20 Metode Mengajar Agar Jadi Guru ‘Keren dan Beken’


Sukses menjadi guru tak semata-mata karena menenteng ijazah dari fakultas keguruan atau mendapat sertifikasi profesional. Guru keren di mata dan hati siswa juga beken dan dijadikan favorit karena metode mengajar asyik dan menarik. Mau tahu 20 metode mengajar yang telah dipraktekkan oleh Rasulullah SAW ?
Salah satu faktor penting kejayaan pendidikan Rasulullah SAW adalah karena beliau menjadikan dirinya sebagai model dan teladan bagi umatnya. Tentu, guru yang baik seharusnya menjadi teladan dan model bagi siswanya. Ucapan dan tindakan guru harus sejalan dan sejujurnya. Ingat ungkapan ini ‘jangan ada dusta diantara guru dan siswa’.
Nio Gwan Chung (Dr. M. Syafii Antonio, M.Ec) dalam bukunya Muhammad SAW The Super Leader Super Manager menuliskan 20 metode dan teknik pengajaran sebagai ‘holistic learning methods’, yaitu :
1. Learning conditioning (meminta diam untuk mengingatkan, menyeru secara langsung dan perintah untuk menyimak dan diam dengan cara tidak langsung);
2. Active interaction (interaksi pendengaran : teknik berbicara, tidak bertele-tele pada ucapan dan tidak terlalu bernada puitis, memperhatikan intonasi, diam sebentar ditengah-tengah penjelasan; interaksi pandangan : eye contact dalam mengajar, memanfaatkan ekspresi wajah, tersenyum);
3. Applied-learning (metode praktikum yang diterapkan oleh guru dan yang dilakukan oleh siswa);
4. Scanning and levelling (memahami siswa secara individu sesuai tingkat kecerdasannya);
5. Discussion and feed-back (metode yang logis dalam memberikan jawaban dan membuat contoh sederhana yang mudah dipahami);
6. Story telling (bercerita);
7. Analogy and case study (memberikan perumpamaan dan studi kasus nyata di sekitar kehidupan);
8. Teaching and Motivating (meningkatkan gairah belajar dan rasa keingintahuan yang tinggi);
9. Body language (membuat penyampaiannya bertambah terang, lebih pasti dan jelas; menarik perhatian pendengar dan membuat makna yang dimaksud melekat pada pikiran; mempersingkat waktu);
10. Picture and graph technology (penjelasan diperkuat dengan gambar atau tulisan);
11. Reasoning and argumentation (mengungkapkan alasan akan memperjelas sesuatu yang sulit dan berat agar dipahami oleh siswa);
12. Self reflection (memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab sendiri suatu pertanyaan agar siswa dapat mengoptimalkan kerja otak dan mengasah pikiran);
13. Affirmation and repetition (pengulangan kalimat dan ucapan nama);
14. Focus and point basis ( menggunakan teknik berdasarkan rumusan-rumusan besar atau poin akan membantu siswa dalam menyerap ilmu dan menjaganya dari lupa);
15. Question and answer metodh (teknik bertanya untuk menarik perhatian pendengar dan membuat pendengar siap terhadap apa yang akan disampaikan kepadanya);
16. Guessing with question (penting untuk memperkuat pemahaman dan memperbesar keingintahuan);
17. Encouraging student to ask (guru memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berani mengajukan pertanyaan : bertanya dapat menghapus kebodohan serta memperbaiki pemahaman dan pemikiran dan menjadi alat evaluasi guru atas cara penyampaian pelajarannya);
18. Wisdom in answering question (menyikapi orang-orang yang mengajukan pertanyaan sesuai dengan tingkat pengetahuannya; menyikapi si penyanya dengan sikap yang bermanfaat baginya);
19. Commenting on student question (memberikan komentar terhadap jawaban siswa);
20. Honesty (seorang guru harus menanamkan sikap mulia berani mengakui ketidaktahuan ke dalam diri siswanya. ucapan ‘aku tidak tahu adalah bagian dari ilmu’)

50 komentar:

yeni septitasari mengatakan...

salut banget ma blog ibu,smga stlh baca metode mengjar jd guru keren n beken akan jd msukan yang sngt bergna untkq.yang ingin saya tanyakan gmn caranya kta menjwb sbg guru jika kta tak tau jwbn siswa,apkh sya hrs jujur sprti metode ke 20 krn sya srg dngar kalau sbaiknya kita ngeles aja klau tak tau jwbn prtanyaan siswa spy g terlalu kliatan bodoh di dpn siswa,trs gmn caranya kita menjaga harga diri di dpn siswa pdhal kita tak tau jawbnya.mohon masukannya,mksh bu!!!!!!!!!!!!!!!

