PROFIL NEGARA YUNANI



Yunani adalah sebuah Negara yang terletak di kawasan Eropa Selatan tepatnya di semenanjung Balkan berbatasan dengan Makedonia, Albania, Bulgaria dan Turki. Negara ini terletak di wilayah Laut Mediterania dan salah satu Negara dengan kebudayaan dan peradaban paling tua di Eropa. Yunani banyak melahirkan tokoh-tokoh dunia di bidang filsafat dan ilmu pengetahuan seperti AristotelesPlatoEuclid, Rene Descartes, Archimides dan Socrates. Peninggalan-peninggalan kebudayaan tua seperti Acropolis dan situs-situs peradaban lama masih terjaga hingga kini dan menarik jutaan wisatawan mancanegara.

Yunani secara resmi disebut Republik Hellenik (Elliniki Dimokratia) negara tempat lahirnya budaya barat. Kondisi perekonomian Yunani pada dasawarwa terakhir ini terus meningkat seiring penetapan kebijakan fiscal karena masuknya Yunani dalam Zona Euro mulai 1 Januari 2001. Armada lautnya hingga kini terus melintasi berbagai belahan dunia untuk kepentingan perdagangan. Pendapata utama negeri ini bertumpu pada sector pariwisata.

Konstitusi Yunani menjamin kebebadan absolute dalam beragama sehingga setiap pemeluk agama mendapat kebebasan menjalankan ibadahnya. Walaupun demikian, tidak ada rumah ibadah non-kristen di ibukota, aktivitas yang berhubungan dengan pembangunan rumah ibadah resmi harus disetujui Gereja Ortodoks dan pemerintahan sekuler. Lebih dari 90% penduduk Yunani termasuk anggota gerja ortodoks Yunani. Papas (pendeta berjubah hitam, berambut panjang dan berjanggut) adalah tokoh-tokoh desa dan kota yang penting serta populer di seluruh negara. Mereka mengurusi pernikahan, pembaptisan, dan penguburan, memimpin perayaan hari besar, memimpin prosesi, memberkati ternak, hasil bumi dan perayaan keagamaan. Penduduk Yunani tahun 2009 telah berjumlah 11.306.183 jiwa, menempati wilayah seluas 131.975 km2. Mayoritas penduduk tinggal di daerah perdesaan dengan mengolah lahan untuk pertanian buah-buahan, dan sayuran. Namun industry Yunani juga berkembang pesat dan menghasilkan produk kapal, baja semen dan pupuk.
 

Negara
Yunani
Kepala Negara
Presiden (Karolos Papoulias/Pres sekarang)
Kepala Pemerintahan
Perdana Menteri (George Papandreou/PM sekarang
Ibukota
Athena
Kota-kota besar
Salonika, Pireaeus, Patras
Luas wilayah
131.957 km2
Agama
Yunani Ortodoks (97%)
Bahasa
Yunani
Jumlah Penduduk
11.306.183 (2009)
Mata pencaharian
Pertanian, Industri, Jasa, Pariwisata
Mata Uang
Euro
Pendapatan Perkapita
US$ 30.856 (2009)


Referensi:
Buku Negara-negara di dunia
Penerbit Cita Insan Madani

0 Response to "PROFIL NEGARA YUNANI"

Poskan Komentar