skip to main |
skip to sidebar
Membangun Generasi Emas Bangsa Indonesia 2025
PTK BAB III: METODE PENELITIAN
3.1 Rancangan Penelitian
Berdasarkan tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan MBS, keterampilan guru dengan prestasi belajar siswa, maka dalam penelitian ini digunakan rancangan penelitian korelasional.
Penelitian korelasi berkaitan dengan pengumpulan data untuk menentukan ada atau tidaknya hubungan antara dua variable atau lebih dan seberapakah tingkat hubungannya (tingkat hubungan dinyatakan sebagai koefisien korelasi) (Sumanto, 1995:97)
Dalam penelitian ini digunakan desain penelitian korelasional. Penelitian korelasi berkaitan dengan pengumpulan data untuk menentukan ada atau tidaknya hubungan antara dua variable atau lebih dan beberapa tingkat (1995:97)
Dalam penelitian ini akan diteliti hubungan antara tiga variable, yaitu Pengetahuan Guru tentang MBS dan Keterampilan Guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V untuk mata pelajaran IPS di SDN Gunung Menanti Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang.
3.2. Populasi dan Sampel
3.2.1. Populasi Penelitian
Penentuan subyek penelitian merupakan langkah pertama yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan penelitian dan penentuan subyek hubungannya dengan pemilihan metode yang akan dipergunakan.
Yang dimaksud dalam metode penentuan subyek yang akan diteliti sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian, serta agar dapat diperoleh data-data yang meyakinkan, perlu ditentukan lokasi penelitian terlebih dahulu, mengingat pengumpulan data dalam penelitian dilaksanakan di SDN Gunung Menanti Kecamatan Tumijajar, maka untuk menghemat waktu, biaya dan tenaga, populasinya ditentukan di SDN Gunung Menanti Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang tersebut.
Menurut Hadi (1975:169) menjelaskan tentang populasi sebagai seluruh individu yang dimaksudkan untuk diseldiki disebut populasi atau “universum”.Adapun menurut Wardoyo (1982:14) “sebagian individu yang diteliti disebut sample sedangkan semua individu untuk siapa kenyataan-kenyataan yang diperoleh dari sample itu hendak digeneralisasikan disebut populasi”.
Dalam suatu pembahasan ilmiah bermaksud menemukan generalisasi yang berlaku umum. Karena tidak mungkin penelitian secara langsung seluruh populasi, maka seringkali seorang peneliti terpaksa menggunakan sebagian saja dari populasi, yang disebut sample.
Syarat utama agar dapat ditarik suatu generalisasi ialah sample yang kita gunakan dalam penelitian harus mewakili dari populasi . Dalam penelitian ini populasi sebagai daerah generalisasi adalah semua guru dan siswa pada SDN Gunung Menanti Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang.
No SD Jumlah Siswa Keterangan
1 SDN 1 Dayamurni 80 Populasi
2 SDN 2 Dayamurni 38 Populasi
3 SDN 3 Dayamurni 17 Populasi
4 SDN 4 Dayamurni 26 Populasi
5 SDN 5 Dayamurni 13 Populasi
6 SDN 1 Daya Asri 35 Populasi
7 SDN 2 Daya Asri 35 Populasi
8 SDN 1 Murni Jaya 40 Populasi
9 SDN 2 Murni Jaya 26 Populasi
10 SDN 3 Murni Jaya 15 Populasi
11 SDN 1 Margo mulyo 40 Populasi
12 SDN 2 Margo mulyo 45 Populasi
13 SDN 1 Margo dadi 45 Populasi
14 SDN 2 Margo dadi 19 Populasi
15 SDN 3 Margo dadi 21 Populasi
16 SDN 1 Sumber rejo 40 Populasi
17 SDN 2 Sumber rejo 23 Populasi
18 SDN 1 Makarti 39 Populasi
19 SDN 2 Makarti 34 Populasi
20 SDN 3 Makarti 20 Populasi
21 SDN 1 Daya sakti 40 Populasi
22 SDN 2 Daya sakti 36 Populasi
23 SDN 3 Daya sakti 18 Populasi
24 SDN 4 Daya sakti 18 Populasi
Jumlah 745
3.3. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket untuk mengetahui strategi pembelajaran. Sedangkan data tentang aktivitas mengajar dan prestasi belajar mata pelajaran IPS dilakukan dengan post test.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu:
3.3.1. Untuk memperoleh data tentang strategi pembelajaran, peneliti menggunakan instrumen berupa angket, sedangkan data tentang aktivitas mengajar dan prestasi belajar diperoleh dari post test. Untuk mengetahui tingkat validitas dan realibilitas angket / soal terlebih dahulu dilakukan uji coba terhadap 50 responden di luar sample. Analisis uji coba ini dilaksanakan dengan bantuan komputer program SPSS (Santoso, 2000:268)
3.3.2. Angket dibedakan kepada setiap guru yang menjadi semple peneliti. Setiap guru diharapkan menjawab dengan jujur sesuai yang dilakukan siswa .Tipe kreativitas mengajar siswa dapat diketahui dari skor angka terbesar hasil pengisian angket.
