PERBANDINGAN METODE EKSPERIMEN SEJATI DAN METODE EKSPERIMEN SEMU

ELEMEN
EKSPERIMEN SEJATI
EKSPERIMEN SEMU
JUDUL
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Media Audio Visual Dan Modul Bergambar Disertai Lks Terhadap Hasil Belajar Geografi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Aktivitas Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Materi Atmosfer)
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Media Audio Visual Dan Modul Bergambar Disertai Lks Terhadap Prestasi Belajar Geografi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Aktivitas Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Materi Atmosfer)
MASALAH
1. Apakah ada pengaruh antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media audio visual disertai LKS dan media modul bergambar disertai LKS Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa?
2. Apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah ?
3. Apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah ?
1. Apakah ada pengaruh antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media audio visual disertai LKS dan media modul bergambar disertai LKS Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa?
2. Apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah ?
3. Apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah ?
HIPOTESIS
1. Ada pengaruh antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media audio visual disertai LKS dan media modul bergambar disertai LKS Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa?
2. Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah ?
3. Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah ?
1. Ada pengaruh antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media audio visual disertai LKS dan media modul bergambar disertai LKS Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa?
2. Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah ?
3. Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah ?
VARIABLE
a. Variabel bebas
Model pembelajaran inkuiri terbimbing
b. Variabel terikat
Hasil belajar
a. Variabel bebas
Model pembelajaran inkuiri terbimbing
b. Variabel terikat
Hasil belajar
DESAIN EKSPERIMEN
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen sejati, dalam desain ini para subjek ditempatkan pada kelompok eksperimen dan kelompok control, melalui metode acak dan diberi tes pada variable terikat sebelum perlakuan diberikan.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen (eksperimen semu). Dalam metode ini subjek kelompok tidak dilakukan pengacakan( berdasarkan kelas yang sudah ada)
TEKNIK ANALISIS
Perbedaan rata-rata skor antara pasca tes dengan pra tes untuk setiap kelompok dibandingkan untuk menentukan apakah perlakuan eksperimen menghasilkan perubahan lebih besar daripada situasi control. Pengujiannya menggunakan uji t, uji f, atau analisis kovarian
Perbedaan rata-rata skor antara pasca tes dengan pra tes untuk setiap kelompok dibandingkan untuk menentukan apakah perlakuan eksperimen menghasilkan perubahan lebih besar daripada situasi control. Pengujiannya menggunakan uji t, uji f, atau analisis kovarian

0 komentar:

Posting Komentar