Amerika Kembangkan Kentang Ungu Kaya Antioksidan

Amerika Kembangkan Kentang Ungu Kaya Antioksidan
eatingoutloud.com
MESKI tampak sulit untuk lebih mempopulerkan keripik kentang, produsen online Sainsbury's tetap tak mau menyerah. Untuk itu, mereka pun mengeluarkan produk keripik kentang unik berwarna ungu.

Warna ungu akan tetap bertahan meski telah melalui proses pemasakan hingga menjadi keripik, kentang tumbuk, bahkan kentang goreng. Rasanya pun juga tak akan berbeda dengan kentang biasa.

Yang menjadi kelebihan, tak seperti kentang putih, kentang ungu ini mengandung antosianin sehat yang memberikan warna ungu pada blueberi, blackberry, dan terong. Antosianin tergolong antibiotik yang mampu melindungi sel dari kerusakan sehingga kita dapat terhindar dari kanker.

Di alam, sebenarnya terdapat ribuan varian kentang yang bagian dalamnya kebanyakan berwarna kemerahan dan keunguan. Kentang ungu ini dikembangkan oleh para ilmuwan di Universitas Colorado di AS. Kini, kentang ini dikembangkan oleh perusahaan Albert Bartlett di Skotlandia. Hanya sekitar 400 ton yang telah tumbuh pada tahun ini, tapi untuk tahun depan, menurut rencana, penanaman kentang ungu akan lebih dikembangkan dan diperluas.

Kini produk kentang ungu yang dinamai Purple Majesty ini telah dijual apada Oktober 2010. Diperkirakan, produk itu akan mulai menjadi tren pada Halloween di akhir bulan ini. Kepala Teknologi Produk Sainsbury's Liz Jarman optimistis produk itu akan digemari. Ia pun mengatakan, "Nantinya, berbagai produk kentang putih akan menjadi bagian dari sejarah."

0 komentar:

Poskan Komentar