Batuan beku



Contoh batuan beku; jalur yang berwarna lebih muda menunjukkan arah aliran


Batuan beku atau batuan igneus (dari Bahasa Latin: ignis, "api") adalah jenisbatuan yang terbentuk dari magma yang mendingin dan mengeras, dengan atau tanpa proses kristalisasi, baik di bawah permukaan sebagai batuan intrusif(plutonik) maupun di atas permukaan sebagai batuan ekstrusif (vulkanik). Magma ini dapat berasal dari batuan setengah cair ataupun batuan yang sudah ada, baik di mantel ataupun kerak bumi. Umumnya, proses pelelehan terjadi oleh salah satu dari proses-proses berikut: kenaikan temperatur, penurunantekanan, atau perubahan komposisi. Lebih dari 700 tipe batuan beku telah berhasil dideskripsikan, 
sebagian besar terbentuk di bawah permukaan kerakbumi.


Menurut para ahli seperti Turner dan Verhoogen (1960), F. F Groun (1947), Takeda (1970), magma didefinisikan sebagai cairan silikat kental yang pijar terbentuk secara alamiah, bertemperatur tinggi antara 1.500–2.5000C dan bersifat mobile (dapat bergerak) serta terdapat pada kerak bumi bagian bawah. Dalam magma tersebut terdapat beberapa bahan yang larut, bersifat volatile (air, CO2, chlorine, fluorine, iron, sulphur, dan lain-lain) yang merupakan penyebab mobilitas magma, dan non-volatile (non-gas) yang merupakan pembentuk mineral yang lazim dijumpai dalam batuan beku.


Pada saat magma mengalami penurunan suhu akibat perjalanan ke permukaan bumi, maka mineral-mineral akan terbentuk. Peristiwa tersebut dikenal dengan peristiwa penghabluran. Berdasarkan penghabluran mineral-mineral silikat (magma), oleh NL. Bowen disusun suatu seri yang dikenal dengan Bowen’s Reaction Series.


Dalam mengidentifikasi batuan beku, sangat perlu sekali mengetahui karakteristik batuan beku yang meliputi sifat fisik dan komposisi mineral batuan beku.

Tekstur didefinisikan sebagai keadaan atau hubungan yang erat antar mineral-mineral sebagai bagian dari batuan dan antara mineral-mineral dengan massa gelas yang membentuk massa dasar dari batuan.
Tekstur


Tekstur pada batuan beku umumnya ditentukan oleh tiga hal yang penting, yaitu:A. Kristalinitas

Kristalinitas adalah derajat kristalisasi dari suatu batuan beku pada waktu terbentuknya batuan tersebut. Kristalinitas dalam fungsinya digunakan untuk menunjukkan berapa banyak yang berbentuk kristal dan yang tidak berbentuk kristal, selain itu juga dapat mencerminkan kecepatan pembekuan magma. Apabila magma dalam pembekuannya berlangsung lambat maka kristalnya kasar. Sedangkan jika pembekuannya berlangsung cepat maka kristalnya akan halus, akan tetapi jika pendinginannya berlangsung dengan cepat sekali maka kristalnya berbentuk amorf.


Dalam pembentukannnya dikenal tiga kelas derajat kristalisasi, yaitu:

Holokristalin, yaitu batuan beku dimana semuanya tersusun oleh kristal. Tekstur holokristalin adalah karakteristik batuan plutonik, yaitu mikrokristalin yang telah membeku di dekat permukaan.

Hipokristalin, yaitu apabila sebagian batuan terdiri dari massa gelas dan sebagian lagi terdiri dari massa kristal.

Holohialin, yaitu batuan beku yang semuanya tersusun dari massa gelas. Tekstur holohialin banyak terbentuk sebagai lava (obsidian), dike dan sill, atau sebagai fasies yang lebih kecil dari tubuh batuan.B. Granularitas

Granularitas didefinisikan sebagai besar butir (ukuran) pada batuan beku. Pada umumnya dikenal dua kelompok tekstur ukuran butir, yaitu:


1. Fanerik/fanerokristalin, Besar kristal-kristal dari golongan ini dapat dibedakan satu sama lain secara megaskopis dengan mata biasa. Kristal-kristal jenis fanerik ini dapat dibedakan menjadi:

- Halus (fine), apabila ukuran diameter butir kurang dari 1 mm.