3.4. Instrumen Penelitian
Yang dimaksud dengan instrumen di sini adalah pengukuran terhadap variabel-variabel yang diteliti. Uji coba instrumen dilaksanakan terhadap 30 siswa dengan analisis hasil uji coba yagn diteliti uji validitas dan realibitas dengan bantuan komputer program SPSS versi 10 ( Santoso, 2001: 2744 – 277).
1. Uji validitas instrumen
Adapun uji yang dilakukan adalah melalui tahap – tahap sebagai berikut :
a. Menentukan hipotesis untuk hasil uji coba
o Ho = skor butir indikator berkorelasi positif dengan skor faktor (total)
o H1 = skor butir indikator tidak berkorelasi positiif dengan skor faktor
total
b. Menentukan r tabel
Melihat tabel r dengan tingkat signifikan 5%,df=30-2= 28 didapat angka sebesar 0.310 (daftar tabel r)
c. Menentukan r hitung
Untuk melihat r hitung masing-masing item dapat dilihat pada hasil analisa komputer pada lampiran 2 pada kolom corrected item-total correlation, seperti tabel berikut
d. Pengambilan keputusan
1. Jika r hitung dan > r tabel , maka butir tersebut tidak valid.
2. Jika r hitung negative dan atau < r tabel, maka butir tersebut tidak valid.
Berdasarkan tabel tersebut di atas, karena r hitung butir 0.1 sampai dengan butir 10 lebih besar dari r tabel 0.310 maka butir-butir instrumen tersebut dinyatakan valid.
2. Uji realiabilitas instrumen
a. Menentukan hipotesis untuk hasil uji coba :
• H0= skor butir indikator berkorelasi komposit faktornya
• H1=skor butir indikator tidak berkorelasi positif dengan komposit faktornya
b. Menentukan r tabel
Melihat tabel r dengan tingkat signifikan 5%, df = 30-2 = 28 didapat angka sebesar 0.310
c. Menentukan r hitung
Untuk melihat r hitung adalah dengan alpha yang terdapat pada lembar akhir analisa komputer pada lampiran-lampiran pada kolom corrected item-total correlation, seperti pada tabel berikut :
d. Pengambilan Keputusan
1) Jika r hitung positif dan > r tabel, maka butir tersebut valid.
2) Jika r hitung negative dan atau < r tabel, maka butir tersebut tidak valid.
Berdasarkan tabel tersebut di atas karena r hitung butir 01 sampai dengan butir 10 lebih besar dari r tabel 0.310, maka butir-butir instrumen tersebut dinyatakan valid.
2. Uji reliabilitas instrumen
a. Menentukan hipotesis untuk hasil uji coba:
• H0 = Skor butir indikator berkorelasi positif dengan komposit
faktornya.
• H1 = Skor butir indikator tidak berkorelasi positif dengan komposit faktornya.
b. Menentukan r tabel
Melihat tabel r dengan tingkat signifikan 5 %. Df=30-2=28 didapat angka sebesar 0.310
c. Menentukan r hitung
Untuk melihat r hitung adalah dengan alpha yang terdapat pada lembar akhir analisis komputer yaitu 0.8953 (lihat lampiran 2 bagian output 2)
d Pengambilan keputusan
1).Jika r alpha atau hitung positif dan atau > r tabel, maka butir tersebut
reliable.
