BATUAN DAN MINERAL

Sebelumnya kita perlu mengetahui alasan utama mengapa batuan di alam ini perlu dibagi menjadi beberapa bagian, yakni dikarenakan adanya perbedaan komposisi mineral dan kimiawi penyusunnya, texture dan proses yang mengakibatkan terbentuknya batuan tersebut.
Berdasarkan alasan tersebut maka secara garis besar batuan di alam ini dibagi menjadi 3 bagian, yakni :
  1. Batuan Sediment.
  2. Batuan Metamorf.
  3. Batuan Beku.
Di sini secara ringkas penulis akan mencoba menguraikan pengertian dari ke-3 jenis batuan di atas.
Adalah batuan yang erat sekali proses pembentukannya dengan proses pengendapan material sediment klastik dannon klastik yang terdiri dari material organic dan akibat proses kimiawi (evaporasi), yang diikuti oleh kompaksi dari partikel material sediment tersebut serta sementasi yang berlangsung pada bersamaan dengan terjadinya proses diagenesa. dan material sediment
Batuan Sediment terbentuk dekat dengan permukaan bumi.
Adalah merupakan batuan ubahan atau malihan, yakni batuan yang mengalami perubahan menjadi batuan metamorfakibat mengalami perubahan tekanan dan temperature yang tinggi. ( temperature dan tekanan yang terjadi lebih tinggi dari temperature dan pressure di permukaan bumi). Perubahan temperature dan tekanan yang tinggi inilah yang menyebabkan terubahnya mineral-mineral asli penyusun batuan menjadi mineral-mineral yang lain.
Adalah batuan yang terbentuk akibat proses pendinginan dari magma, yang terjadi melalui dua macam cara yakni yang pertama melalu cara plutonik yaitu sebagai akibat proses menerobosnya magma ( intrusi magmatik) naik ke atas menuju permukaan bumi melalui rekahan-rekahan dan batuan terbentuk secara mengkristal dengan perlahan seiring dengan menurunnya temperatur dari magma, dan yang kedua melalui cara vulkanik yaitu melalui letusan gunung api dimana magma mencapai permukaan sebagai lava atau melalui fragment-fragment yang dimuntahkan gunung api.

Batuan Dan Mineral

Batuan adalah sekumpulan mineral-mineral yang menjadi satu. Bisa terdiri dari satu atau lebih mineral. Lapisan lithosphere di bumi terdiri dari batuan. Sedangkan mineral adalah substansi yang terbentuk karena kristalisasi dari proses geologi, yang memiliki komposisi fisik dan kimia.

Batuan diklasifikasikan berdasarkan mineral dan komposisi kimia, dengan tekstur partikelnya dan dengan proses terbentuknya. Maka batuan diklasifikasikan menjadi Igneous, Sedimentary dan Metamorphic. Ketiga jenis batuan ini pada proses pembentukannya saling melengkapi dan berupa siklus. Lihat gambar siklus pembentukan batuan.

1. Igneous Rock (Batuan Beku), terbentuk oleh pembekuan magma dan dibagi menjadi batuan plutonic dan batuan volcanic. Plutonik atau intrusive terbentuk ketika magma mendingin dan terkristalisasi perlahan didalam crust (contohnya granite). Sedangkan volcanic atau extrusive membeku dan terbentuk pada saat magma keluar kepermukaan sebagai lava atau fragment bekuan (contohnya batu apung dan basalt).Rock Cycle

2. Sedimentary Rock (Batuan Sedimen), terbentuk karena endapan dari hasil erosi material-material batuan, organic, kimia dan terkompaksi serta tersementasi. Batuan ini terbentuk di permukaan bumi yang terdiri dari; 65% Mudrock (mudstone, shale dan siltstone); 20%-25% Sandstone dan 10%-15% Carbonate Rock (limestone dan dolostone).



3. Metamorphic Rock (Batuan Metamorf), terbentuk hasil ubahan/alterasi dari mineral dan batuan lain karena pengaruh tekanan dan temperatur. Tekanan dan temperatur yang mempengaruhi pembentukan batuan ini sangat tinggi dari pada pembentukan batuan beku dan sedimen sehingga mengubah mineral asal menjadi mineral lain.