- Sedang (medium), apabila ukuran diameter butir antara 1 – 5 mm.

- Kasar (coarse), apabila ukuran diameter butir antara 5 – 30 mm.

- Sangat kasar (very coarse), apabila ukuran diameter butir lebih dari 30 mm.


2. Afanitik, Besar kristal-kristal dari golongan ini tidak dapat dibedakan dengan mata biasa sehingga diperlukan bantuan mikroskop. Batuan dengan tekstur afanitik dapat tersusun oleh kristal, gelas atau keduanya. Dalam analisa mikroskopis dapat dibedakan:

- Mikrokristalin, apabila mineral-mineral pada batuan beku bisa diamati dengan bantuan mikroskop dengan ukuran butiran sekitar 0,1 – 0,01 mm.

- Kriptokristalin, apabila mineral-mineral dalam batuan beku terlalu kecil untuk diamati meskipun dengan bantuan mikroskop. Ukuran butiran berkisar antara 0,01 – 0,002 mm.

- Amorf/glassy/hyaline, apabila batuan beku tersusun oleh gelas.C. Bentuk Kristal

Bentuk kristal adalah sifat dari suatu kristal dalam batuan, jadi bukan sifat batuan secara keseluruhan. Ditinjau dari pandangan dua dimensi dikenal tiga bentuk kristal, yaitu:

- Euhedral, apabila batas dari mineral adalah bentuk asli dari bidang kristal.

- Subhedral, apabila sebagian dari batas kristalnya sudah tidak terlihat lagi.

- Anhedral, apabila mineral sudah tidak mempunyai bidang kristal asli.

- Ditinjau dari pandangan tiga dimensi, dikenal empat bentuk kristal, yaitu:

- Equidimensional, apabila bentuk kristal ketiga dimensinya sama panjang.

- Tabular, apabila bentuk kristal dua dimensi lebih panjang dari satu dimensi yang lain.

- Prismitik, apabila bentuk kristal satu dimensi lebih panjang dari dua dimensi yang lain.

- Irregular, apabila bentuk kristal tidak teratur.D. Hubungan Antar Kristal

Hubungan antar kristal atau disebut juga relasi didefinisikan sebagai hubungan antara kristal/mineral yang satu dengan yang lain dalam suatu batuan. Secara garis besar, relasi dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

- Equigranular, yaitu apabila secara relatif ukuran kristalnya yang membentuk batuan berukuran sama besar. Berdasarkan keidealan kristal-kristalnya, maka equigranular dibagi menjadi tiga, yaitu:

- Panidiomorfik granular, yaitu apabila sebagian besar mineral-mineralnya terdiri dari mineral-mineral yang euhedral.

- Hipidiomorfik granular, yaitu apabila sebagian besar mineral-mineralnya terdiri dari mineral-mineral yang subhedral.

- Allotriomorfik granular, yaitu apabila sebagian besar mineral-mineralnya terdiri dari mineral-mineral yang anhedral.

- Inequigranular, yaitu apabila ukuran butir kristalnya sebagai pembentuk batuan tidak sama besar. Mineral yang besar disebut fenokris dan yang lain disebut massa dasar atau matrik yang bisa berupa mineral atau gelas.

Struktur


Struktur adalah kenampakan batuan secara makro yang meliputi kedudukan lapisan yang jelas/umum dari lapisan batuan. Struktur batuan beku sebagian besar hanya dapat dilihat dilapangan saja, misalnya:

• Pillow lava atau lava bantal, yaitu struktur paling khas dari batuan vulkanik bawah laut, membentuk struktur seperti bantal.

• Joint struktur, merupakan struktur yang ditandai adanya kekar-kekar yang tersusun secara teratur tegak lurus arah aliran. Sedangkan struktur yang dapat dilihat pada contoh-contoh batuan (hand speciment sample), yaitu:

• Masif, yaitu apabila tidak menunjukkan adanya sifat aliran, jejak gas (tidak menunjukkan adanya lubang-lubang) dan tidak menunjukkan adanya fragmen lain yang tertanam dalam tubuh batuan beku.

• Vesikuler, yaitu struktur yang berlubang-lubang yang disebabkan oleh keluarnya gas pada waktu pembekuan magma. Lubang-lubang tersebut menunjukkan arah yang teratur.