2).Jika r alpha atau hitung negative dan atau < r tabel, maka butir tersebut
tidak reliable.
Karena r alpha atau hitung (0.8953) positif dan lebih besar dari r tabel 0.310, maka butir-butir instrumen tersebut dinyatakan reliable.
3.5. Teknis Analisis Data
Analisis dalam penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu:
3.5.1. Pengelompokan data kedalam kategori strategi pembelajaran.
3.5.2. Analisis varian satu jalur digunakan untuk menganalisis data utama, yaitu untuk menguji signifikasi pengaruh penggunaan strategi pembelajaran (klasikal / kelompok) dan aktifitas mangajar terhadap prestasi belajar.
Dalam pelaksanaan semua analisis data tersebut dilaksanakan dengan ANOVA satu jalur dengan bantuan komputer program SPSS versi 10 (Santoso, 2000 : 261).
GURU DAN PBM
Tips Bagi Ayah dan Ibu Yang Bekerja
Membesarkan anak dengan baik memang tidak mudah bagi pasangan suami-istri yang bekerja. Dengan panduan berikut mudah-mudahan Anda dapat me...
Mengenai Saya
- KURNIA TRIYULI
- It is not how much we have, but how much we enjoy, that makes happiness
Translate
Total Tayangan Halaman
Labels
- alam (69)
- aleut (1)
- ANTROPOSFER (1)
- bahan ajar (11)
- BATIK MALANGAN (1)
- BATUAN DAN MINERAL (10)
- bentuk muka bumi (7)
- BENUA (14)
- bimbingan belajar (48)
- BIOMA (11)
- BUAH (12)
- BUDAYA INDONESIA (5)
- buku psikologi (15)
- BUNAKEN (3)
- citra penginderaan jauh (53)
- DEFINISI GEOGRAFI (3)
- demografi (35)
- EVALUASI PEMBELAJARAN (10)
- FENOMENA (30)
- flora dan fauna (28)
- GEOGRAFI EKONOMI (2)
- geografi hewan (15)
- GEOGRAFI LINGKUNGAN (25)
- GEOGRAFI PERTANIAN (23)
- geografi tumbuhan (23)
- geologi (70)
- geomorfologi (36)
- GLOBALISASI (1)
- GURU DAN PBM (34)
- HARI BUMI (2)
- HIDROLOGI (7)
- hipnotis (18)
- HUJAN ASAM (3)
- ilmu tanah (6)
- imahagi (4)
- informasi (57)
- INTERPRETASI CITRA (54)
- IPS SD (28)
- JUDUL PENELITIAN (1)
- KAMUS GEOGRAFI (1)
- kartografi (12)
- keajaiban dunia (3)
- kebudayaan (2)
- KECERDASAN (25)
- KELAS IX SEM 1: EKONOMI (10)
- KELAS IX SEM 1: GEOGRAFI (6)
- KELAS IX SEM 1: SEJARAH (4)
- KELAS IX SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS IX SEM 2: EKONOMI (4)
- KELAS IX SEM 2: GEOGRAFI (70)
- KELAS IX SEM 2: SEJARAH (11)
- KELAS IX SEM 2: SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEM 1 : SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEMESTER 1 (7)
- KELAS VIII SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS VIII SEMESTER 2 EKONOMI (8)
- KELAS VIII SEMESTER 2 GEOGRAFI (4)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SEJARAH (2)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SOSIOLOGI (4)
