skip to main |
skip to sidebar
Membangun Generasi Emas Bangsa Indonesia 2025
III. PROSEDUR EVALUASI LAHAN
Evaluasi lahan umumnya merupakan kegiatan lanjutan dari survei dan pemetaan tanah atau sumber daya lahan lainnya, melalui pendekatan interpretasi data tanah serta fisik lingkungan untuk suatu tujuan penggunaan tertentu. Sejalan dengan dibedakannya macam dan tingkat pemetaan tanah, maka dalam evaluasi lahan juga dibedakan menurut ketersediaan data hasil survei dan pemetaan tanah atau survei sumber daya lahan lainnya, sesuai dengan tingkat dan skala pemetaannya.
3.1. Pendekatan
Dalam evaluasi lahan ada 2 macam pendekatan yang dapat ditempuh mulai dari tahap konsultasi awal (initial consultation) sampai kepada klasifikasi kesesuaian lahan (FAO, 1976). Kedua pendekatan itu adalah: 1) pendekatan dua tahapan (two stage approach); dan 2) pendekatan paralel (parallel approach).
3.1.1. Pendekatan dua tahapan
Pendekatan dua tahap terdiri atas tahap pertama adalah evaluasi lahan secara fisik, dan tahap kedua evaluasi lahan secara ekonomi. Pendekatan tersebut biasanya digunakan dalam inventarisasi sumber daya lahan baik untuk tujuan perencanaan makro, maupun untuk studi pengujian potensi produksi (FAO, 1976).
Klasifikasi kesesuaian tahap pertama didasarkan pada kesesuaian lahan untuk jenis penggunaan yang telah diseleksi sejak awal kegiatan survei, seperti untuk tegalan (arable land) atau sawah dan perkebunan. Konstribusi dari analisis sosial ekonomi terhadap tahap pertama terbatas hanya untuk mencek jenis penggunaan lahan yang relevan. Hasil dari kegiatan tahap pertama ini disajikan dalam bentuk laporan dan peta yang kemudian dijadikan subjek pada tahap kedua untuk segera ditindak lanjuti dengan analisis aspek ekonomi dan sosialnya.
3.1.2. Pendekatan paralel
Dalam pendekatan paralel kegiatan evaluasi lahan secara fisik dan ekonomi dilakukan bersamaan (paralel), atau dengan kata lain analisis ekonomi dan sosial dari jenis penggunaan lahan dilakukan secara serempak bersamaan dengan pengujian faktor-faktor fisik. Cara seperti ini umumnya menguntungkan untuk suatu acuan yang spesifik dalam kaitannya dengan proyek pengembangan lahan pada tingkat semi detil dan detil. Melalui pendekatan paralel ini diharapkan dapat memberi hasil yang lebih pasti dalam waktu yang singkat.
3.2. Penyiapan Data
Untuk melakukan evaluasi lahan baik dengan menggunakan pendekatan dua tahapan maupun pendekatan paralel perlu didahului dengan konsultasi awal. Konsultasi awal ini untuk menentukan tujuan dari evaluasi yang akan dilakukan, data apa yang diperlukan dan asumsi-asumsinya yang akan dipergunakan sebagai dasar dalam penilaian. Evaluasi lahan yang akan dilakukan tergantung dari tujuannya yang harus didukung oleh ketersediaan data dan informasi sumber daya lahan.
Urutan kegiatan dalam melaksanakan evaluasi lahan dapat dilihat pada Gambar 1.
Pelaksanaan Evaluasi lahan dibedakan ke dalam tiga tingkatan, yaitu: tingkat tinjau skala 1:250.000 atau lebih kecil; semi detil skala 1:25.000 sampai 50.000; dan detil skala 10.000 sampai 25.000 atau lebih besar. Jenis, jumlah, dan kualitas data yang dihasilkan dari ketiga tingkat pemetaan tersebut bervariasi, sehingga penyajian hasil evaluasi lahan ditetapkan sebagai berikut: pada tingkat tinjau dinyatakan dalam ordo, tingkat semi detil dalam kelas/subkelas, dan pada tingkat detil dinyatakan dalam subkelas/subunit. Petunjuk Teknis ini disarankan dipakai terutama untuk tingkat pemetaan semi detil.