• Skoria, yaitu struktur yang sama dengan struktur vesikuler tetapi lubang-lubangnya besar dan menunjukkan arah yang tidak teratur.

• Amigdaloidal, yaitu struktur dimana lubang-lubang gas telah terisi oleh mineral-mineral sekunder, biasanya mineral silikat atau karbonat.

• Xenolitis, yaitu struktur yang memperlihatkan adanya fragmen/pecahan batuan lain yang masuk dalam batuan yang mengintrusi.

• Pada umumnya batuan beku tanpa struktur (masif), sedangkan struktur-struktur yang ada pada batuan beku dibentuk oleh kekar (joint) atau rekahan (fracture) dan pembekuan magma, misalnya: columnar joint (kekar tiang), dan sheeting joint (kekar berlembar).

Komposisi Mineral


Untuk menentukan komposisi mineral pada batuan beku, cukup dengan mempergunakan indeks warna dari batuan kristal. Atas dasar warna mineral sebagai penyusun batuan beku dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

• Mineral felsik, yaitu mineral yang berwarna terang, terutama terdiri dari mineral kwarsa, feldspar, feldspatoid dan muskovit.

• Mineral mafik, yaitu mineral yang berwarna gelap, terutama biotit, piroksen, amphibol dan olivin.


Batuan beku dapat diklasifikasikan berdasarkan cara terjadinya, kandungan SiO2, dan indeks warna. Dengan demikian dapat ditentukan nama batuan yang berbeda-beda meskipun dalam jenis batuan yang sama, menurut dasar klasifikasinya.


Klasifikasi berdasarkan cara terjadinya, menurut Rosenbusch (1877-1976) batuan beku dibagi menjadi:

• Effusive rock, untuk batuan beku yang terbentuk di permukaan.

• Dike rock, untuk batuan beku yang terbentuk dekat permukaan.

• Deep seated rock, untuk batuan beku yang jauh di dalam bumi. Oleh W.T. Huang (1962), jenis batuan ini disebut plutonik, sedang batuan effusive disebut batuan vulkanik.


Klasifikasi berdasarkan kandungan SiO2 (C.L. Hugnes, 1962), yaitu:

• Batuan beku asam, apabila kandungan SiO2 lebih dari 66%. Contohnya adalah riolit.

• Batuan beku intermediate, apabila kandungan SiO2 antara 52% - 66%. Contohnya adalah dasit.

• Batuan beku basa, apabila kandungan SiO2 antara 45% - 52%. Contohnya adalah andesit.

• Batuan beku ultra basa, apabila kandungan SiO2 kurang dari 45%. Contohnya adalah basalt.


Klasifikasi berdasarkan indeks warna ( S.J. Shand, 1943), yaitu:

• Leucoctaris rock, apabila mengandung kurang dari 30% mineral mafik.

• Mesococtik rock, apabila mengandung 30% - 60% mineral mafik.

• Melanocractik rock, apabila mengandung lebih dari 60% mineral mafik.


Sedangkan menurut S.J. Ellis (1948) juga membagi batuan beku berdasarkan indeks warnanya sebagai berikut:

• Holofelsic, untuk batuan beku dengan indeks warna kurang dari 10%.

• Felsic, untuk batuan beku dengan indeks warna 10% sampai 40%.

• Mafelsic, untuk batuan beku dengan indeks warna 40% sampai 70%.

• Mafik, untuk batuan beku dengan indeks warna lebih dari 70%.


DAFTAR KOLEKSI EBOOKS GRATIS YANG BISA DIDOWNLOAD SECARA GRATIS TANPA PERLU ANDA MEMBAYAR SERUPIAHPUN 
"Mengapa Saya dengan mudah mendapatkan Wanita yang Saya inginkan"
http://priaidaman.110mb.com/MENJADI-PRIA-IDAMAN.CHM

PAKET EBOOK SUPER, KOLEKSI TERLENGKAP RIBUAN EBOOK
http://surgaweb.110mb.com/ebook/PAKET-EBOOK-SUPER.CHM

"E-BOOK PILIHAN, TELAH MENGUBAH BANYAK ORANG MENJADI KAYA"
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/PAKET-EBOOK-PILIHAN.CHM