- KEMAMPUAN LAHAN (2)
- KERJASAMA INTERNASIONAL (7)
- KESESUAIAN LAHAN (10)
- KLIMATOLOGI (25)
- KONSEP DASAR GEOGRAFI (1)
- KONSEP DASAR IPS (1)
- kosmografi (123)
- KRISTAL (28)
- KUE (1)
- KUIS PSIKOLOGI (8)
- KUTUB (5)
- LAUT JEPANG (7)
- lingkungan hutan tropis (5)
- lokasi wisata alam (8)
- LPJ (1)
- MASALAH SOSIAL (2)
- MATERI FLASH (12)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VII (52)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VIII SEMESTER 2 (41)
- materi kelas viii (34)
- materi kelas x (15)
- materi kelas xii (10)
- MEDIA PEMBELAJARAN (5)
- menu (5)
- metklim (34)
- MIGRASI HEWAN (3)
- NATIONAL GEOGRAPHIC (2)
- NEGARA (20)
- negara berkembang (29)
- negara maju (17)
- obyek wisata (7)
- OLEH-OLEH DARI ROTE (4)
- olimpiade kebumian (1)
- OSEANOGRAFI (53)
- OTAK (7)
- palaentologi (2)
- PANTAI PRIGI (1)
- pemanasan global (14)
- pembelajaran (36)
- pembelajaran alam (4)
- penduduk (26)
- pengantar geografi (8)
- pengetahuan agama (2)
- pengetahuan komputer (10)
- PENGETAHUAN UMUM (10)
- penjelajahan (7)
- perdagangan internasional (1)
- PERGERAKAN NASIONAL (11)
- PERISTIWA GEOGRAFI (2)
- PERKEMBANGAN ANAK (35)
- PETA INTERAKTIF (2)
- PROPOSAL (1)
- PTK (4)
- PULAU (1)
- RELIEF DASAR LAUT (1)
- RESEP MASAKAN (7)
- RPP DAN SILABUS KARAKTER BANGSA (4)
- RUMAH (26)
- sedimentasi (1)
- sejarah (25)
- SEJARAH INDONESIA (11)
- selingan (16)
- seni dapur (3)
- SILABUS GEOGRAFI (4)
- SINEMATOGRAFI (12)
- situs peninggalan sejarah (21)
- SOAL GEOGRAFI (2)
- sosiologi (12)
- STATISTIK (17)
- SUAKA ALAM DAN SUAKA MARGASATWA (45)
- suku bangsa (4)
- TAMAN (9)
- TAMAN NASIONAL (45)
- tanaman langka (11)
- TANAMAN OBAT TRADISIONAL (1)
- teknologi (10)
- TELAAH KURIKULUM (3)
- tenaga eksogen (11)
- tenaga endogen (6)
- TENGGER (2)
- tentang otak (11)
- THE GEOGRAPHY DEPARTEMENT (10)
- tips dan trik (74)
- TSUNAMI (1)
- tubuh kita (92)
- UKG (2)
- UNDANG-UNDANG TENTANG PENDIDIKAN (2)
Blog Archive
-
▼
2010
(1263)
-
▼
Juni
(275)
- ASTEROID
- Teleskop Antariksa, Hubble
- Misteri-misteri Antariksa
- Menjelajahi Misteri alam semesta
- 'Atlantis yang Hilang' ada di Indonesia
- Hujan Meteor Lyrids
- Noah's Ark
- Muncul, Embrio Bintang yang Melebihi Matahari
- Pesawat Luar Angkasa Voyager 2 Dibajak Alien?
- Batuan-batuan di bumi (Jenis dan terbentuknya)
- Fosil sejarah mahluk hidup
- MENDAPATKAN TUBUH IDEAL
- RAHASIA TERUNGKAP DARI TANGGAL LAHIR
- Jejak-jejak asap yang terlihat di langit ?
- Legenda Atlantis yang Sesungguhnya-Timaeus dan Cri...
