skip to main |
skip to sidebar
SILABUS
1. Identitas mata kuliah
Mata Kuliah : Metode Penelitian Pendidikan Geografi
Jumlah sks : 3 sks
Semester : 6
Jurusan/Program : Pendidikan Geografi/S1
Status mata kuliah : Mata kuliah lanjut
Prasyarat : Telah lulus MKKP, Belajar dan Pembelajaran
Geografi, Media Pembelajaran Geografi,
dan Perencanaan Pembelajaran geografi
2. Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prinsip-prinsip, konsep-konsep, teori-teori, dan metode penelitian pendidikan yang meliputi pengertian, pemahaman, dan kompetensi menyusun proposal penelitian pendidikan dan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) sehingga memiliki kemampuan dalam memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran geografi agar tercapai tujuan pendidikan dan tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien untuk mempersiapkan diri memasuki profesi guru secara profesional.
3. Deskripsi
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjut bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi S1 yang memfasilitasi mahasiswa dalam memahami tentang pentingnya dilakukan penelitian pendidikan. Mahasiswa sebagai calon guru geografi harus memiliki kemampuan dalam mencermati permasalahan pendidikan geografi, termasuk di dalamnya permasalahan pembelajaran geografi. Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang pengertian, pemahaman, dan kompetensi menyusun proposal penelitian pendidikan dan proposal penelitian tindakan kelas (PTK). Para mahasiswa dibimbing dan dikembangkan kemampuannya dalam memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran geografi agar tercapai tujuan pendidikan dan tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Kemampuan tersebut sangat penting dimiliki oleh mahasiswa dalam mempersiapkan diri memasuki profesi guru sesara profesional.
4. Pendekatan pembelajaran
Perkuliahan ini menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri.
a. Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah
b. Tugas : laporan buku & makalah, pengumpulan data lapangan, penyajian
proposal penelitian.
c. Media : LCD, OHP.
5. Evaluasi
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
No. Aspek yang Dinilai Bobot
a. Kehadiran 10
b. Partisipasi kegiatan kelas 10
c. Laporan hasil observasi 15
d. Pembuatan proposal 15
e. Penyajian proposal 15
f. Ujian tengah Semester 15
g. Ujian Akhir Semester 20
6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 : Membahas silabus perkuliahan, tujuan, ruang lingkup materi perkuliahan, prosedur perkuliahan, dan sumber referensi.
Pertemuan 2-3 : Hakikat penelitian kaitannya dengan pendidikan dan pengajaran geografi. Perkembangan metodologi penelitian, pendidikan sebagai ilmu dan praksis, aplikasi penelitian dalam pendidikan dan pembelajaran geografi
Pertemuan 4 : Penelitian pendidikan dan penelitian tindakan kelas. Filosofis, Perbedaan dan persamaan, pendekatan, objek kajian.
Pertemuan 5 : Prosedur penelitian tindakan kelas. Masalah dan pemecahan, rencana pemecahan masalah.
Pertemuan 6 : Evaluasi dan refleksi. Menentukan data dan instrumen penelitian, indikator keberhasilan, dan analisis data.
Pertemuan 7 : Penyajian proposal penelitian tindakan kelas
Pertemuan 8 : Penulisan laporan Penelitan tindakan kelas. Sistematika pelaporan dan isi laporan.
Pertemuan 9 : Ujian Tengah Semester
Pertemuan 10 : Prosedur penelitian pendidikan. Jenis-jenis penelitian dalam pendidikan, masalah-masalah pendidikan, subjek dan objek penelitian pendidikan.
Pertemuan 11 : Kajian pustaka. Kegunaan kajian pustaka, menentukan pustaka, anggapan dasar, dan hipotesis penelitian.
Pertemuan 12 : Metode penelitian. Ragam metode penelitian pendidikan, menentukan ukuran populasi dan sampel penelitian.
Pertemuan 13 : Pengumpulan dan analisis data. Menentukan sumber data, instrumen penelitian, dan analisis data.
Pertemuan 14 : Penyajian proposal penelitian
Pertemuan 15 : Penulisan laporan penelitian. Sistematika laporan dan isi laporan.
