Bahan Penyimpanan Gas Baru: Potensi yang Sangat Besar

ghas baru

Dalam suatu penemuan yang mungkin akan membantu percepatan produksi sel bahan bakar kendaraan ultra bersih yang bertenaga hidrogen, para ilmuwan di Michigan melaporkan pengembangan suatu spon menyerupai bahan nano dengan area permukaan yang tercatat sangat tinggi untuk menahan beberapa gas.

Hanya sepertigapuluh dari satu ons bahan tersebut mempunyai area permukaan yang kira – kira seperti lapangan bola.

Adam Matzger dan koleganya menjelaskan dalam studi barunya bahwa para ilmuwan telah mencoba bertahun – tahun untuk menemukan sebuah bahan untuk mengoptimalkan penyimpanan hidrogen pada sel bahan bakar kendaraan di masa mendatang. Disamping mengidentifikasikan beberapa bahan yang menjanjikan, para peneliti telah mampu untuk menemukan tujuan penyimpanan hidrogen yang diajukan oleh Departemen Energi Amerika (DOE) tentang penyimpanan sel bahan bakar hidrogen kendaraan, tandas mereka.

Mereka menjelaskan pengembangan materi nano yang berpori – pori sangat tinggi dengan kemampuan yang belum pernah teruji dalam menyerap beberapa gas yang mana mungkin membantu mencapai target dari DOE. Ini dinamakan University of Michigan Crystalline Material-2 (UMCM-2), yang meliputi nanokluster zat seng oksida, lebar tiap – tiapnya sekitar 1/50,000 rambut manusia, dihubungkan bersama – sama oleh bahan organik untuk menghasilkan kerangka kerja berpori yang sempurna.

Para ilmuwan menunjukkan bahwa UMCM-2 mempunyai suatu area permukaan lebih dari 5,000 m2 per gram dimana nilai paling tinggi diperoleh, kata mereka.

0 komentar:

Poskan Komentar