Enigeo, Sebuah Software Pembelajaran Geografi Untuk Pengenalan Lokasi Negara-negara di Dunia

Bulan Desember tahun lalu saya menerima majalah komputer edisi Januari hasil berlangganan yang sudah berjalan sekitar 2 tahun. Berhubung pada bulan itu kegiatan lumayan banyak, saya hanya sempat membaca berita utama dan kolomnya Zatni Arbi. Baru beberapa hari yang lalu akhirnya saya membaca edisi tersebut, karena pertengahan bulan Januari kemarin sudah tersusul oleh datangnya edisi bulan Februari jadilah saya membaca edisi itu dulu baru kemudian edisi Januari. Setelah membaca hampir seluruh berita yang ada, kemudian saya beralih ke halaman belakang di bagian katalog DVD yang berisi bonus berbagai macam aplikasi dan data dari majalah. Setelah membaca beberapa katalog free software akhirnya mata saya tertuju ada sebuah software dengan nama Enigeo. Saat sekilas membaca nama software tersebut otak saya langsung mengkaitkan kata geo dengan mata pelajaran yang saya berikan ke siswa, Geography.

Setelah saya baca lebih lanjut ternyata pikiran saya tidak salah. Software bonus yang disertakan dalam DVD majalah ini adalah software yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran geografi. Terutama pembelajaran untuk pengenalan lokas negara-negara di dunia.

Tanpa pikir panjang software tersebut kemudian saya install di laptop dan setelah mencoba saya hanya bisa mengatakan luar biasa. Mungkin prinsipnya sederhana tapi software ini dapat membuat kita dan anak didik lebih mudah dalam belajar mengenai negara-negara di dunia, meskipun masih sekedar pada lokasinya.

Selain itu pada software ini ada kuis yang bisa digunakan untuk menguji pengetahuan kita mengenai negara-negara di dunia. Beberapa contoh pertanyaan pada kuis ini adalah menunjukkan lokasi negara dengan pertanyaan melalui:
1. Bendera Negara

2. Ibukota negara

Dan  berbagai bentuk pertanyaan yang lain dan juga banyak kuis yang lebih spesifik pada satu negara.
Pendek kata software ini dapat kita jadikan sebagai media pembelajaran alternatif untuk siswa. Software ini dapat anda dowload pada link berikut ini.

Software Enigeo Download

0 komentar:

Posting Komentar