Pertemuan 16 : Ujian Akhir Semester
7. Referensi
Asher, W. (1976). Educational Research and Evaluation Methods. Boston. Little Brown and Company.
Arikunto, S. (2000). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Bina Aksara.
..................(2000). Manajemen Penelitian. Jakarta. Bina Aksara.
Best,J.W. (1977). Research in Education. New Delhi. Prentice Hall of India Private Limited.
Borg, W.R., Gall, M.D. (1979). Educational Research. New York. Logman.
Burroughs, G.E.R. (1975). Design and analysis in Education Research. Oxford Alden.
Dalaen, V. (1962). Understanding educational Research. New York. McGraw-Hil Book Company.
Elvey, M. (1996). The Theory and Practice of Action research Changing Education. Journal for Teachers and Administration. V. 2 No. 6. page 6-9.
Hopkins, D. (1993). A. Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia. Open University Press.
Johnston, M. (1999). Penelitian Tindakan Kelas.
Kartono, K. (1980). Pengantar Metodologi research Sosial. Bandung. Alumni.
Kemmis and Taggart. (1990). The actioan Research Planner. Victoria. Deakin University Press.
................(1990). The Action research Reader. Vicyoria. Deakin University Press.
Koentjaraningrat. (1977). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta. Gramedia.
Merlin c. Wittrock (ed). (1986). handbook of research on teaching. New York. Praeger publishers.
Noffke and Stevenson B. Robert. (1995). Educational Action Research. New York. Teachers College. Collumbia University.
Singarimbun, M. (1989). Metode Penelitian Survai. Jakarta. LP3ES.
Suryanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Departemen Pendidikan Nasional.
Tilaar. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang. Tera Indonesia.
Sumber dan Dokumen
• Jurnal
• Internet
Membangun Generasi Emas Bangsa Indonesia 2025
Silabus Metode Penelitian Pendidikan Geografi
SILABUS
1. Identitas mata kuliah
Mata Kuliah : Metode Penelitian Pendidikan Geografi
Jumlah sks : 3 sks
Semester : 6
Jurusan/Program : Pendidikan Geografi/S1
Status mata kuliah : Mata kuliah lanjut
Prasyarat : Telah lulus MKKP, Belajar dan Pembelajaran
Geografi, Media Pembelajaran Geografi,
dan Perencanaan Pembelajaran geografi
2. Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prinsip-prinsip, konsep-konsep, teori-teori, dan metode penelitian pendidikan yang meliputi pengertian, pemahaman, dan kompetensi menyusun proposal penelitian pendidikan dan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) sehingga memiliki kemampuan dalam memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran geografi agar tercapai tujuan pendidikan dan tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien untuk mempersiapkan diri memasuki profesi guru secara profesional.
3. Deskripsi
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjut bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi S1 yang memfasilitasi mahasiswa dalam memahami tentang pentingnya dilakukan penelitian pendidikan. Mahasiswa sebagai calon guru geografi harus memiliki kemampuan dalam mencermati permasalahan pendidikan geografi, termasuk di dalamnya permasalahan pembelajaran geografi. Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang pengertian, pemahaman, dan kompetensi menyusun proposal penelitian pendidikan dan proposal penelitian tindakan kelas (PTK). Para mahasiswa dibimbing dan dikembangkan kemampuannya dalam memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran geografi agar tercapai tujuan pendidikan dan tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Kemampuan tersebut sangat penting dimiliki oleh mahasiswa dalam mempersiapkan diri memasuki profesi guru sesara profesional.
4. Pendekatan pembelajaran
Perkuliahan ini menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri.
a. Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah
b. Tugas : laporan buku & makalah, pengumpulan data lapangan, penyajian
proposal penelitian.
c. Media : LCD, OHP.
5. Evaluasi
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
No. Aspek yang Dinilai Bobot
a. Kehadiran 10
b. Partisipasi kegiatan kelas 10
c. Laporan hasil observasi 15
d. Pembuatan proposal 15
e. Penyajian proposal 15
f. Ujian tengah Semester 15
g. Ujian Akhir Semester 20
6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 : Membahas silabus perkuliahan, tujuan, ruang lingkup materi perkuliahan, prosedur perkuliahan, dan sumber referensi.
