MENGENANG ENAM TAHUN TSUNAMI ACEH

 
i
Rate This
Quantcast

Lokasi Gempa 2004 
Lokasi Gempa 2004
Sebuah gempa bumi besar telah terjadi pada hari Minggu, 26 Desember 2004 di Indonesia. Gempa dengan magnitude lebih dari 9,0 itu terjadi di pantai lepas barat Sumatera Utara seperti yang ditunjukkan pada peta di samping. Gempa ini merupakan gempa terbesar keempat di dunia sejak tahun 1900 dan terbesar sejak tahun 1964 yang terjadi di Prince William Sound, Alaska. Tsunami 2004 telah menyebabkan korban tertinggi dalam sejarah karena berdekatan dengan Kota Besar Banda Aceh. Lebih dari 150.000 orang tewas, lebih dari 25.000 orang hilang dan lebih dari 1.000.000 mengungsi di Asia Selatan dan Afrika Timur. Setidaknya 110.229 orang tewas di Indonesia, 30.922 orang di Sri Lanka, 10.749 di India, 5.303 di Thailand, 150 di Somalia, 81 di Maladewa, 68 di Malaysia, 59 di Myanmar, 10 di Tanzania, 3 di Seychelles, 2 di Bangladesh dan 1 di Kenya.
Peta Persebaran Gempa
Peta di bawah ini menunjukkan lokasi gempa dan beberapa gempa susulan yang terjadi. Gempa tektonik ini terjadi pada batas konvergen dimana lempeng India tersubduksi di bawah Lempeng Burma.
Peta Persebaran Gempa 
Peta Persebaran Gempa
Peta Episenter Gempa
Sebelumnya gempa, Lempeng India bergerak di bawah Lempeng Burma, perlawanan pertemuan dan kekuatan tekanan terakumulasi. Terjadi kerusakan dua plate tektonik yang tiba-tiba terselip dan pecah sepanjang 1.200 Kilometer di dasar laut dengan perpindahan vertikal sekitar 15 Meter. Batas antara plate dan garis pergeseran ditampilkan pada peta di bawah sebagaimana terlihat dalam garis biru.
Peta Episenter Gempa 
Peta Episenter Gempa
Peta Perjalanan Tsunami
Tsunami dihasilkan oleh gempa bumi yang melintasi Samudra Hindia dan menyebabkan kerusakan signifikan. Sebuah rekaman perjalanan model peristiwa ini ditampilkan di bawah ini. Perhatikan bagaimana gelombang melintasi Samudra Hindia dan mencapai India dalam waktu sekitar dua jam serta mencapai Afrika dalam kurun waktu 6 jam.
Peta Perjalanan Tsunami 
Peta Perjalanan Tsunami
Peta Gelombang Tsunami
Gelombang tsunami dimodelkan di bawah ini yang menunjukkan ketinggian gelombang maksimum yang dicapai ketika mencapai daratan. Garis pantai Sumatra sebagai lokasi terdekat kejadian gempa menerima gelombang lebih dari 10 meter. Daerah jauh seperti Sri Lanka dan Thailand dikejutkan oleh gelombang lebih dari 4 meter. Di sisi lain Somalia dan Seychelles dikejutkan oleh gelombang sekitar 4 meter.
Peta Ketinggian Tsunami 
Peta Ketinggian Tsunami
Walaupun sudah enam tahun berlalu, namun banyak saudara-saudara kita yang kehilangan keluarga dan harta benda belum mendapatkan bantuan rekontruksi yang semestinya. Semoga menjadi perenungan di akhir tahun ini…

0 komentar:

Posting Komentar