Sedangkan Mineral diklasifikasikan berdasarkan sifat fisik dan komposisi kimia. Sifat fisik mineral antara lain berdasarkan:

1. Struktur kristal, diamati melalui mikroskop.

2. Kekerasan (Hardness), diukur berdasarkan Mohs scale (1-10) ;

1. Talc Mg3Si4O10(OH)2
2. Gypsum CaSO4·2H2O
3. Calcite CaCO3
4. Fluorite CaF2
5. Apatite Ca5(PO4)3(OH,Cl,F)
6. Orthoclase KAlSi3O8
7. Quartz SiO2
8. Topaz Al2SiO4(OH,F)2
9. Corundum Al2O3
10. Diamond C (pure carbon)

3. Kilap (Luster), diukur dari interaksi terhadap cahaya.

4. Warna (Colour), tampak oleh mata.

5. Streak

6. Cleavage

7. Fracture

8. Specific gravity

9. Lain-lain (Fluorescence, Magnetism, Radioaktivity, dll).

Mineral diklasifikasikan berdasarkan komposisi kima dengan grup anion. Berikut klasifikasinya menurut Dana :
1. Silicate Class, merupakan grup terbesar. silicates (sebagian besar batuan adalah >95% silicates), yang terdiri dari silicon dan oxygen, dan dengan ion tambahan seperti aluminium, magnesium, iron, dan calcium. Contoh lain seperti feldspars, quartz, olivines, pyroxenes, amphiboles, garnets, dan micas.

2. Carbonate Class, merupakan mineral yang terdiri dari anion (CO3)2- dan termasuk calcite dan aragonite (keduanya merupakan calcium carbonate), dolomite (magnesium/calcium carbonate) dan siderite (iron carbonate). Carbonate terbentuk pada lingkungan laut oleh endapan bangkai plankton. Carbonate juga terbentuk pada daerah evaporitic dan pada daerah karst yang membentuk gua/caves, stalactites dan stalagmites.Carbonate class juga termasuk mineral-mineral nitrate dan borate.

3. Sulfate Class, Sulfates terdiri dari anion sulfate, SO42-. Biasanya terbentuk di daerah evaporitic yang tinggi kadar airnya perlahan-lahan menguap sehingga formasi sulfate dan halides berinteraksi. Contoh sulfate; anhydrite (calcium sulfate), celestine (strontium sulfate), barite (barium sulfate), dan gypsum (hydrated calcium sulfate). Juga termasuk chromate, molybdate, selenate, sulfite, tellurate, dan mineral tungstate.

4. Halide Class, halides adalah grup mineral yang membentuk garam alami (salts) dan termasuk fluorite (calcium fluoride), halite (sodium chloride), sylvite (potassium chloride), dan sal ammoniac (ammonium chloride). Halides, seperti halnya sulfates, ditemukan juga di daerah evaporitic settings seperti playa lakes dan landlocked seas seperti Dead Sea dan Great Salt Lake. The halide class termasuk juga fluoride, chloride, dan mineral-mineral iodide.

5. Oxide Class, Oxides sangatlah penting dalam dunia pertambangan karena bijih (ores) terbentuk dari mineral-mineral dari kelas oxide. Kelas mineral ini juga mempengaruhi perubahan Kutub Magnetic Bumi. Biasanya terbentuk dekat dengan permukaan bumi, teroksidasi dari hasil pelapukan mineral lain dan sebagai mineral asesori pada batuan beku crust dan mantle. Contoh mineral Oxides; hematite (iron oxide), magnetite (iron oxide), chromite (iron chromium oxide), spinel (magnesium aluminium oxide – mineral pembentuk mantle), ilmenite (iron titanium oxide), rutile (titanium dioxide), dan ice (hydrogen oxide). Juga termasuk mineral-mineral hydroxide.

6. Sulfide Class, hampir serupa dengan Kelas Oxide, pembentuk bijih (ores). Contohnya termasuk pyrite (terkenal dengan sebutan emas palsu ‘fools’ gold), chalcopyrite (copper iron sulfide), pentlandite (nickel iron sulfide), dan galena (lead sulfide). Termasuk juga selenides, tellurides, arsenides, antimonides, bismuthinides, dan sulfosalts.

7. Phosphate Class, termasuk mineral dengan tetrahedral unit AO4­­, A dapat berupa phosphorus, antimony, arsenic atau vanadium. Phospate yang umum adalah apatite yang merupakan mineral biologis yang ditemukan dalam gigi dan tulang hewan. Termasuk juga mineral arsenate, vanadate, dan mineral-mineral antimonate.

8. Element Class, terdiri dari metal dan element intermetalic (emas, perak dan tembaga), semi-metal dan non-metal (antimony, bismuth, graphite, sulfur). Grup ini juga termasuk natural alloys, seperti electrum, phosphides, silicides, nitrides dan carbides.

