Gempa kuat dan tsunami hantam Jepang

Gempa bumi kuat dan tsunami melanda Jepang dengan pusat gempa di dekat kota Sendai yang terletak di Jepang Timur Laut.
Penduduk kota Tokyo berhamburan ke jalan, gedung-gedung goyang, jaringan kereta api sempat terhenti dan jaringan telepon genggam putus akibat gempa kuat ini.
Perdana menteri Jepang Naoto Kan mengatakan gempa berkekuatan 8,4 pada skala Richter sedangkan Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa berkekuatan 8,9 pada skala Richter. Angka manapun yang dipakai, gempa ini merupakan salah satu yang terkuat dalam sejarah Jepang.
 
VIVAnews - Gempa bumi kembali mengguncang Jepang, Jumat siang. Gempa berkekuatan 8,8 pada Skala Richter (SR) ini juga memicu tsunami yang menghantam banyak kendaraan dan sejumlah bangunan di pesisir timur laut Jepang, yang dekat dengan episentrum.

Menurut kantor berita Associated Press, gempa mulai terasa pada pukul 14.46 waktu setempat. Sekitar 30 menit kemudian, terjadi gempa susulan berkekuatan 7,4 SR. Badan Survei Geologi AS menilai bahwa gempa pertama berkekuatan 8,8 SR.

Badan Meteorologi Jepang kemudian mengeluarkan peringatan tsunami di seluruh pesisir timur Jepang, yang menghadapi Samudera Pasifik. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii menyatakan bahwa peringatan tsunami juga berlaku di Rusia, Pulau Marcus, dan Kepulauan Mariana.

Peringatan waspada tsunami juga dikeluarkan untuk Guam, Taiwan, Filipina, Indonesia, dan negara bagian Hawaii, AS. Penduduk ibukota Jepang, juga merasakan guncangan gempa.

Pihak berwenang masih memantau apakah bencana gempa dan tsunami itu telah menimbulkan korban jiwa dan kerusakan parah
Tsunami Dahsyat Hantam Pesisir Jepang
Orang kantoran kabur

Jakarta - Gempa besar 8,8 SR yang mengguncang Jepang telah memicu tsunami dahsyat. Ombak besar telah menerpa daratan di wilayah Myagi.

Dalam siaran TV CNN, Jumat (11/3/2011) air telah masuk ke dalam daratan. Air terlihat menyapu semua benda-benda di jalan.

Pukul 14.01 WIB Terlihat air terus bergerak menuju daratan. Perahu kecil maupun kapal pesiar terbawa air hingga daratan. Mobil-mobil, rumah juga hanyut diterjang air.

Gempa terjadi di Menurut badan Survei Geologi AS atau USGS, gempa tersebut berkekuatan 8,8 SR dan melanda sekitar 400 kilometer dari Tokyo dengan kedalaman 20 mil.

Menurut saksi-saksi mata, saat gempa terjadi, kereta super cepat Shinkansen yang tengah melaju pun mendadak berhenti. Belum diketahui berapa korban jiwa yang jatuh akibat bencana ini.

0 komentar:

Poskan Komentar