Pertemuan 2-3 : Hakikat penelitian kaitannya dengan pendidikan dan pengajaran geografi. Perkembangan metodologi penelitian, pendidikan sebagai ilmu dan praksis, aplikasi penelitian dalam pendidikan dan pembelajaran geografi
Pertemuan 4 : Penelitian pendidikan dan penelitian tindakan kelas. Filosofis, Perbedaan dan persamaan, pendekatan, objek kajian.
Pertemuan 5 : Prosedur penelitian tindakan kelas. Masalah dan pemecahan, rencana pemecahan masalah.
Pertemuan 6 : Evaluasi dan refleksi. Menentukan data dan instrumen penelitian, indikator keberhasilan, dan analisis data.
Pertemuan 7 : Penyajian proposal penelitian tindakan kelas
Pertemuan 8 : Penulisan laporan Penelitan tindakan kelas. Sistematika pelaporan dan isi laporan.
Pertemuan 9 : Ujian Tengah Semester
Pertemuan 10 : Prosedur penelitian pendidikan. Jenis-jenis penelitian dalam pendidikan, masalah-masalah pendidikan, subjek dan objek penelitian pendidikan.
Pertemuan 11 : Kajian pustaka. Kegunaan kajian pustaka, menentukan pustaka, anggapan dasar, dan hipotesis penelitian.
Pertemuan 12 : Metode penelitian. Ragam metode penelitian pendidikan, menentukan ukuran populasi dan sampel penelitian.
Pertemuan 13 : Pengumpulan dan analisis data. Menentukan sumber data, instrumen penelitian, dan analisis data.
Pertemuan 14 : Penyajian proposal penelitian
Pertemuan 15 : Penulisan laporan penelitian. Sistematika laporan dan isi laporan.
Pertemuan 16 : Ujian Akhir Semester
7. Referensi
Asher, W. (1976). Educational Research and Evaluation Methods. Boston. Little Brown and Company.
Arikunto, S. (2000). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Bina Aksara.
..................(2000). Manajemen Penelitian. Jakarta. Bina Aksara.
Best,J.W. (1977). Research in Education. New Delhi. Prentice Hall of India Private Limited.
Borg, W.R., Gall, M.D. (1979). Educational Research. New York. Logman.
Burroughs, G.E.R. (1975). Design and analysis in Education Research. Oxford Alden.
Dalaen, V. (1962). Understanding educational Research. New York. McGraw-Hil Book Company.
Elvey, M. (1996). The Theory and Practice of Action research Changing Education. Journal for Teachers and Administration. V. 2 No. 6. page 6-9.
Hopkins, D. (1993). A. Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia. Open University Press.
Johnston, M. (1999). Penelitian Tindakan Kelas.
Kartono, K. (1980). Pengantar Metodologi research Sosial. Bandung. Alumni.
Kemmis and Taggart. (1990). The actioan Research Planner. Victoria. Deakin University Press.
................(1990). The Action research Reader. Vicyoria. Deakin University Press.
Koentjaraningrat. (1977). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta. Gramedia.
Merlin c. Wittrock (ed). (1986). handbook of research on teaching. New York. Praeger publishers.
Noffke and Stevenson B. Robert. (1995). Educational Action Research. New York. Teachers College. Collumbia University.
Singarimbun, M. (1989). Metode Penelitian Survai. Jakarta. LP3ES.
Suryanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Departemen Pendidikan Nasional.
Tilaar. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang. Tera Indonesia.
Sumber dan Dokumen
• Jurnal
• Internet
GURU DAN PBM
Tips Bagi Ayah dan Ibu Yang Bekerja
Membesarkan anak dengan baik memang tidak mudah bagi pasangan suami-istri yang bekerja. Dengan panduan berikut mudah-mudahan Anda dapat me...