PAKET EBOOK KOMPLIT, PANDUAN KUMPULAN BISNIS KOMPLIT
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/PAKET-EBOOK-KOMPLIT.CHM

RAHASIA BANJIR UANG DARI INTERNET KE REKENING ANDA
http://surgaweb.110mb.com/ebook/FORBIS.CHM

Panduan Menjadi Teknisi Komputer & PENGUSAHA Tinta Refill
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/PAKET-TEKNISI-KOMPUTER.CHM

Cara Mudah Mengelola Keuangan dan Melipatgandakan Kekayaan
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/KEBERKAHAN-FINANSIAL.CHM

Rahasia KUAT SEX & SOLUSI DISFUNGSI SEKSUAL KHUSUS PRIA
http://ebookdewasa.110mb.com/ebook-rahasia-kuat-sex-suami-idaman.zip

Resep RAHASIA dibalik KESUKSESAN KAUM KAYA
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/RESEP-RAHASIA-KAUM-KAYA.CHM

Rahasia menjadi Pria Idaman yang di gilai Setiap Wanita
http://priaidaman.110mb.com/MENJADI-PRIA-IDAMAN.CHM

Mesin Uang dengan fasilitas iklan baris lengkap
dan full gotong royong sesama member & randomizer sistem mutakhir
http://www.gamautama.com/presentasi?id=xtraincome

Cara Menjadi BOS & miliki Kerajaan Bisnis Online Sendiri !!
http://indojutawan.com/pdf/?id=wawanbiz

69 fakta seks yang harus anda ketahui
http://www.geocities.com/jsetiawan_id/69-fakta-seks.pdf 

Rahasia tidur alami yang berkualitas
http://www.geocities.com/jackgirlslover/Rahasia-tidur.pdf 

Resep Ampuh Jadi Pribadi Tangguh
http://ebookdewasa.110mb.com/Resep_Ampuh_Jadi_Pribadi_Tangguh.pdf

FORMULA RAHASIA BERFIKIR POSITIF
http://www.geocities.com/jackgirlslover/BERFIKIR-POSITIF.pdf 

20 Petunjuk Memilih Istri
http://ebookdewasa.110mb.com/20-Petunjuk-Memilih-Istri.pdf

Seni Mendengarkan dan Didengarkan
http://www.geocities.com/jackgirlslover/Seni-Mendengarkan.pdf 

Mitos-Mitos Salah Seputar Seks
http://www.geocities.com/jackgirlslover/Mitos-Seks.pdf 

RAHASIA COWOK TENTANG CINTA
http://www.geocities.com/jackgirlslover/Rahasia-Cowok-Tentang-Cinta.pdf 

Aneka Pengetahuan Dalam Kegiatan Seks
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/Aneka-Pengetahuan-Seks.pdf

Koleksi Ribuan Humor Segar Indonesia
http://www.geocities.com/gratisebooks/Pojok-Humor-Indonesia.pdf 

Rahasia Senyum Muhammad
http://www.geocities.com/jackgirlslover/Rahasia-Senyum-Muhammad.pdf 

10 Cara Nyenengin Hati Cewek
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/10-Cara-nyenengin-hati-cewek.pdf

Ebook "Kumpulan Tips Dunia Kerja"
http://ebookdewasa.110mb.com/KUMPULAN_TIPS_DUNIA_KERJA.PDF

RUMAH IDAMAN SYURGA IMPIAN
http://www.geocities.com/jefry_wawan/keluarga-bahagia.pdf

SESUATU YANG HARUS KITA RENUNGKAN
http://www.geocities.com/jefry_wawan/rahasia-sukses-itu-adalah-proses.pdf 


Benarkah peradaban kuno Atlantis dulunya ada di Indonesia ?
http://jurnal-humaniora.ugm.ac.id/download/270920061316-resensi1.pdf 
http://www.anandkrishna.org/english/archive/newsletter04.pdf 
http://wawan-ebook.110mb.com/ebookgratis/atlantis.zip 

Ebook "Kesalahan-kesalahan Cewek waktu pacaran"
http://wawan-ebook.110mb.com/ebookgratis/kesalahan2-cewek-waktu-pacaran.pdf 

Ebook "30 Rahasia Wanita"
http://wawan-ebook.110mb.com/ebookgratis/30rahasiawanita.pdf 