KURNIA TRIYULI mengatakan...

gampang...... kita jadikan itu PR saja buat siswa. Supaya guru juga punya kesempatan untuk mencari jawabannya.

musyafa cah mengatakan...

ya saya setuju dengan pendapat ibu,,ini adalah hal yang harus menjadi teladan yang baik sebagai seorang guru,harus menjadi orang yang paling terdepan dalam dunia pendidikan

musyafa cah mengatakan...

aku setuju bu,,,

musyafa cah mengatakan...

aku setuju banget

zunaifah mengatakan...

semua metode tersebut sangat bagus bu, akan saya jadikan bekal saat mengajar kelak..
tapi saya sedikit ingin menayakan tentang metode ke 4, tentang memahami siswa secara individu sesuai tingkat kecerdasannya,
misalnya ada permasakahan kalau siswa tersebuat saat ulangan sering menyontek, trus saat dibberi tugas sering minta bantuan orang tua sehingga nilainya bagus2.
bagaimana cara mengatasi siswa seperti ini?

KURNIA TRIYULI mengatakan...

itulah pentingnya penilaian proses, Anda dapat mengukur kemampuan siswa lebih obyektif jika siswa menyelesaikan tugas selama di sekolah dan hasilnya memang benar-benar buatan siswa itu sendiri. Tugas-tugas itu dijadikan sebagai penilaian portofolio. hasil pekerjaannya dipajang di dinding kelas dan dikomentari oleh teman-temannya.

Leni suvianti mengatakan...

Kalau cara mengontrol emosi anak di saat proses KBM tu gmn ya bu?....

gianti fitri mengatakan...

saya sangat setuju dengan cara metode diatas...

karena dengan berbagai metode diatas kita bisa menberikan pembelajaran dengan banyak cara...dan tidak hanya dengan satu metode yang akan membuat bosan peserta didik.

tetapi dari metode diatas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran lebih aktif. :))

Nurul Yanti mengatakan...

metode2 mengajar jd guru keren dan beken dalam blog ibu sangatlah bermanfaat bagi saya setelah membaca metode ini akan jadi masukkan yang sangat berguna,saya akan jadikan bekal saat mengajar kelak tapi saya ongin menanyakan tentang metode no8 tentang Teaching and motivating (meningkatkan gairah belajar dan rasa keingintahuan yang tinggi, misalkan jika ada salah satu siswa saat belajarnamun siswa tersebut kurang bersemangat ketika guru menjelaskan pelajaran,tentu sebagai guru siswa tersebut tidak akan dibiarkan,tentu sebagai guru pasti akan menanyakan kepada siswa tersebut tentang kurangnya dia bersemangat. tapi kegiatan apa yang dilakukan guru untuk membangkitkan motivasi belajar siswa tersebut?

Nurul Yanti mengatakan...

Metode2 mengajar jadi guru keren dan beken dalam blog ibu sangatlah bermanfaat bagi saya setelah membaca metode ini akan jadi masukan yang sangat berguna,saya akan jadikan bekal saat mengajar kelak tapi saya ingin menanyakan tentang metode no 8 tentang Teaching and Motivating(meningkatkan gairah belajar dan rasa keingintahuaan yang tinggi).misalkan jika ada salah satu siswa saat belajar namun siswa tersebut kurang bersemangat ketika guru sedang menjelaskan pelajaran, tentu sebagai guru siswa tersebut tidak akan dibiarkan,tentu sebagai guru pasti akan menanyakan pada siswa tersebut tentang kurangnya dia bersemangat.tapi kegiatan apa yang dilakukan guru intuk membangkitkan motivasi belajar siswa tersebut?

ivo nila mengatakan...