Mengenai Saya
- KURNIA TRIYULI
- It is not how much we have, but how much we enjoy, that makes happiness
Translate
Total Tayangan Halaman
Labels
- alam (69)
- aleut (1)
- ANTROPOSFER (1)
- bahan ajar (11)
- BATIK MALANGAN (1)
- BATUAN DAN MINERAL (10)
- bentuk muka bumi (7)
- BENUA (14)
- bimbingan belajar (48)
- BIOMA (11)
- BUAH (12)
- BUDAYA INDONESIA (5)
- buku psikologi (15)
- BUNAKEN (3)
- citra penginderaan jauh (53)
- DEFINISI GEOGRAFI (3)
- demografi (35)
- EVALUASI PEMBELAJARAN (10)
- FENOMENA (30)
- flora dan fauna (28)
- GEOGRAFI EKONOMI (2)
- geografi hewan (15)
- GEOGRAFI LINGKUNGAN (25)
- GEOGRAFI PERTANIAN (23)
- geografi tumbuhan (23)
- geologi (70)
- geomorfologi (36)
- GLOBALISASI (1)
- GURU DAN PBM (34)
- HARI BUMI (2)
- HIDROLOGI (7)
- hipnotis (18)
- HUJAN ASAM (3)
- ilmu tanah (6)
- imahagi (4)
- informasi (57)
- INTERPRETASI CITRA (54)
- IPS SD (28)
- JUDUL PENELITIAN (1)
- KAMUS GEOGRAFI (1)
- kartografi (12)
- keajaiban dunia (3)
- kebudayaan (2)
- KECERDASAN (25)
- KELAS IX SEM 1: EKONOMI (10)
- KELAS IX SEM 1: GEOGRAFI (6)
- KELAS IX SEM 1: SEJARAH (4)
- KELAS IX SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS IX SEM 2: EKONOMI (4)
- KELAS IX SEM 2: GEOGRAFI (70)
- KELAS IX SEM 2: SEJARAH (11)
- KELAS IX SEM 2: SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEM 1 : SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEMESTER 1 (7)
- KELAS VIII SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS VIII SEMESTER 2 EKONOMI (8)
- KELAS VIII SEMESTER 2 GEOGRAFI (4)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SEJARAH (2)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SOSIOLOGI (4)
- KEMAMPUAN LAHAN (2)
- KERJASAMA INTERNASIONAL (7)
- KESESUAIAN LAHAN (10)
- KLIMATOLOGI (25)
- KONSEP DASAR GEOGRAFI (1)
- KONSEP DASAR IPS (1)
- kosmografi (123)
- KRISTAL (28)
- KUE (1)
- KUIS PSIKOLOGI (8)
- KUTUB (5)
- LAUT JEPANG (7)
- lingkungan hutan tropis (5)
- lokasi wisata alam (8)
- LPJ (1)
- MASALAH SOSIAL (2)
- MATERI FLASH (12)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VII (52)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VIII SEMESTER 2 (41)
- materi kelas viii (34)
- materi kelas x (15)
- materi kelas xii (10)
- MEDIA PEMBELAJARAN (5)
- menu (5)
- metklim (34)
- MIGRASI HEWAN (3)
- NATIONAL GEOGRAPHIC (2)
- NEGARA (20)
- negara berkembang (29)
- negara maju (17)
- obyek wisata (7)
- OLEH-OLEH DARI ROTE (4)
- olimpiade kebumian (1)
- OSEANOGRAFI (53)
- OTAK (7)
- palaentologi (2)
- PANTAI PRIGI (1)
- pemanasan global (14)
- pembelajaran (36)
- pembelajaran alam (4)
- penduduk (26)
- pengantar geografi (8)
- pengetahuan agama (2)
- pengetahuan komputer (10)
- PENGETAHUAN UMUM (10)
- penjelajahan (7)
- perdagangan internasional (1)
- PERGERAKAN NASIONAL (11)
- PERISTIWA GEOGRAFI (2)
- PERKEMBANGAN ANAK (35)
- PETA INTERAKTIF (2)
- PROPOSAL (1)
- PTK (4)
- PULAU (1)
- RELIEF DASAR LAUT (1)
- RESEP MASAKAN (7)
- RPP DAN SILABUS KARAKTER BANGSA (4)