Pada prinsipnya penilaian kesesuaian lahan dilaksanakan dengan cara mencocokkan (matching) data tanah dan fisik lingkungan dengan tabel rating kesesuaian lahan yang telah disusun berdasarkan persyaratan penggunaan lahan mencakup persyaratan tumbuh/hidup komoditas pertanian yang bersangkutan, pengelolaan dan konservasi. Kriteria kelas kesuaian lahan untuk 112 jenis komoditas pertanian yang berbasis lahan disajikan pada Lampiran 1–6. Pada proses matching hukum minimum dipakai untuk menentukan faktor pembatas yang akan menentukan kelas dan subkelas kesesuaian lahannya. Dalam penilaian kesesuaian lahan perlu ditetapkan dalam keadaan aktual (kesesuaian lahan aktual) atau keadaan potensial (kesesuaian lahan potensial). Keadaan potensial dicapai setelah dilaksanakan usaha-usaha perbaikan (Improvement = I) terhadap masing-masing faktor pembatas untuk mencapai keadaan potensial.
Gambar 1. Urutan kegiatan dalam evaluasi lahan (FAO, 1983)
3.3. Asumsi-asumsi dalam Evaluasi Lahan
Sebelum melaksanakan evaluasi lahan, terlebih dahulu harus ditetapkan asumsi-asumsi yang akan diterapkan. Dalam hal ini apakah evaluasi lahan akan dilakukan dengan asumsi pada kondisi tingkat manajemen rendah (sederhana), sedang, atau tinggi.
Evaluasi lahan untuk tujuan perencanaan pembangunan pertanian perkebunan besar dengan masukan teknologi tinggi, tentu berbeda asumsinya jika tujuan evaluasi lahan hanya untuk perkebunan rakyat yang cukup dengan masukan teknologi menengah. Demikian pula dalam hal penggunaan alat-alat pengolahan tanah dalam pembukaan lahan pertanian. Jika lahan akan diolah secara manual (cangkul atau bajak) maka asumsi yang dapat digunakan dalam menilai kualitas dan karakteristik lahan berbeda dengan penggunaan alat-alat berat (mekanik). Sebagai contoh penilaian terhadap tekstur tanah yang liat dan/atau berkerikil untuk pengolahan tanah secara manual tidak terlalu bermasalah dibandingkan jika menggunakan alat mekanik. Kasus serupa dalam menghadapi kualitas lahan terrain dalam hal ini lereng. Pada lereng lebih besar dari 8% jika tanah diolah dengan menggunakan traktor merupakan masalah, tetapi tidak demikian kalau diteras dengan menggunakan alat pengolah tanah yang sederhana.
Asumsi dapat dibedakan terutama atas dua hal: (1) yang menyangkut areal proyek; dan (2) yang menyangkut pelaksanaan evaluasi/interpretasi serta waktu berlakunya dari hasil evaluasi lahan.
Beberapa contoh asumsi yang ditetapkan untuk evaluasi lahan secara kuantitatif fisik adalah sebagai berikut:
- Data tanah yang digunakan hanya terbatas pada informasi atau data dari satuan lahan atau satuan peta tanah.
- Reliabilitas data yang tersedia: rendah, sedang, tinggi
- Lokasi penelitian atau daerah survei
- Kependudukan tidak dipertimbangkan dalam evaluasi
- Infrastruktur dan aksesibilitas serta fasilitas pemerintah tidak dipertimbangkan dalam evaluasi.
- Tingkat pengelolaan atau manajemen dibedakan atas 3 tingkatan yaitu rendah, sedang, dan tinggi.
- Pemilikan tanah tidak dipertimbangkan dalam evaluasi.
- Pemasaran hasil produksi serta harga jual tidak dipertimbangkan dalam evaluasi.
- Evaluasi lahan dilaksanakan secara kualitatif, kuantitatif fisik atau kuantitatif ekonomi.
- Usaha perbaikan lahan untuk mendapatkan kondisi potensial dipertimbangkan dan disesuaikan dengan tingkat pengelolaannya.
- Aspek ekonomi hanya dipertimbangkan secara garis besar.
GURU DAN PBM
Tips Bagi Ayah dan Ibu Yang Bekerja
Membesarkan anak dengan baik memang tidak mudah bagi pasangan suami-istri yang bekerja. Dengan panduan berikut mudah-mudahan Anda dapat me...