Yaps, saya sangat setuju dengan blog ibu. Karena setelah membacanya saya jadi lebih mengerti dan bisa mengambil ilmu untuk saya terapkan ketika nanti saya sudah terjun menjadi seorang guru maupun sekarang dalam kehidupan sehari-hari.

agik gunarto mengatakan...

saya setuju dengan metode di atas

Risa Rizkyana mengatakan...

Terimakasih banyak bu atas informasi tentang metode-metode belajar yang nantinya bisa saya jadikan pedoman dalam mengajar senoga nantinya dapat saya terapkan dalam mengajar dan saya menjadi guru yang keren dan beken sehingga saya tidak menjadi guru yang membosankan_
:)

KREATIFITAS mengatakan...

saya setuju dengan pemaran ibu di atas.Metode gaya guru mememang sangat penting untuk mendukung proses KBM.

agik gunarto mengatakan...

trimakasih buk atas metode-metode belajar nya, karna dengan metoda ini sangat penting dalam pemblajaran siwa-siswi,dan menjadi pedoman mengajar setelah saya terjun ke sekolah dasar dan menjadi guru yang aktif,dengan metode ini siswa .menjadi aktif

Sogih arti mengatakan...

bener apa kata ibu,saya setuju.


o,, ea bu saya mau tanya no 20 karena saya masih belum jelas.

Zulinda Leonita mengatakan...

setuju bgt bu,,q salut sma ibu makasih atas informasi tentang metode2 yg ibu berikan,.

saya mau tnya bu,yg no.7 itu gimana saya msih kurang jelas.??

Zulinda Leonita mengatakan...

setuju bgt bu,,q salut sma ibu makasih atas informasi tentang metode2 yg ibu berikan,.

saya mau tnya bu,yg no.7 itu gimana saya msih kurang jelas.??

abdul rochman khafid mengatakan...

makasih bu, atas metode mengajar yang telah ibu berikan...

saya mau tanya tentang metode no.3, karena saya belum begitu paham...

fefi wulandari mengatakan...

saya setuju dengan metode-metode yang diungkapakan di atas.
dalam perkembangan teknologi yang semakin meningkat. mutu pendidikan juga harus ditingkatkan, karena dengan perkembangan teknologi metode pembelajaran juga menjadi lebih mudah, selain itu peserta didik juga harus aktif dalam kegiatan pembelajaran agar dapat memahami materi yang diberikan oleh gurunya.

ririn dwizusniawati mengatakan...

bu bagaima cara guru dalam menyampaikan materi ajar agar dapat dimengerti oleh siswa

alisyah rizki mengatakan...

trims bu, atas metode beljarnya dengan begitu saya bisa menjadikan pelajaran dan pedoman.kelak saya bisa menjai pendidik yang aktif, kreatif, keren dan tidak membsankan

niken ayu mengatakan...

saya sangat setuju dengan metode ibu yang sangat bervriasi sehingga peserta didik tidak jenuh dan nantinya saya dapat menentukan metode yang tepat dalam KBM dikelas. Terimakasih banyak ya bu

nur ma'idah mengatakan...

saya setuju dengan metode pembelajaran di atas karena pembelajaran membutuhkan metode yang banyak supaya pembelajaran dapat berjalan efektif dan peserta didik dapat menyerap pelajaran dengan baik

ayuk rahayu mengatakan...

saya suka
dengan metode yang ibu berikan......makasih

siti aisyah rovi'ati mengatakan...

terima kasih bu' atas informasi dari metode yang ibu' berikan

Diane Ronawatie mengatakan...

sippppppppp bangtzzzzzz buuuuuuuu.........................saya setuju dg metode metode belajar yang diberikan ibu, akan sy pergunakan sewaktu sy mengajar kelak...

Sri Rahayu mengatakan...

terimakasih atas metode pengajaran yang telah ibu berikan. itu sangat membantu saya untuk belajar.

Sri Rahayu mengatakan...

metode-metode yang ibu berikan ini sangat penting bagi pbm. makasih ya bu atas metode yang ibu berikan.

ari yudi siswanto mengatakan...