- RUMAH (26)
- sedimentasi (1)
- sejarah (25)
- SEJARAH INDONESIA (11)
- selingan (16)
- seni dapur (3)
- SILABUS GEOGRAFI (4)
- SINEMATOGRAFI (12)
- situs peninggalan sejarah (21)
- SOAL GEOGRAFI (2)
- sosiologi (12)
- STATISTIK (17)
- SUAKA ALAM DAN SUAKA MARGASATWA (45)
- suku bangsa (4)
- TAMAN (9)
- TAMAN NASIONAL (45)
- tanaman langka (11)
- TANAMAN OBAT TRADISIONAL (1)
- teknologi (10)
- TELAAH KURIKULUM (3)
- tenaga eksogen (11)
- tenaga endogen (6)
- TENGGER (2)
- tentang otak (11)
- THE GEOGRAPHY DEPARTEMENT (10)
- tips dan trik (74)
- TSUNAMI (1)
- tubuh kita (92)
- UKG (2)
- UNDANG-UNDANG TENTANG PENDIDIKAN (2)
Blog Archive
-
▼
2011
(392)
-
▼
Maret
(28)
- profesi guru sekedar perbandingan
- Perbandingan Guru yang Profesional dengan Guru yan...
- BEST PROCESS – INDIKATOR SEKOLAH UNGGUL
- KECERDASAN ANAK TIDAK TERKAIT DENGAN HASIL TES STA...
- TERNYATA BANYAK KELAS GEMUK (40 SISWA) DI SINGAPURA
- MANUSIA PEMBELAJAR
- MEMBACA MAKANAN SEHARI-HARI
- STRATEGI MENGUASAI KELAS
- RASI BINTANG
- DAMPAK HANCURNYA REAKTOR NUKLIR DI JEPANG
- DAMPAK HUJAN ASAM
- HUJAN ASAM
- Gempa kuat dan tsunami hantam Jepang
- Dampak Perubahan Daya Kutub Magnet Bumi.
- Kutub magnet bumi berganti, kiamatkah?
- KUTUB MAGNET BUMI
- Badai Matahari 2010
- Astronomi (part 1)
- Astronomi (Part 2) adakah kehidupan lain
- Makna Lagu Jawa Yang Berjudul Lir-Lir
- Installasi Stelarium Pada Ubuntu
- BLACKHOLE DALAM AL-QUR'AN
- AURORA BOREALIS
- AURORA BOREALIS
- Silabus Metode Penelitian Pendidikan Geografi
- Silabus Perencanaan Pembelajaran Geografi
- Silabus Evaluasi Pembelajaran Geografi
- Silabus Kosmografi
-
▼
Maret
(28)
Entri Populer
-
Evaluasi berarti pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan m...
-
[Asteroid] Asteroid, seringkali disebut planet minor atau planetoids, asteroid termasuk anggota dalam tata surya. Asteroid cenderung...
-
Pembelajaran menurut Resnik yang dikutip oleh Martorella 1991, dijelaskan sebagai berikut : Pembelajaran tidak dapat diartikan secara sederh...
-
Visualisasi Informasi Visualisasi adalah (McCormick et al., 1987): – Metode penggunaan komputer untuk men...
-
Untuk melengkapi taman agar lebih indah dan asri dapat dipilih kombinasi dengan kolam air buatan, kolam dengan air terjun, atau kolam air...
-
Kepulauan Aleut dari udara.w Kepulauan Aleut (kemungkinan dari Chukchi aliat , " pulau ") adalah rantaian dari lebih dar...
-
Daftar isi 1 PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DALAM MASYARAKAT 1.1 A. Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya dan Penyebabnya 1.1.1 1. Peruba...
-
Menurut pengertian bahasa kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran (John M. Echols da...
-
KELAS 7B PUTRA ( Ada yang ikut menyaksikan perlombaan ini rupanya. Per...
-
Bagi negara maritim seperti Indonesia, kebutuhan akan informasi mengenai dinamika laut , sangat diperlukan dalam menunjang studi ilmiah ma...
0 komentar:
Posting Komentar