9. Organic Class, terdiri dari substansi biogenic; oxalates, mellitates, citrates, cyanates, acetates, formates, hydrocarbons and other miscellaneous species. Contoh lain juga; whewellite, moolooite, mellite, fichtelite, carpathite, evenkite and abelsonite



DAFTAR KOLEKSI EBOOKS GRATIS YANG BISA DIDOWNLOAD SECARA GRATIS TANPA PERLU ANDA MEMBAYAR SERUPIAHPUN 
"Mengapa Saya dengan mudah mendapatkan Wanita yang Saya inginkan"
http://priaidaman.110mb.com/MENJADI-PRIA-IDAMAN.CHM

PAKET EBOOK SUPER, KOLEKSI TERLENGKAP RIBUAN EBOOK
http://surgaweb.110mb.com/ebook/PAKET-EBOOK-SUPER.CHM

"E-BOOK PILIHAN, TELAH MENGUBAH BANYAK ORANG MENJADI KAYA"
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/PAKET-EBOOK-PILIHAN.CHM

PAKET EBOOK KOMPLIT, PANDUAN KUMPULAN BISNIS KOMPLIT
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/PAKET-EBOOK-KOMPLIT.CHM

RAHASIA BANJIR UANG DARI INTERNET KE REKENING ANDA
http://surgaweb.110mb.com/ebook/FORBIS.CHM

Panduan Menjadi Teknisi Komputer & PENGUSAHA Tinta Refill
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/PAKET-TEKNISI-KOMPUTER.CHM

Cara Mudah Mengelola Keuangan dan Melipatgandakan Kekayaan
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/KEBERKAHAN-FINANSIAL.CHM

Rahasia KUAT SEX & SOLUSI DISFUNGSI SEKSUAL KHUSUS PRIA
http://ebookdewasa.110mb.com/ebook-rahasia-kuat-sex-suami-idaman.zip

Resep RAHASIA dibalik KESUKSESAN KAUM KAYA
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/RESEP-RAHASIA-KAUM-KAYA.CHM

Rahasia menjadi Pria Idaman yang di gilai Setiap Wanita
http://priaidaman.110mb.com/MENJADI-PRIA-IDAMAN.CHM

Mesin Uang dengan fasilitas iklan baris lengkap
dan full gotong royong sesama member & randomizer sistem mutakhir
http://www.gamautama.com/presentasi?id=xtraincome

Cara Menjadi BOS & miliki Kerajaan Bisnis Online Sendiri !!
http://indojutawan.com/pdf/?id=wawanbiz

69 fakta seks yang harus anda ketahui
http://www.geocities.com/jsetiawan_id/69-fakta-seks.pdf 

Rahasia tidur alami yang berkualitas
http://www.geocities.com/jackgirlslover/Rahasia-tidur.pdf 

Resep Ampuh Jadi Pribadi Tangguh
http://ebookdewasa.110mb.com/Resep_Ampuh_Jadi_Pribadi_Tangguh.pdf

FORMULA RAHASIA BERFIKIR POSITIF
http://www.geocities.com/jackgirlslover/BERFIKIR-POSITIF.pdf 

20 Petunjuk Memilih Istri
http://ebookdewasa.110mb.com/20-Petunjuk-Memilih-Istri.pdf

Seni Mendengarkan dan Didengarkan
http://www.geocities.com/jackgirlslover/Seni-Mendengarkan.pdf 

Mitos-Mitos Salah Seputar Seks
http://www.geocities.com/jackgirlslover/Mitos-Seks.pdf 

RAHASIA COWOK TENTANG CINTA
http://www.geocities.com/jackgirlslover/Rahasia-Cowok-Tentang-Cinta.pdf 

Aneka Pengetahuan Dalam Kegiatan Seks
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/Aneka-Pengetahuan-Seks.pdf

Koleksi Ribuan Humor Segar Indonesia
http://www.geocities.com/gratisebooks/Pojok-Humor-Indonesia.pdf 

Rahasia Senyum Muhammad
http://www.geocities.com/jackgirlslover/Rahasia-Senyum-Muhammad.pdf 

10 Cara Nyenengin Hati Cewek
http://ebookpilihan.110mb.com/ebook/10-Cara-nyenengin-hati-cewek.pdf

Ebook "Kumpulan Tips Dunia Kerja"
http://ebookdewasa.110mb.com/KUMPULAN_TIPS_DUNIA_KERJA.PDF

RUMAH IDAMAN SYURGA IMPIAN
http://www.geocities.com/jefry_wawan/keluarga-bahagia.pdf

SESUATU YANG HARUS KITA RENUNGKAN
http://www.geocities.com/jefry_wawan/rahasia-sukses-itu-adalah-proses.pdf 


Benarkah peradaban kuno Atlantis dulunya ada di Indonesia ?
http://jurnal-humaniora.ugm.ac.id/download/270920061316-resensi1.pdf 
http://www.anandkrishna.org/english/archive/newsletter04.pdf 
http://wawan-ebook.110mb.com/ebookgratis/atlantis.zip 

