Speed Reading : Paham Cepat Akurat


Dalam era yang serba cepat sekarang, tanpa kita kehendaki tuntutan kehidupan meningkat, pembaca tak lagi boleh hanya sebagai membawa kenikmatan, tetapi sebagai alat pencapai percepatan itu sendiri. Artinya orang wajib mengejar semua informasi. Ia harus memiliki keterampilan mengumpulkan data dengan cepat sekaligus benar. Dan disinilah membaca cepat/Speed Reading menjadi utama.

Pengertian Speed Reading
adalah metode membaca yang mengutamakan kecepatan dengan menggunakan gerakan mata dan dilakukan tanpa suara yang bertujuan untuk memperoleh informasi secara tepat dan cermat dalam waktu singkat.

Di dalam metode Speed reading terkandung pemahaman yang cepat pula. Bahkan pemahaman inilah yang menjadi pangkal tolak pembahasan, bukannya kecepatan. Akan tetapi, bukan berarti membaca lambat akan meningkatkan pemahaman. Bahkan orang orang yang biasa membaca lambat untuk mengerti suatu bacaan akan dapat mengambil manfaat yang besar dengan membaca cepat.

Seorang pembaca yang baik akan mengatur kecepatan dan memilih jalan terbaik untuk mencapai tujuannya. Kecepatan membaca sangat tergantung pada bahan dan tujuan membaca, serta sejauh mana keakraban dengan bahan bacaan. Kecepatan membaca harus seiring dengan kecepatan memahami bahan bacaan.

Speed reading tentu saja bukan tujuan, sebab yang menjadi tujuan dalam Speed Reading adalah memahami dengan cepat dan tepat apa yang menjadi makna dan tema bacaan.


Manfaat dari Speed Reading antar lain :
1) membaca cepat menghemat waktu
2) membaca cepat menciptakan efesiensi
3) semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk melakukan hal-hal rutin, maka semakin banyak waktu yang tersedia untuk mengerjakan hal penting lainnya
4) membaca cepat memiliki nilai yang menyenangkan/ menghibur
5) membaca cepat memperluas cakrawala mental
6) membaca cepat membantu berbicara secara efektif
7) membaca cepat membantu dalam menghadapi ujian
8) membaca cepat meningkatkan pemahaman
9) membaca cepat menjamin untuk selalu update
10) membaca cepat dapat dikatakan sebagai tonikum mental.

Speed reading adalah metode, metode ini bisa mengangkat kita dalam labirin bacaan yang tak jelas ditengah banjir bahan bacaan saat ini.

Speed reading bisa pula dikatakan mencari gizi dari sebuah bacaan.
Semoga bermanfaat !

0 komentar:

Poskan Komentar