Mengenai Saya
- KURNIA TRIYULI
- It is not how much we have, but how much we enjoy, that makes happiness
Translate
Total Tayangan Halaman
Labels
- alam (69)
- aleut (1)
- ANTROPOSFER (1)
- bahan ajar (11)
- BATIK MALANGAN (1)
- BATUAN DAN MINERAL (10)
- bentuk muka bumi (7)
- BENUA (14)
- bimbingan belajar (48)
- BIOMA (11)
- BUAH (12)
- BUDAYA INDONESIA (5)
- buku psikologi (15)
- BUNAKEN (3)
- citra penginderaan jauh (53)
- DEFINISI GEOGRAFI (3)
- demografi (35)
- EVALUASI PEMBELAJARAN (10)
- FENOMENA (30)
- flora dan fauna (28)
- GEOGRAFI EKONOMI (2)
- geografi hewan (15)
- GEOGRAFI LINGKUNGAN (25)
- GEOGRAFI PERTANIAN (23)
- geografi tumbuhan (23)
- geologi (70)
- geomorfologi (36)
- GLOBALISASI (1)
- GURU DAN PBM (34)
- HARI BUMI (2)
- HIDROLOGI (7)
- hipnotis (18)
- HUJAN ASAM (3)
- ilmu tanah (6)
- imahagi (4)
- informasi (57)
- INTERPRETASI CITRA (54)
- IPS SD (28)
- JUDUL PENELITIAN (1)
- KAMUS GEOGRAFI (1)
- kartografi (12)
- keajaiban dunia (3)
- kebudayaan (2)
- KECERDASAN (25)
- KELAS IX SEM 1: EKONOMI (10)
- KELAS IX SEM 1: GEOGRAFI (6)
- KELAS IX SEM 1: SEJARAH (4)
- KELAS IX SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS IX SEM 2: EKONOMI (4)
- KELAS IX SEM 2: GEOGRAFI (70)
- KELAS IX SEM 2: SEJARAH (11)
- KELAS IX SEM 2: SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEM 1 : SOSIOLOGI (2)
- KELAS VII SEMESTER 1 (7)
- KELAS VIII SEM 1: SOSIOLOGI (1)
- KELAS VIII SEMESTER 2 EKONOMI (8)
- KELAS VIII SEMESTER 2 GEOGRAFI (4)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SEJARAH (2)
- KELAS VIII SEMESTER 2 SOSIOLOGI (4)
- KEMAMPUAN LAHAN (2)
- KERJASAMA INTERNASIONAL (7)
- KESESUAIAN LAHAN (10)
- KLIMATOLOGI (25)
- KONSEP DASAR GEOGRAFI (1)
- KONSEP DASAR IPS (1)
- kosmografi (123)
- KRISTAL (28)
- KUE (1)
- KUIS PSIKOLOGI (8)
- KUTUB (5)
- LAUT JEPANG (7)
- lingkungan hutan tropis (5)
- lokasi wisata alam (8)
- LPJ (1)
- MASALAH SOSIAL (2)
- MATERI FLASH (12)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VII (52)
- MATERI GEOGRAFI KELAS VIII SEMESTER 2 (41)
- materi kelas viii (34)
- materi kelas x (15)
- materi kelas xii (10)
- MEDIA PEMBELAJARAN (5)
- menu (5)
- metklim (34)
- MIGRASI HEWAN (3)
- NATIONAL GEOGRAPHIC (2)
- NEGARA (20)
- negara berkembang (29)
- negara maju (17)
- obyek wisata (7)
- OLEH-OLEH DARI ROTE (4)
- olimpiade kebumian (1)
- OSEANOGRAFI (53)
- OTAK (7)
- palaentologi (2)
- PANTAI PRIGI (1)
- pemanasan global (14)
- pembelajaran (36)
- pembelajaran alam (4)
- penduduk (26)
- pengantar geografi (8)
- pengetahuan agama (2)
- pengetahuan komputer (10)
- PENGETAHUAN UMUM (10)
- penjelajahan (7)
- perdagangan internasional (1)
- PERGERAKAN NASIONAL (11)
- PERISTIWA GEOGRAFI (2)
- PERKEMBANGAN ANAK (35)
- PETA INTERAKTIF (2)
- PROPOSAL (1)
- PTK (4)
- PULAU (1)
- RELIEF DASAR LAUT (1)
- RESEP MASAKAN (7)
- RPP DAN SILABUS KARAKTER BANGSA (4)
- RUMAH (26)
- sedimentasi (1)
- sejarah (25)
- SEJARAH INDONESIA (11)
- selingan (16)
- seni dapur (3)
- SILABUS GEOGRAFI (4)
- SINEMATOGRAFI (12)
- situs peninggalan sejarah (21)
- SOAL GEOGRAFI (2)
- sosiologi (12)
- STATISTIK (17)
- SUAKA ALAM DAN SUAKA MARGASATWA (45)
- suku bangsa (4)
- TAMAN (9)
- TAMAN NASIONAL (45)
- tanaman langka (11)
- TANAMAN OBAT TRADISIONAL (1)
- teknologi (10)
- TELAAH KURIKULUM (3)
- tenaga eksogen (11)
- tenaga endogen (6)
- TENGGER (2)
- tentang otak (11)
- THE GEOGRAPHY DEPARTEMENT (10)
- tips dan trik (74)
- TSUNAMI (1)
- tubuh kita (92)
- UKG (2)
- UNDANG-UNDANG TENTANG PENDIDIKAN (2)
Blog Archive
-
▼
2010
(1263)
-
▼
Desember
(126)
- Rumput Laut Rumput Laut adalah salah satu su...