Ebook "Kesalahan-kesalahan Cewek waktu pacaran"
http://wawan-ebook.110mb.com/ebookgratis/kesalahan2-cewek-waktu-pacaran.pdf 

Ebook "30 Rahasia Wanita"
http://wawan-ebook.110mb.com/ebookgratis/30rahasiawanita.pdf 

Trik Memperoleh rangking satu di Search Engine
http://www.geocities.com/gratisebooks/1searchengine.zip 

Daftar Ribuan Milis Yahoogroups Indonesia
http://www.geocities.com/gratisebooks/milisyahoogroups.zip 

10 Cara Cepat dan Mudah Untuk Meningkatkan Laba dari SEGALA Website Dalam Semalam Baru
http://www.geocities.com/gratisebooks/10_rahasia.pdf 

Kiat-Kiat Anti Miskin
http://www.geocities.com/gratisebooks/kiat2_anti_miskin.pdf 

Kumpulan Konsultasi Seks Dr Boyke
http://www.geocities.com/gratisebooks/kumpulan_konsultasi_seks_dr_boyke.pdf 

Kursus Bisnis Online Baru
http://www.geocities.com/gratisebooks/kursus_bisnis_online.pdf 

Langkah-langkah Strategis Bisnis Affiliasi Baru
http://www.geocities.com/gratisebooks/langkah2_strategis_bisnis_affiliasi.pdf 

Rumus Sukses Bisnis di Internet Baru
http://www.geocities.com/gratisebooks/rumus_sukses_bisnis_internet.pdf 

Tips Menjadi Karyawan Sukses Baru
http://www.geocities.com/gratisebooks/tips_menjadi_karyawan_sukses.pdf 

Rahasia Sukses Jepang
http://www.geocities.com/gratisebooks/rahasia_sukses_jepang.pdf 

Ebook “Panduan Lengkap Membuat Situs Web Gratis”
http://www.geocities.com/kasno01/plmsw.zip 

Ebook “Taktik Ampuh Pemasaran Lewat Email”
http://www.geocities.com/Setyawan_on7/1email.zip 

Ebook “Ramalan Masa Depan Anda”
http://www.geocities.com/kasno01/RamalanMasaDepanAnda.zip 

Ebook “Panduan Lengkap Menggunakan Internet Untuk Meraih Laba”
http://www.geocities.com/surgaweb/emoney.zip 

Ebook “Daftar Lengkap Situs Iklan Baris Gratis di Indonesia”
http://www.geocities.com/surgaweb/iklanbaris.zip 

Ebook “Tutorial Bisnis Online, Teknik Pemasaran Lewat Email”
http://www.geocities.com/Super_sheva_on7/emailmarketing.zip 

Ebook “10 Kesalahan Utama dalam Pemasaran Internet”
http://www.geocities.com/Setyawan_on7/10kesalahan.zip 

Ebook “Kiat-Kiat Sukses Internet Marketing”
http://www.geocities.com/Super_sheva_on7/kiatkiat.zip 

Ebooks “10 Cara Cepat dan Mudah Meningkatkan Laba dari SEGALA Web dalam Semalam”
http://www.geocities.com/super_sheva_on7/10rahasia.zip 

Ebook “Rahasia Sukses Promosi Di Internet”
http://www.geocities.com/gratisebooks/promosukses.zip 

Ebook “Panduan Terpercaya Mencari Income lewat Internet”
http://www.geocities.com/surgaweb/internetincome.zip 

Ebook “Daftar Milis Kencan Bisnis hingga Iklan yahoogroups”
http://www.geocities.com/kasno01/DaftarMilisMilisYahoogroups.zip 

Ebook “Rahasia Mencapai Puncak Sukses”
http://www.geocities.com/gratisebooks/rahasia_mencapai_puncak_sukses.zip 

Ebook “Rahasia Sukses Promosi Lewat Situs Iklan Baris”
http://www.geocities.com/indojagoweb/suksesiklanbaris.zip 

Ebook “Cara Cerdas dan Cepat Mengatasi Masalah Finansial”
http://www.geocities.com/indojagoweb/klubbisnis.zip 

Ebook “Kiat Menuju Puncak Sukses”
http://www.geocities.com/indojagoweb/puncaksukses.zip 

Ebook “Cara dan Taktik Ampuh Pemasaran Lewat Email”
http://www.geocities.com/wawanbiz/1email.zip 

Ebook “Cara Memasarkan Bisnis Anda Secara Online”
http://www.geocities.com/kasno01/pemasaranonline.zip 

Ebook “10 Penyakit Mental Manusia”
http://www.geocities.com/Setyawan_on7/10pmental.zip  

0 komentar:

Posting Komentar