Metode Animasi Geografi untuk Pembelajaran

Media pembelajaran geografi, saat ini tidak lagi sebatas pembelajaran dengan penggunakan pencil dan buku gambar dalam mendesain setiap grafik yang diinginkan. Tetapi, sudah merambah pada dunia animasi geografi. Bagaimana tidak, perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat seperti sekarang ini telah banyak mengubah sistem pembelajaran primitif kita.
jika dahulu pembelajaran geografi di sekolah-sekolah hanya sebatas menggambar peta dan struktur tanah dalam gambar dua dimensi, kini pembelajaran geografi sudah merambah pada desain 3D animasi baik menggunakan flash, 3Dmax, atupun photoshop cs.
Perkembangan teknologi informasi, tertutama di bidang komputerisasi, memang sangat membantu perkembangan sains yang lain seperti halnya media pembelajaran geografi di sekolah. Dengan sistem komputerisasi dapat mempercepat menyimpan dan mengakses informasi sehingga kegiatan belajar dan mengajar di sekolah dapat dilakukan dengan cepat.
Dengan gambar-gambar animasi yang baik, proses belajar akan lebih menyenangkan, terutama untuk pelajaran geografi yang cukup membosankan. Salah satu sekolah Muhammadyah di Tasikmalaya sudah mengembangkan media pembelajaran geografi dengan menggunakan animasi, terutama pokok bahasan pembentukan bumi, proses terjadinya tsunami, gunung meletus, dan lain sebagainya.
Hal ini merupakan terobosan terbaru di bidang ilmu geografi, tidak banyak sekolah yang mengembangkan ilmu animasi sebagai pengembangkan pelajaran di sekolahnya, kecuali sekolah-sekolah yang favorit saja.
Barangkali, masih banyak sekolah-sekolah yang masih menggunakanmetode pembelajaran konvensional atau klasikal dalam menyampaikan materi geografi. Padahal pada kenyataannya, pembelajaran geografi lebih menarik dan menyenangkan jika dalam penyampaian materi menggunakan teknologi informasi berbasis komputer.
Dalam kegiatan belajar dan mengajar di dalam kelas, setiap guru harus pandai menggunakan audio-visual pada proses kegiatan tersebut. Yang menjadi masalah dalam hal ini adalah bagaimana peran animasi sebagai sarana pembelajaran geografi. Kegiatan pembelajaran animasi dalam pelajaran geografi bertujuan untuk mengoptimalkan teknologi informasi berbasis komputer sebagai media yang efektif untuk belajar dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.
Metode pembelajaran dengan menggunakan animasi dapat memberikan kontribusi yang positif pada perkembangan kecerdasan siswa dalam memahami materi. Selain itu, siswa juga dapat terlatih membuat gambar animasi yang lain selain untuk Pelajaran Geografi.
Jika ingin melihat bagaimana cara membuat animasi yang baik di bidang geografi Anda dapat mengunjungi situs. http://news.bbc.co.uk/2/hi/science/nature/4588149.htm. Dalam situs tersebut Anda biasa melihat bagaimana proses terjadinya gempa, tsunami dan gunung meletus dalam gambar animasi bergerak.
Anda pun bisa membuat animasi geografi sendiri. Jika akan mengunakan program flash atau 3Dmax, tutorialnya bisa Anda pelajari lewat situs www.ilmugrafis.com.

0 komentar:

Poskan Komentar