Seharusnya guru sekarang harus memperhatikan 20 metode pembelajaran tersebut supaya bangsa ini bisa lebih kreatif..

musyafa cah mengatakan...

makasih bu

KREATIFITAS mengatakan...

terimakasih bu... atas metode pembelajaran yang ibu berikan kepada kami, itu bsa menjadi inpirasi bagi kami untuk menjadi seorang yang baik... dan semoga semua yang ibu berikan kepada kami bisa bermanfaat..
sekali lagi terima kasih bu...

hapsi totelez mengatakan...

metodenya sangat membantu bagi kami calon guru....makasih bu

uswatun najibah mengatakan...

siiiiippp bangetz bu,,,,
saya suka dengan metode yang ibu tulis
akan saya jadikan pegangan buat saya mengajar kelak bu

dian listiana mengatakan...

pasti bermanfaat buat yang baca. hehe

nama : Dian listiana
prodi : PGSD
kelas : A
KPP : SMA PGRI 1 TUBAN,,,,,

chandanii chiitra mengatakan...

saya sangat setuju
karena ,menurut saya setiap guru beken itu bisa menjadi kan semangat bagi siswa siswi dan belajar dengan lebih baek ...


terima kasih ibu kurnia....

by: candani citra dewi
kls B

fera nofiana mengatakan...

mksih bgt bu atas informasi yg ibu berikan tentang metode-metode mengajar,.

lafif fattaqin mengatakan...

saya pernah melihat guru saya marah ketika salah satu dari teman saya mengatakan tidak tahu!!
alasanya jawaban tidak tahu menunjukkan kalau kita tidak mau berusaha.. Beliau ingin kami menjawab paling tidak "belum tahu" karena belum tahu masih ada keinginan untuk menjadi tahu tapi kalau tidak tahu ya jalan ditempat tidak ingin menjadi tahu!!

sharing ajja.. bagaimana bu?

lafif fattaqin mengatakan...

LAFIF FATTAQIN
A(PGSD)
KPP SMA PGRI 1 TUBAN

rhea ciceweximuet mengatakan...

saya sangat setuju dengan guru beken karena bisa memotivasi saya untuk belajar lebih semangat ...

makasih ...

by : fitria zumrotul husna
kelas : B

kurnia dwi mengatakan...

saya setuju karena dengan adanya metode'' tersebut dapat membuat saya termotivasi

semangat semanga....

by kurnia dwi prihatini
klz D

Dwi Risna mengatakan...

metodenya boleh juga......
dapat memotivasi guru-guru yang menjenuhkan dalam proses pembelajarannya
by:dwi risna tawangsari
kelas:d

sriee munawaroh mengatakan...

saya setuju dengan metode yang ibu berikan, terima kasih....
saya akan berusaha untuk menjadi guru yang menyenangkan. tidak membosankan, seperti yang tertera dalam definisi diatas...

mokh gufron risik mengatakan...

saya sangat setuju dengan metode yang ibu berikan,
itu sangat membantu saya dalam mengajar nanti.
terima kasih banyak bu.

mokh gufron risik mengatakan...

terima kasih bu atas metode yang ibu beikan, ini akan sangat berguna kelak nanti kalau sudah mengajar.

soffry rozi mengatakan...

saya setuju dengan metode-metode yang ibu berikan,itu menjadi bekal saya nantinya untuk menjadi guru yang keren dan beken...

Didin Supriati mengatakan...

metode-metode yang tersebut sangat bermanfaat bu buat saya nanti setelah menjadi seorang guru..

Dian ZR mengatakan...

wah.. jadi guru memang perlu jurus yang ampuh untuk menaklukan hati muridnya.. hehehe
terimakasih infonya bu :)

regazza putri mengatakan...

saya setuju dengan metode-metode di atas,karena menurut saya itu merupakan metode yang tidakhanya bertumpu pada guru semata,melainkan siswa juga di tuntut untuk dapat berusaha bisa dalam proses pembelajaran...
salut jika memang metode di atas benar-benar dapat di terapkan dalam dunia pendidikan saat ini.
saya nurul azmi candra dewi/B/37,dari unirow kpp kenduruan

Poskan Komentar