- Kematian Manusia, Prosesnya dan Keterangannya
- 40 FAKTA YANG ANEH DAN UNIK
- KODE TOMBOL WINDOWS XP
- MAKANAN PEMACU INGATAN
- Postur tubuh ideal
- OTAK TENGAH
- BRAIN AREA
- Raflesia Arnoldi
- Kantong Semar
- Daun Sang
- Anggrek Tien Soeharto
- Dracun Culus Vulgaris
- anggrek
- bunga bangkai
- IDENTITAS FLORA DAN FAUNA SUMATERA UTARA
- POSISI OTAK TENGAH
- LETAK OTAK TENGAH
- ANAK SEDANG MELATIH KEPEKAAN OTAK TENGAH
- BAGIAN-BAGIAN OTAK
- Sekilas Aktivasi Otak Tengah
- 70 Kata Bijak Orang Terkenal
- 7 Planet Yang Belum Anda Ketahui
- 10 Alasan untuk mulai berlari (jogging)
- Mengenal Cara Pemanfaatan Energi Dari Lautan
- Murid SMP Temukan Goa Misterius di Mars
- 10 Galaksi Dari Luar Angkasa
- Black Hole seperti Segitiga Bermuda
- Asal Nama Hari
- Tokoh Dunia yang Aneh
- Dunia Hacker
- Bola Golf Berlubang Lubang
- Julia Pastrana
- Tenggelamnya Kapal Tampomas 2
- Suku Korowai dan Kombai
- Kutu yang Hidup di Kelamin Manusia
- LAUT ARAL MENGERING
- SUPERSONIK
- SUKU MAYA
- Budaya Suku Batak
- Rumah Orang Eskimo
- Pemandangan alam Dieng
- DATARAN TINGGI DIENG
- BUDIDAYA STROWBERY DI PURBALINGGA
- PENAMPANG LEMBAH
- penebangan
- "Carbon Trading" MEMBISNISKAN HUTAN TANPA MERUSAKNYA
- HARMONI ALAM DAYAK MERATUS
- Erosi
- Pelapukan fisik mekanik
- Air terjun akibat proses patahan
- PATAHAN
- Reduce, Reuse, Recycle + Repair
- Hati-Hati dengan Bahaya Plastik! Pelajari Sebelum ...
- Dampak Pemanasan Global Mengerikan
- Dampak Pencemaran Pantai Dan Laut Terhadap Kesehat...
- WWF · Paper Dispenser
- Enam Derajat Untuk Menghancurkan Peradaban Manusia
- Makan Daging = Global Warming, Bagaimana Bisa?
- MEWASPADAI BAHAYA LIMBAH DOMESTIK DI KALI MAS
- Solusi Polusi Udara Kota
- Yakushima, Situs Alam Warisan Dunia
- Alam Sebagai Media Belajar dan Pembentukan Karakter
- Wisata Fosil di Sajira
- Komet
- EFEK RUMAH KACA
- MANTEL BUMI
- LAPISAN OZON
- BADAI MATAHARI
- Lapisan Matahari
- LAPISAN BUMI
- Bentuk Bulat Planet Bumi
- Langit Sebagai Atap Yang Terpelihara
- Fungsi Langit Yang Mengembalikan
- Mengembangnya Alam Semesta
- Penciptaan Alam Semesta
- Peristiwa Big Bang Dalam Al-Quran
- Garis Edar Planet Dalam Al-Quran
- PERATURAN SOSIAL
- SEJARAH BANTEN
- KOMPONEN EKOSISTEM
- REVOLUSI MATAHARI
- EKOLOGI LAUT TROPIS
- EKOSISTEM LAUT
-
▼
Juni
(275)
Entri Populer
-
Menurut pemikiran kalian adakah manfaat dengan adanya interaksi desa – kota? Dengan adanya interaksi desa – kota dapat memberikan beberapa m...
-
Kaldera merupakan penciri gunungapi yang sudah dalam tahap lanjut, dimana puncak gunungapi ini sudah tidak sesederhana sebuah kerucut. Gunu...
-
Semua subjek Artikel Event Materi Pendukung BSE Materi Pokok MGMP Online Modul Online News Pengetahua...
-
Struktur Sosial Budaya 1. Struktur sosial: pola perilaku dari setiap individu masyarakat yang tersusun sebagai suatu sistem 2. Masyara...
-
Artikel dari xfile-enigma.blogspot.com Benarkah ini adalah gambar penampakan sungai di bawah laut ? (Cenote Angelita) Tahukah sobat narab...
-
Resep Lodho Ayam Trenggalek Bahan: 1 ekor ayam kampung muda, dibelah perut & dadanya, dibersihkan, lalu dipanggang utuh dengan bar...
-
Alhamdulillah … saya dapat kesempatan mengunjungi 6 sekolah di Singapura, 4 sekolah negeri dan 2 sekolah Islam swasta. Ada hal yang luar bi...
-
Einstein Menjadi kreatif di zaman modern saat ini sudah menjadi sebuah kewajiban. Suatu negara tentu akan menghadapi banyak masalah jika...
-
Indikator angka kelahiran tahunan mencerminkan tingkat kelahiran pada suatu waktu atau tahun tertentu. Secara umum, ...
0 komentar:
Posting Komentar