Cegah Tumit Pecah Pemicu Infeksi

Cegah Tumit Pecah Pemicu Infeksi
demandstudios.com
TUMIT pecah-pecah merupakan masalah yang umum dialami saat musim kemarau dan sangat mengurangi estetika kaki. Berbahayakah tumit pecah-pecah? Jka dibiarkan dan retakannya bertambah dalam bisa menimbulkan rasa sakit dan perdarahan pada kulit. Hal ini bisa  memicu infeksi, khususnya pada pasien pengidap diabetes atau mereka yang mengalami penurunan daya tahan akibat usia atau penyakit. Bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa menggunakan obat-obatan medis berbentuk lotion yang tersedia di apotik. Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa pengobatan sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut beberapa diantaranya.

Minyak sayur. Setelah membersihkan kaki, cobalah oleskan minyak sayur ke area kaki yang kering dan pecah-pecah. Setelah mengoleskan dalam jumlah yang cukup banyak, pakailah sepasang kaus kaki tebal dan biarkan semalaman hingga Anda bangaun di pagi hari. Cara ini diklaim bisa memberikan hasil positif dalam waktu beberapa hari. Anda juga bisa mencoba untuk mengoleskan body butter yang kaya akan kandungan pelembab. Cara lain, Anda juga bisa merendam kaki Anda dalam air hangat yang sudah diberi garam. Selain kulitkaki Anda akan melunak, tidurpun akan semakin nyenyak.

Pisang. Oleskan daging buah pisang yang telah matang ke area kaki yang kering dan pecah-pecah. Biarkan selama 10 menit kemudian basuhlah kaki hingga bersih.

Kombinasi pelembab alami. Membersihkan dan menjaga kelembaban kaki setiap hari merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Di penghujung hari, rendamlah kai Anda dalam air sabun hangat selama 15 menit. Selanjutnya cuci hingga bersih dan keringkan kaki dengan handuk. Kemudian, buatlah kombinasi pelembab  yang terdiri dari satu sendok teh vaselin dan sari dari satu buah lemon. Oleskan campuran ini ke tumit yang pecah-pecah dan area lain yang memerlukan kemudian biarkan hingga meresap seluruhnya. Lakukan secara rutin setiap hari hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jus lemon. Rendamlah kaki di dalam jus lemon selama 10 menit. Ikuti terapi ini sekali seminggu sampai Anda melihat adanya perubahan.

Air mawar. Campurkan gliserin dan air mawar kemudian oleskan ke area yang pecah-pecah secara teratur. Cara ini diyakini bisa meredakan dan menyembuhkan tumit pecah-pecah.

Parafin dan mustard oil. Buatlah campuran lelehan parafin dengan sedikit mustard oil. Selanjutnya oleskan ke area kaki yang pecah-pecah. Biarkan semalaman dan cuci hingga bersih di pagi hari. Pemakaian terus-menerus selama 10-15 hari dinyatakan efektif meredakan tumit yang pecah-pecah.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa tip sederhana berikut:

Gunakan scrub kaki atau batu apung  setelah merendam kaki dalam air hangat. Cara ini berfungsi mengangkat sel-sel kulit yang mati serta material yang tidak diinginkan dari kaki yang pecah-pecah.

Pastikan selalu mengenakan alas kaki saat ke luar rumah.

Pastikan kaki selalu dalam keadaan lembab, baik dengan cara mengoleskan krim, minyak atau pelembab lainnya.

Kosumsi diet yang kaya kalsium, mineral, seng, vitamin dan asam lemak omega-3.

0 komentar:

Poskan Komentar