GLOBALISASI - Perkembangan Globalisasi

A. Pendahuluan 1. Perkembangan Globalisasi Berikut pandangan-pandangan mengenai globalisasi: - globalisasi sebagai suatu proses social, proses sejrah, atau proses alamiah yang akan membawa seluuh bangsa dan Negara di dunia semakin terikat satu sama lain. - Proses globalisasi akan membuat dunia menjadi seragam Ciri-ciri semakin berkembangnya globalisasi - Adanya sikap saling ketergantungan antara satu negara dengan Negara lain terutama dibidang ekonomi - Meningkatnya masalah bersama misalkan pada bidang lingkungan hidup. - Berkembangnya barang-barang elektronik dan komunikasi (TV, HP Radio Satelit, Internet) - Peningkatan interaksi cultural (kebudayaan) melalui perkembangan media massa (terutama TV, berita, film, musik, dan olahraga internasional) 2. Pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar • Pengaruh Positif - Kemajuan dibidang komunikasi dan transportasi - Meningkatnya perekonomian masyarakat dalam suatu Negara - Meluasnya pasar untuk produk dalam negeri - Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik. • Pengaruh Negatif - Gaya hidup bebas, narkoba dan kekerasan menjadi mudah masuk dalam kehidupan masyarakat Indonesia. - Masyarakat cenderung mementingkan diri sendiri (individualistis) - Masyarakat menjadi konsumtif karena banyaknya barang yang dijual. 3. Contoh Pengaruh globalisasi i) Gaya hidup Gaya hidup tradisional semakin berkurang di zaman globalisasi ini dan bahkan cenderung ditinggalkan. Masyararakat relative lebih memilih menerapkan gaya hidup modern daripada gayahidup tradisional. ii) Makanan Dengan adanya globalisasi, masyarakat cenderung beralih mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food) yang pada dasarnya berasal dari luar. iii) Pakaian Pada dasarnya pakaian merupakan bahan yang kita gunakan untuk menutup aurat dan melindungi badan serta menjaga kesopanan. Pada era globalisasi ini pakaian cenderung sebagai trend.

6 komentar:

hida mengatakan...

Nama :Hidayatur rohmah
pokjar :palang

Setelah membaca artikel diatas saya sependapat dengan pengaruh globalisasi yang sangat merugikan masyarakat seperti gaya hidup berpakaian yang tidak mengutamakan aurat hanya mengikuti trend dan menirukan gaya berpakaian sosok yang diidolakan misalnya gaya berpakaian artis yang ke barat-baratan dan gaya hidup makan,masyarakat banyak menyukai makanan yang siap saji tanpa memikirkan resiko yang terkandung dalam bahan pengawet tersebut yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.Menurut saya sebaiknya masyarakat harus bijaksana dalam mengambil sikap supaya tidak terpengaruh dengan globalisasi

chacha chibi lastfriends mengatakan...

Name:moch.fajri
pokjar:plumpang
menurut saya, globalisasi mempunyai dampak positif dan negatif bagi masyarakat,dengan kemajuan iptek maupun dari segi yang laen.globalisasi memberikan bnyak perubahan yang bisa memberikan kemudahan buwat kita,namun di sisi lain globalisasi juga memberikan pengaruh negatif,yang dapat kita lihat adalah semakin tergesernya budaya tradisional akibat perkembangan zaman. mungkin salah satu yang bisa kita lakukan untuk menyeimbangkan semua ini adalah dengan menanamkan ilmu ilmu yang nantinya bisa mengimbangi masalah ini, yaitu pada tunas bangsa...... good?

wahyuni mengatakan...

ternyata lebih banyak dampak negatifnya dari pada positifnya..dampak negatifnya sama-sama merugikan SDA dan SDMnya......terima kasih!!!!

wahyuni mengatakan...

ternyata dampak negatif dari globalisasi lebih bnyak dari pada dampak positifnya.....dampak negatifnya sangat berpengaruh terhadap SDA dan SDM....terima kasih

yustina winarti mengatakan...

Menurut saya,
Dampak positif globalisasi antara lain:

* Mudah memperoleh informasi dan ilmu
pengetahuan
* Mudah melakukan komunikasi
* Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi)
* Menumbuhkan sikap kosmopolitan dan toleran
* Memacu untuk meningkatkan kualitas diri
* Mudah memenuhi kebutuhan

Dampak negatif globalisasi antara lain:

* Informasi yang tidak tersaring
* Perilaku konsumtif
* Membuat sikap menutup diri, berpikir
sempit
* Pemborosan pengeluaran dan meniru
perilaku yang buruk
* Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak
sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan
suatu negara
ada sedikit pertanyaan dari saya buat ibu.Bagaimana sehurusnya sikap kita terhadap dampak negatif dari globalisasi itu sendiri?

windaela mengatakan...

Dampak yang positif kita bisa memperoleh informasi lebih mudah dan bisa memahami dengan baik.

Poskan Komentar