Persebaran Gunung Api Bawah Laut

Keberadaan gunung api di dunia bisa dibilang banyak jumlahnya. Lebih dari 30.000 buah gunung api bawah laut dapat di jumpai. Pada umunya gunung api bawah laut dapat kita jumpai pada daerah pemekaran lantai dasar samudera, namun ada pula yang dapat dijumpai agak jauh dari daerah ini. Gunung api ini biasa disebut dengan seamount.
Ada beberapa zona pemekaran lantai dasar samudera yang dapat kita jumpai antara lain (Gbr. 8):
  1. South-East Indian Ocean Ridge
  2. East Pasific Ridge
  3. Mid-Atlantic Ridge
  4. South-West Indian Ocean Ridge
  5. Central Indian Ocean Ridge
  6. dll.
Gbr. 8. Zona pemekaran lantai dasar samudera (zona divergen).
Mid-Atlantic Ridge
Mid Atlantic ridge merupakan pemekaran lantai dasar samudera antara dua kerak oceanic (Gbr. 9). Zona divergen ini mempunyai kecepatan pemekaran sekitar 2,5 cm per tahun atau 25 km dalam 1.000.000 tahun. Kecepatan ini mungkin dirasa cukup lambat bagi manusia, namun apabila telah terjadi selama berjuta-juta tahun akan memberi perubahan yang cukup besar bagi bentuk bumi ini.
Gbr. 9. Zona pemekaran lantai dasar samudera pada Mid-Atlantic Ridge.
Pemekaran ini dimulai sekitar 200 sampai 100 juta tahun yang lalu. Karena pada zaman dulu, cekungan ini merupakan cekungan kecil antara benua eropa, afrika dan amerika.
Pemekaran lantai samudera ini melalui Iceland yang merupakan suatu negara di Eropa. Negara ini berada antara lempeng Eurasia dan lempeng Amerika Utara (Gbr. 10). Pergerakan ini relatif ke arah barat menuju ke lempeng Eurasia. Pada daerah ini terdapat gunung api bawah laut yang masih aktif, gunung api ini bernama krafla yang sempat meletus pada tahun 1980 (Gbr. 11).
Gbr. 10. Zona pemekaran lantai dasar samudera pada Mid-Atlantic Ridge yang melalui negara Iceland.
Gbr. 11. Ledakan lava setinggi 10 m pada letusan gunung api Krafla pada tahun 1980 (Photograph by Gudmundur E Sigvaldason, Nordic Volcanological Institute, Reykjavik, Iceland).
Seamount adalah sebuah gunung yang naik dari laut dasar laut yang tidak sampai ke permukaan air (permukaan laut), dan dengan demikian bukanlah sebuah pulau. Ini biasanya terbentuk dari gunung berapi, yang meningkat tiba-tiba dan biasanya ditemukan dari 1,000-4,000 meter dari dasar laut kedalaman.
Berikut adalah beberapa contoh seamount yang dapat di temui antara lain:
  • Axial Seamount
Axial seamount memepunyai ketinggian sekitar 700 m. Berada pada Juan de Fuca Ridge. Terdapat hidrothermal pada daerah ini, tepatnya pada daerah kalderanya.
  • Kavachi  Submarine Volcano
Kavachi submarine volcano berada pada daerah pulau Solomon. Berada sekitar 30 km sebelah utara zona pemekaran lantai dasar samudera lempeng Indo-Australia dan lempeng Pasifik.
  • Loihi Seamount
Loihi seamount berada pada daerah hawaii. Terletak sekitar 20 mil sebelah selatan big island. Ketinggian sekitar 10.100 kaki dan berada pada kedalaman 3.100 kaki. Diperkirakan sebagian besar Loihi Seamount terdiri dari lava bantal.

0 komentar:

Poskan Komentar