- Padang Lamun Padang lamun merupakan ekosis...
- Macam - macam Proyeksi Peta Skema Proy...
- Gambar Tipe Pantai a)Pantai Datar Pantai A...
- PETA KOTA MALANG
- Strawberry, Si Buah Cinta ...
- #gallery-1 { margin: auto; } #galler...
- Buah Kiwi <!--[if gte mso 9]>--> <!--[if gte mso 9...
- BUAH NAGA Khasiat obat pohon naga bukan han...
- BUAH PLUM Buah Plum segar Prem atau Plum adalah...
- POHON PEPINO DAN BUAH LUAR BIASA PEPI...
- <!----> <!----> <!--header--> <!--b...
- <!----> <!----> <!--header--> <!--b...
- <!----> <!----> <!--header--> <!--b...
- <!----> <!----> <!--header--> <!--b...
- <!----> <!----> <!--header--> <!--b...
- <!----> <!----> <!--header--> <!--b...
- Migrasi Dahsyat (3) Meskipun baru merupakan h...
- Migrasi Dahsyat (2) Dingle, ahli biologi evolusi ...
- Migrasi Dahsyat (1) Apa yang membuat migrasi sat...
- Apa yang terlihat seperti gulungan kabel yang k...
- Ikan kepe-kepe besi tempa berhenti sejenak semen...
- Tiga Laut Jepang Perairan di lepas pantai berv...
- Manado at dawn Gu...
- Pesta Budaya Tabuik ...
- Taman Alun Kapuas ...
- <!----> <!----> <!--header--> <!--b...
- <!----> <!----> <!--header--> <!--b...
- Teka-teki dalam pembentukan gua sudah terjawab ...
- <!--header--> <!--body--> 10 cara jadikan...
- Pendekatan ekohidrologi untuk menangani kr...
- Pengungsi iklim Pernah dengar istilah pengu...
- Mendesak, rencana tata ruang berkelanjutan u...
- Peta tutupan hutan global bisa jadi petunjuk...
- Seekor lebah euglossine menggeliat keluar dari l...
- Anggrek Lihai Bagaimana cara sebuah tumbuhan ...
- CUMI KUNANG-KUNANG Sebuah pantai vulkanik di Te...
- TULIP LAUT UNGU Tiga Laut Jepang Perairan di le...
- NISAN Makam Junghuhn di Lembang, Jawa Barat.
- PERKEBUNAN TEH DI MALABAR SAAT INI: TEH Salah ...
- GUNUNG PATUHA BUAH KEINGINTAHUAN Pada tahun 18...
- TANGKUBAN PERAHU GUNUNG KESAYANGAN Tangkuban P...
- POHON KINA TERBENGKALAI Pohon-pohon kina tua d...
- GUNUNG GEDE-PANGRANGO Pemandangan dari arah sel...
- PLATO DIENG SUMBER INSPIRASI Karena penyakit maa...
- ELEVASI DAN VEGETASI Tanaman tembakau di Kledung...
- Junghuhn Setelah lebih dari 200 tahun sejak kela...
- Tulip Laut Mendengar kata tulip pastinya ya...
- Tiga Laut Jepang Perairan di lepas pantai bervar...
- Oleh-Oleh dari Rote (1): Kura-Kura Pulang Kampungb...
- Oleh-Oleh dari Rote (2): Dawai Sasando Berdent...
- Oleh-Oleh dari Rote (3): Melongok Tenun Ikatby...
- Oleh-Oleh dari Rote (4-Selesai): Gula Lempen...
