Ubuntu
- BLACKHOLE DALAM AL-QUR'AN
- AURORA BOREALIS
- AURORA BOREALIS
- Silabus Metode Penelitian Pendidikan Geografi
- Silabus Perencanaan Pembelajaran Geografi
- Silabus Evaluasi Pembelajaran Geografi
- Silabus Kosmografi
-
▼
Maret
(28)
Entri Populer
-
Nama : SHILVIA AYU RHOMANTIKA Kelas : Regular 2008 Pokjar : Jenu A. hakikat dan sejarah IPS Seper...
-
Manusia adalah makhluk dwi-dimensi. Ia diciptakan Tuhan dari debu tanah dan ruh Ilahi. Debu tanah membentuk jasmaninya dan ruh Ilahi yan...
-
Perubahan iklim atau yang lebih popular dengan istilah climate change mungkin bagi sebagian orang merupakan hal krusial yang sedang menjadi ...
-
Paralaks adalah perbedaan latar belakang yang tampak ketika sebuah benda yang diam dilihat dari dua tempat yang berbeda. Kita bisa mengamati...
-
When we were at Heathrow Airport in London, we bought a British travel guide to Tunisia with maps and a list of Tunisia’s “Top Ten Sights”. ...
-
Sebelum muncul Konsep/Teori Tektonik Lempeng dikenal Konsep Geosinklin, yang menyatakan bahwa; Pembentukan Pegunungan, Pedataran, Ceku...
-
Visualisasi Informasi Visualisasi adalah (McCormick et al., 1987): – Metode penggunaan komputer untuk men...
-
Artikel ILUSTRASI MENGHITUNG KELULUSAN UJIAN NASIONAL SMP TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ...
0 komentar:
Posting Komentar