Silabus Metode Penelitian Pendidikan Geografi



SILABUS



1. Identitas mata kuliah

Mata Kuliah : Metode Penelitian Pendidikan Geografi

Jumlah sks : 3 sks

Semester : 6

Jurusan/Program : Pendidikan Geografi/S1

Status mata kuliah : Mata kuliah lanjut

Prasyarat : Telah lulus MKKP, Belajar dan Pembelajaran

Geografi, Media Pembelajaran Geografi,

dan Perencanaan Pembelajaran geografi



2. Tujuan

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prinsip-prinsip, konsep-konsep, teori-teori, dan metode penelitian pendidikan yang meliputi pengertian, pemahaman, dan kompetensi menyusun proposal penelitian pendidikan dan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) sehingga memiliki kemampuan dalam memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran geografi agar tercapai tujuan pendidikan dan tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien untuk mempersiapkan diri memasuki profesi guru secara profesional.



3. Deskripsi

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjut bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi S1 yang memfasilitasi mahasiswa dalam memahami tentang pentingnya dilakukan penelitian pendidikan. Mahasiswa sebagai calon guru geografi harus memiliki kemampuan dalam mencermati permasalahan pendidikan geografi, termasuk di dalamnya permasalahan pembelajaran geografi. Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang pengertian, pemahaman, dan kompetensi menyusun proposal penelitian pendidikan dan proposal penelitian tindakan kelas (PTK). Para mahasiswa dibimbing dan dikembangkan kemampuannya dalam memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran geografi agar tercapai tujuan pendidikan dan tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Kemampuan tersebut sangat penting dimiliki oleh mahasiswa dalam mempersiapkan diri memasuki profesi guru sesara profesional.



4. Pendekatan pembelajaran

Perkuliahan ini menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri.

a. Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah



b. Tugas : laporan buku & makalah, pengumpulan data lapangan, penyajian

proposal penelitian.

c. Media : LCD, OHP.



5. Evaluasi

Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:

No. Aspek yang Dinilai Bobot

a. Kehadiran 10

b. Partisipasi kegiatan kelas 10

c. Laporan hasil observasi 15

d. Pembuatan proposal 15

e. Penyajian proposal 15

f. Ujian tengah Semester 15

g. Ujian Akhir Semester 20



6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan

Pertemuan 1 : Membahas silabus perkuliahan, tujuan, ruang lingkup materi perkuliahan, prosedur perkuliahan, dan sumber referensi.

Pertemuan 2-3 : Hakikat penelitian kaitannya dengan pendidikan dan pengajaran geografi. Perkembangan metodologi penelitian, pendidikan sebagai ilmu dan praksis, aplikasi penelitian dalam pendidikan dan pembelajaran geografi

Pertemuan 4 : Penelitian pendidikan dan penelitian tindakan kelas. Filosofis, Perbedaan dan persamaan, pendekatan, objek kajian.

Pertemuan 5 : Prosedur penelitian tindakan kelas. Masalah dan pemecahan, rencana pemecahan masalah.

Pertemuan 6 : Evaluasi dan refleksi. Menentukan data dan instrumen penelitian, indikator keberhasilan, dan analisis data.

Pertemuan 7 : Penyajian proposal penelitian tindakan kelas

Pertemuan 8 : Penulisan laporan Penelitan tindakan kelas. Sistematika pelaporan dan isi laporan.

Pertemuan 9 : Ujian Tengah Semester

Pertemuan 10 : Prosedur penelitian pendidikan. Jenis-jenis penelitian dalam pendidikan, masalah-masalah pendidikan, subjek dan objek penelitian pendidikan.

Pertemuan 11 : Kajian pustaka. Kegunaan kajian pustaka, menentukan pustaka, anggapan dasar, dan hipotesis penelitian.

Pertemuan 12 : Metode penelitian. Ragam metode penelitian pendidikan, menentukan ukuran populasi dan sampel penelitian.

Pertemuan 13 : Pengumpulan dan analisis data. Menentukan sumber data, instrumen penelitian, dan analisis data.

Pertemuan 14 : Penyajian proposal penelitian

Pertemuan 15 : Penulisan laporan penelitian. Sistematika laporan dan isi laporan.

Pertemuan 16 : Ujian Akhir Semester





7. Referensi

Asher, W. (1976). Educational Research and Evaluation Methods. Boston. Little Brown and Company.

Arikunto, S. (2000). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Bina Aksara.

..................(2000). Manajemen Penelitian. Jakarta. Bina Aksara.

Best,J.W. (1977). Research in Education. New Delhi. Prentice Hall of India Private Limited.

Borg, W.R., Gall, M.D. (1979). Educational Research. New York. Logman.

Burroughs, G.E.R. (1975). Design and analysis in Education Research. Oxford Alden.

Dalaen, V. (1962). Understanding educational Research. New York. McGraw-Hil Book Company.

Elvey, M. (1996). The Theory and Practice of Action research Changing Education. Journal for Teachers and Administration. V. 2 No. 6. page 6-9.

Hopkins, D. (1993). A. Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia. Open University Press.

Johnston, M. (1999). Penelitian Tindakan Kelas.

Kartono, K. (1980). Pengantar Metodologi research Sosial. Bandung. Alumni.

Kemmis and Taggart. (1990). The actioan Research Planner. Victoria. Deakin University Press.

................(1990). The Action research Reader. Vicyoria. Deakin University Press.

Koentjaraningrat. (1977). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta. Gramedia.

Merlin c. Wittrock (ed). (1986). handbook of research on teaching. New York. Praeger publishers.

Noffke and Stevenson B. Robert. (1995). Educational Action Research. New York. Teachers College. Collumbia University.

Singarimbun, M. (1989). Metode Penelitian Survai. Jakarta. LP3ES.

Suryanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Departemen Pendidikan Nasional.

Tilaar. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang. Tera Indonesia.



Sumber dan Dokumen

• Jurnal

• Internet

0 komentar:

Posting Komentar