- Daud dan Sulaiman (4) Namun, justru itulah yang ...
- Daud dan Sulaiman (3) Kebanyakan ahli arkeologi ...
- Daud dan Sulaiman (2) Masalahnya, jika kita menga...
- Daud dan Sulaiman (1) Apakah Kerajaan Daud dan S...
- FOTO UDARA Banyak sekali contoh foto udara di...
- Contoh Bintang 1. Matahari Matahari adalah bint...
- Medan Magnet Terkuat di Jagad Raya Bintang Netr...
- Katai Putih Terpanas Setiap bintang akan mengak...
- Akhir Hidup Bintang Proses fusi dalam bintang-b...
- Supernova Proses terbentuknya supernova biasany...
- Kembalinya Bintang Mati Sepintas supernova meru...
- Penentuan Jarak Bintang Pada dasarnya jarak sua...
- Penyebab Erosi a. Penyebab Erosi Tanah Tanah bi...
- Klasifikasi Tanah Salah satu sistem klasifika...
- PERMASALAHAN KERUANGAN DALAM PEMBANGUNAN PROPINS...
- PERANAN GURU GEOGRAFI MENCIPTAKAN SEKOLAH BERWAWA...
- PERAN ILMU GEOGRAFI DALAM MINIMISASI AKIBAT KENA...
- Redevelope Sumber Daya Hutan di Lereng Muria ...
- Definisi Regional Awal mulanya definisi kawasan...
- Geografi dan Implementasinya Dalam Geografi Fisik...
- Cara Mengurutkan data pada Excel Jika anda s...
- Bisnis Yuwie Apa itu Yuwie ? Yuwie yaitusebu...
- Pemanasan Global Pemanasan global...
- Perempuan, Korban Utama Pemanasan Global Keti...
- Perubahan Iklim dan Pemiskinan Global Peran m...
- Advokasi Pesisir dan Laut Wilayah pesisir mem...
- <!--[if gte mso 9]> Normal 0 f...
- 4.3. Kesesuaian Lahan Untuk Pembuatan Jalan Dalam ...
- 4.5. Kesesuaian Lahan untuk Tempat Pembuangan Samp...
- Indeks Kemampuan Lahan .fullpost { display: i...
- ...
- III. PROSEDUR EVALUASI LAHAN Evaluasi lahan umumny...
- Kriteria kesesuaian lahan I. PENDAHULUAN Kebut...
- Aplikasi Penentuan Kesesuaian Lahan Berdasarkan Fa...
- <!--[if gte mso 9]> Normal 0 f...
- Bromo Tengger Semeru ...
- Patahan-patahan yg membelah Pulau Jawa !
- Segitiga Masalembo – The Indonesian “Bermuda Trian...
- Mengenal Bromo
- Merapi
- Budaya Jawa dan gunungapi
- Sindoro-Sumbing-Dieng
- Foto satelit guguran lava diambil 15 Nov 2010
- Bahaya lahar hujan: erosi, sedimentasi dan suhu.
- Pembentukan kaldera gunungapi
- Pendekatan Keruangan
-
▼
Desember
(126)
Entri Populer
-
Nama : SHILVIA AYU RHOMANTIKA Kelas : Regular 2008 Pokjar : Jenu A. hakikat dan sejarah IPS Seper...
-
Manusia adalah makhluk dwi-dimensi. Ia diciptakan Tuhan dari debu tanah dan ruh Ilahi. Debu tanah membentuk jasmaninya dan ruh Ilahi yan...
-
Perubahan iklim atau yang lebih popular dengan istilah climate change mungkin bagi sebagian orang merupakan hal krusial yang sedang menjadi ...
-
Paralaks adalah perbedaan latar belakang yang tampak ketika sebuah benda yang diam dilihat dari dua tempat yang berbeda. Kita bisa mengamati...
-
When we were at Heathrow Airport in London, we bought a British travel guide to Tunisia with maps and a list of Tunisia’s “Top Ten Sights”. ...
-
Sebelum muncul Konsep/Teori Tektonik Lempeng dikenal Konsep Geosinklin, yang menyatakan bahwa; Pembentukan Pegunungan, Pedataran, Ceku...
-
Visualisasi Informasi Visualisasi adalah (McCormick et al., 1987): – Metode penggunaan komputer untuk men...
-
Artikel ILUSTRASI MENGHITUNG KELULUSAN UJIAN NASIONAL SMP TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ...
0 komentar:
Posting Komentar