Enam Bahan Alami Pengusir Batuk

Enam Bahan Alami Pengusir Batuk
iloveindia.com
DI INDONESIA, batuk sering dialami saat pergantian musim . Sakit ini bisa membuat penderitanya sesak nafas dan sakit di dada. Bagaimana cara mengatasinya? Anda tentunya bisa berobat ke dokter dan mendapatkan resep yang tepat. Tetapi, seringkali batuk juga bisa disembuhkan dengan cara alami tanpa harus menggunakan obat-obatan medis. Berikut beberapa pengobatan sederhana yang bisa Anda coba di rumah.

Anggur

Anggur tidak hanya kaya antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas. Anggur juga dinyatakan efektif mengobati batuk. Anggur bekerja dengan mengencangkan paru-paru dan berperan sebagai ekspektoran, meredakan batuk ringan dan batuk yang telah diderita selama dua hari. Cobalah minum jus anggur yang telah dicampur dengan satu sendok teh madu.

Almond

Almond bisa meredakan batuk, khususnya batuk kering. Rendamlah tujuh biji almond di dalam air selama satu malam dan bersihkan kulit luarnya yang berwarna kecokelatan. Selanjutnya haluskan hingga berbentuk pasta. selanjutnya tambahkan 20 gram mentega dan gula ke dalamnya. Konsumsilah pasta ini pada pagi dan malam hari.

Bawang putih

Bawang putih mentah bisa membantu meredakan batuk. Haluskan dan ambil ekstraknya dalam bentuk jus. Selanjutnya, campurkan satu sendok teh jus bawang ini dengan satu sendok teh madu, biarkan selama 4-5 jam, kemudian konsumsi 2 kali dalam sehari. Campuran ini merupakan sirup yang efektif atasi batuk. Selain itu, bawang putih juga berguna dalam mengeluarkan lendir.

Anda juga bisa menggunakan cara lain. Haluskan satu siung bawang putih ukuran sedang kemudian campurkan dengan jus dari 1 buah lemon. Selanjutnya tuangkan secangkir air matang dan tambahkan satu sendok teh madu sebagai penambah rasa. Konsumsi larutan ini 2-3 kali sehari.

Kunyit

Kunyit juga dinyatakan efektif untuk meredakan batuk kering. Panggang kunyit kemudian haluskan hingga berbentuk tepung. Konsumsi bubuk ini, bisa dengan cara dicampur dengan air minum, sebanyak 3 gram, sebanyak 2 kali sehari, pagi dan malam hari.

Anggur kering atau kismis

Saus yang terbuat dari kismis juga dinyatakan berguna dalam meredakan batuk. Saus dibuat dengan cara menghaluskan 100 gram kismis, ditambahkan 100 gram gula dan air. Panaskan campuran tersebut hingga mempunyai tekstur seperti saus. Konsumsi sebanyak 20 gram sebelum tidur.

Biji adas 

Biji adas juga efektif untuk mengatasi batuk kering. Adas bekerja dengan memecah mucus. Buatlah teh dengan menggunakan rempah satu ini dan konsumsilah secara teratur.

0 komentar:

Poskan Komentar