Trik Memperoleh rangking satu di Search Engine
http://www.geocities.com/gratisebooks/1searchengine.zip 

Daftar Ribuan Milis Yahoogroups Indonesia
http://www.geocities.com/gratisebooks/milisyahoogroups.zip 

10 Cara Cepat dan Mudah Untuk Meningkatkan Laba dari SEGALA Website Dalam Semalam Baru
http://www.geocities.com/gratisebooks/10_rahasia.pdf 

Kiat-Kiat Anti Miskin
http://www.geocities.com/gratisebooks/kiat2_anti_miskin.pdf 

Kumpulan Konsultasi Seks Dr Boyke
http://www.geocities.com/gratisebooks/kumpulan_konsultasi_seks_dr_boyke.pdf 

Kursus Bisnis Online Baru
http://www.geocities.com/gratisebooks/kursus_bisnis_online.pdf 

Langkah-langkah Strategis Bisnis Affiliasi Baru
http://www.geocities.com/gratisebooks/langkah2_strategis_bisnis_affiliasi.pdf 

Rumus Sukses Bisnis di Internet Baru
http://www.geocities.com/gratisebooks/rumus_sukses_bisnis_internet.pdf 

Tips Menjadi Karyawan Sukses Baru
http://www.geocities.com/gratisebooks/tips_menjadi_karyawan_sukses.pdf 

Rahasia Sukses Jepang
http://www.geocities.com/gratisebooks/rahasia_sukses_jepang.pdf 

Ebook “Panduan Lengkap Membuat Situs Web Gratis”
http://www.geocities.com/kasno01/plmsw.zip 

Ebook “Taktik Ampuh Pemasaran Lewat Email”
http://www.geocities.com/Setyawan_on7/1email.zip 

Ebook “Ramalan Masa Depan Anda”
http://www.geocities.com/kasno01/RamalanMasaDepanAnda.zip 

Ebook “Panduan Lengkap Menggunakan Internet Untuk Meraih Laba”
http://www.geocities.com/surgaweb/emoney.zip 

Ebook “Daftar Lengkap Situs Iklan Baris Gratis di Indonesia”
http://www.geocities.com/surgaweb/iklanbaris.zip 

Ebook “Tutorial Bisnis Online, Teknik Pemasaran Lewat Email”
http://www.geocities.com/Super_sheva_on7/emailmarketing.zip 

Ebook “10 Kesalahan Utama dalam Pemasaran Internet”
http://www.geocities.com/Setyawan_on7/10kesalahan.zip 

Ebook “Kiat-Kiat Sukses Internet Marketing”
http://www.geocities.com/Super_sheva_on7/kiatkiat.zip 

Ebooks “10 Cara Cepat dan Mudah Meningkatkan Laba dari SEGALA Web dalam Semalam”
http://www.geocities.com/super_sheva_on7/10rahasia.zip 

Ebook “Rahasia Sukses Promosi Di Internet”
http://www.geocities.com/gratisebooks/promosukses.zip 

Ebook “Panduan Terpercaya Mencari Income lewat Internet”
http://www.geocities.com/surgaweb/internetincome.zip 

Ebook “Daftar Milis Kencan Bisnis hingga Iklan yahoogroups”
http://www.geocities.com/kasno01/DaftarMilisMilisYahoogroups.zip 

Ebook “Rahasia Mencapai Puncak Sukses”
http://www.geocities.com/gratisebooks/rahasia_mencapai_puncak_sukses.zip 

Ebook “Rahasia Sukses Promosi Lewat Situs Iklan Baris”
http://www.geocities.com/indojagoweb/suksesiklanbaris.zip 

Ebook “Cara Cerdas dan Cepat Mengatasi Masalah Finansial”
http://www.geocities.com/indojagoweb/klubbisnis.zip 

Ebook “Kiat Menuju Puncak Sukses”
http://www.geocities.com/indojagoweb/puncaksukses.zip 

Ebook “Cara dan Taktik Ampuh Pemasaran Lewat Email”
http://www.geocities.com/wawanbiz/1email.zip 

Ebook “Cara Memasarkan Bisnis Anda Secara Online”
http://www.geocities.com/kasno01/pemasaranonline.zip 

Ebook “10 Penyakit Mental Manusia”
http://www.geocities.com/Setyawan_on7/10pmental.zip  

0 komentar:

Poskan Komentar