5 Kriteria Guru Ideal

Dari beberapa pendapat pakar dalam buku “Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif”, ada beberapa kriteria yang seharusnya dimiliki oleh guru agar ideal. Berikut kriteria-kriteria tersebut :
  1. Orang yang mempunyai kompetensi tinggi dengan banyak membaca, menulis dan meneliti. Ia adalah figur yang senang dengan pengembangan diri terus menerus, tidak merasa cukup dengan apa yang sudah dimiliki.
  2. Mempunyai moral yang baik, bisa menjadi teladan, dan memberi contoh perbuatan, tidak sekedar menyuruh dan berorasi.
  3. Mempunyai skills yang memadai untuk berkompetisi dengan elemen bangsa lain dan sebagai sumber inspirasi dan motivasi kepada anak didik.
  4. Mempunyai kreatifitas dan inovasi tinggi dalam mengajar sehingga menarik dan memuaskan anak didik.
  5. Mempunyai tanggung jawab sosial dengan ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan problem-problem sosial kemasyarakatan.
Saat ini, guru di Indonesia yang memiliki lima kriteria ideal di atas masih sangat sedikit. Kebanyakan guru-guru bangsa ini masih mengandalkan gelar kesarjanaan tanpa mengevaluasi kemampuan dan tanggung jawab besar yang sebenarnya ia emban. Sebagai figur pengubah sejarah, dituntut mempunyai kemampuan terbaik untuk dipersembahkan kepada murid-muridnya.
Paradigma profesi, mungkin memiliki pengaruh paling besar akan terjadinya hal tersebut. Mengajar hanya dianggap sebagai mata pencaharian untuk memenuhi nafkah/kebutuhan hidup saja. Akan tetapi, rendahnya gaji guru saat ini tidak dapat kita pungkiri jika banyak guru yang hidup dalam taraf  “gali lobang tutup lobang”. Namun, hal tersebut tidak pantas jika dijadikan alasan untuk malas belajar dan membaca agar kemampuan tetap terpelihara.

7 Response to "5 Kriteria Guru Ideal"

  1. kisma&kk says:
    20 Mei 2012 20.46

    hal itu sangat sulit untuk dilakukan,mengapa ya?karena banyak faktor,guru zaman sekarang banyak yang tidak mengerti hal yang dibutuhkan siswa,malah mengajar hanya digunakan sebagai sarana memperoleh gaji

  2. niezza al_utfya mufidha says:
    23 Mei 2012 09.39

    hal itu memeng benar tapi andaikan guru di indonesia tidak mementingkan dirinya sendiri, pasti pendidikan di indonesia kwalitasnya akan semakin bertambah.

  3. Setiana says:
    24 Mei 2012 10.13

    siiippppp....
    itulah kriteria guru yang dibutuhkan saat ini...
    TETAPI.................
    karena tuntutan jaman..........
    YA BOLEH LAHHHHHHHH.........
    hehehehehehehehehehehehe

  4. smile says:
    10 Juni 2012 12.23

    setuju.... setuju...
    tapi,pada jaman saat ini sulit banget nemuin guru yang ideal saat ini,bu ...!

  5. ira dewi says:
    10 Juni 2012 19.10

    memang guru harus mempunyai kreteria tersebut ,namun kebanyak kan guru pada zaman sekarang tidak mempunyai kreteria tersebut meskipun mempunyai kreteria tapi kriterianya tidak sempurna atau hanya setengah-setengah. Dan sekarang banyak guru yang menyalah gunakan tugasnya pendidik , guru di tuntut bisa memberikan ilmu kepada siswa dan juga mendidik siswa namun pada saat ini guru hanya memberikan ilmunya saja,oleh karena itu menjadi guru yang ideal sangat lah susah.

  6. myrna asoy says:
    19 Juni 2012 17.08

    hal yang paling sulit dicapai adalah menjadikan guru lebih berpartisipasi dalam kehidupan anak didiknya diluar lingkungan sekolah.karena apa? guru sekarang hanya mementingkan gaji bukan kualitas siswa,,,,,,setuju g,,,?
    gimana cara menanganinya z....

    kriteria guru diatas sangat sangat sedikit dikehidupan kita saat ini jdi guru harus benar benar paham gmn ank didikx itu dlm proses pembelajaran.oleh karena itu menjadi guru yang ideal sangatlah sulit,,,,,

  7. melly kiesha says:
    23 Juni 2012 17.04

    ingin rasanya menjadi seorang guru yang demikian, yang sesuai dengan keinginan siswa.
    bagaimana sih caranya agar bisa menjadi guru yang seperti itu????

Poskan Komentar