DEGRADASI MORAL

tugas: Siti Masruroh

1. DEGRADASI MORAL PENDIDIKAN

Degradasi moral sudah melanda suatu Negara terutama negara Indonesia, yang merupakan tanda-tanda kehancuran suatu Negara.
10 aspek degradasi moral menurut THOMAS LICKONA sebagai berikut:
1.       Meningkat kekerasan pada remaja
2.       Pengunaan kata-kata yang buruk
3.       Pengaruh per group (rekan kelompok) yang kuat dalam tindak kekerasan
4.       Meningkatnya pengaruh narkoba, al-kohol dan seks bebas
5.       Kaburnya batasan moral baik-buruk,
6.       Menurunya etos kerja (banyak penganguran)
7.       Rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan guru
8.       Rendahnya rasa tanggung jawab individu dan warga Negara
9.       Membudanyanya ketidak jujuran
10.   Adanya saling curiga dan kebencian di antara sesama

2. PENERAPAN DALAM PEMBELAJARAN
                Nilai-nilai karakter bangsa ini mampu diterapkan dalam sistem pendidikan baik pendidikan formal maupun non formal, mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi.
Alangkah baiknya pendidikan karakter ini diteladani oleh pendidik dan juga peserta didik.

Prinsip- prinsip pendidikan karakter yang perlu diterapkan kalangan pendidikan yaitu:
  •       Komunitas sekolah mengembangkan dan meningkatkan nilai-nilai inti etika dan kinerja sebagai landasan karakter yang baik. 
  •       Sekolah berusaha mendifinisikan “karakter” secara komprehensif, didalamnya mencakup berfikir (thinking), merasa (feeling), dan melakukan (doing).
  •       Sekolah menciptakan sebuah komunitas yang memiliki kepedulian yang tinggi (caring).
  •       Sekolah menyediakan kurikulumnakademik yang bermakna dan menantang, dapat menghargai dan menghormati seluruh peserta didik, mengembangkan karakter mereka, dan berusaha membantu mereka untuk meraih berbagai kesuksesan.
  •       Staf sekolah (kepala sekolah, guru dan TU) adalah sebuah komunitas belajar etis yang senantiasa berbagai tanggung jawab dan mematuhi nilai-nilai inti yang telah disepakati. Mereka menjadi sosok teladan bagi siswa.

3. EVALUASI

                Mesti dengan intensitas yang berbeda-beda, masing-masing dari kesepuluh tanda – tanda diatas tampaknya sedang menghinggapi negeri ini.
Dari kesepuluh tanda tersebut, saya melihat aspek yang kesembilan yakni membudayanya ketidak jujuran tampaknya menjadi persoalan yang serius di negeri ini.
Kejujuran seolah-olah menjadi barang langka, atas dasar itulah maka pendidikan karakter menjadi amat penting.
Pendidikan karakter menjadi tumpuan harapan bagi terselamatkannya bangsa dan negeri ini dari jurang kehancuran yang lebih dalam, khususnya di bidang pendidikan.


4. TINDAK LANJUT

                Berkaitan dengan tindak lanjut pengembangan karakter pendidikan dan peningkatan nilai-nilai etika di sekolah, maka progam pengembangan sekolah perlu menerapkan kejujuran dan ilmu agama sebagai prioritas utama dalam progam pengembangan di sekolah maupun di luar sekolah.

0 komentar:

Poskan Komentar