PROFIL NEGARA PERANCIS




Perancis merupakan negara terluas di Eropa dengan luas 547.029 km2, berbatasan dengan Selat Inggris di utara, Laut Tengah dan Spanyol di sebelah selatan, Teluk Biscaye di sebelah barat dan dengan negara Jerman, Swiss dan Italia di sebelah timur. Di bidang ilmu pengetahuan, Perancis banyak melahirkan tokoh-tokoh dunia baik dibidang filsafat, sains, dan ilmu hukum. Tokoh-tokoh dunia seperti  JJ Rousseu VoltaireAntoine Laurent LavoisierAndre-Marie AmphereLouis PasteurNapoleon Bonaparte dan Jeanne d’Arc lahir dan mengharumkan nama Perancis. 

Perancis terkenal sebagai Negara mode di dunia dan memiliki salah satu keajaiban dunia yaitu Menara Eifel yang terletak di Kota Paris. Negara ini juga terkenal di bidang kuliner, anggur, music, seni, kereta api supercepat TGV, resor-resor sky di Pegunungan Alpen dan pusat pusat wisata lainnya. Sektor pariwisata menyumbangkan devisa yang sangat besar bagi Negara ini. Perancis merupakan Negara tertua ke tiga di dunia setelah Ethiopia dan San Marino. Di bidang ekonomi, Negara ini memiliki tingkat kestabilan ekoonomi ke 4 dan kekuatan militernya nomor 6 di dunia. Panorama metropolitan Perancis sangat beragam. Di bagian utara, dan barat terdapat pesisir pantai sedangkan di bagian tenggara terdapat Pegunungan Alpen dan Pegunungan Pirenia di bagian barat daya. Daerah dataran tinggi lainnya adalah Massif Central, Pegunungan Jura, Vosges dan Pegunungan Arden. Di Alpen Perancis, terdapat Mount Blanc (4810) dan merupakan titik tertinggi di Eropa Barat. Sungai-sungai terkenal di Perancis antara lain Sungai Loire, Sungai Rhone, Sungai Garonne dan Sungai Siene. Prancis dapat dikatakan sebuah negeri dengan panorama, budaya, dan tempat wisata eksotis di dunia.
Negara ini menganut system demokrasi semi presidensial. Ide-ide dekokrasinya tertuang dalam UUD Prancis La Declaration des doits, de I`home et du citoyen. Sebagai Negara tiga besar Uni Eropa bersamaInggris dan Jerman, Perancis merupakan salah satu pendiri Uni Eropa dan anggota dengan luas daratan terbesar. Perancis juga salah satu Negara pendiri PBB dan menjadi salah satu anggota permanen dewan keamanan PBB yang memiliki hak veto.
Jumlah penduduk negara Prancis tahun 2003 mencapai 59,3 juta, dengan pertumbuhan penduduk 0,4% per tahun. Penduduknya sebagian besar tinggal di perkotaan (74 %). Sektor industri, jasa dan pariwisata memberi sumbangan devisa paling besar pendapatan negara. Dalam bidang industri Perancis terkenal sebagai produsen mobel Citroen, Peugeot, produsen pesawat tempur Mirage, pesawat penumpang, kereta api, dan produsen elektronik. Walaupun demikian sektor pertanian tetap merupakan sektor yang sangat penting, apel, anggur, aprikot dan persik adalah komoditi utamanya. Perancis dikenal sebagai negara penghasil anggur terbesar di dunia. Kota-kota yang sangat padat di antaranya Paris, Lyon, Merseille, Bordeaux, di tepi Laut Tengah. Jumlah penduduknya mencapai 65.447.374 (2010) Kepadatan penduduknya mencapai 105 tiap km2, dengan pendapatan per kapita $ 33.744 (2009), dan angka harapan hidupnya 79 tahun.

Data-data Negara Perancis

Kepala negara
Presiden (Nicholas Sarkozy/presiden sekarang)
Kepala Pemerintahan
Perdana Menteri (Francois Fillon/PM sekarang)
Ibukota
Paris
Kota-kota besar
Paris, Lyon, Merseille, Bordeaux,Lille
Luas wilayah
632.834Km2
Jumlah penduduk
65.447.374 (2010)
Suku Bangsa
Eropa, Asia, Afrika
Agama
Katholik (51%), Muslim (3%), Protestan (3%), Yahudi (1%) atheis (4%)
Bahasa
Perancis
Lagu Kebangsaan
La Marseillase
Semboyan
Egalite,Liberte,Fraternite
PDB
US$2.130383 juta (IMF 2008)
Pendapatan Perkapita
US$ 33.744 (2009)



Referensi
Buku Negara-negara di dunia
Penerbit Cita Insan Madani

0 Response to "PROFIL NEGARA PERANCIS"

Poskan Komentar