5 Manfaat Hebat Sawo Manila

5 Manfaat Hebat Sawo Manila
tropicalfruitnursery.com
TAHUKAN Anda buah manilkara zapota? Buah ini memang memiliki banyak sekali julukan. Namun, di Indonesia lebih dikenal dengan nama sawo manila. Ada pula yang menyebutnya sauh, sauh manila atau ciku.

Di belahan Negara lain pun, buah ini memiliki nama sendiri seperti chico (Filipina), ciku (Malaysia), chikoo atau sapota (India), sofeda (Bangladesh), rata-mi (Sri Lanka), nispero (Venezuela), sugardilly (Kep. Bahama), naseberry (Hindia Barat), sapote (Nikaragua), sapoti (Brasil), sapotillier (Prancis) dan sapodilla (Inggris).

Buah ini pun tergolong murah dan pastinya memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Apa saja manfaat yang bisa didapat dari mengomsumsi buah ini? Berikut di antaranya:

1. Sawo manila rasanya manis karena mengandung fruktosa dan sukrosa yang melimpah. Maka itu, buah ini bisa dijadikan makanan peningkat energi alami.

2. Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik sehingga bisa membantu mengatasi sembelit. Seratnya juga membantu melindungi selaput lendir usus besar kita dari racun penyebab kanker.

3. Adapun efek antiinflamasi sawo manila bermanfaat untuk mengatasi masalah seperti gangguan gastritis dan usus.

4. Buah sawo manila yang telah matang mengandung mineral seperti tembaga, besi, kalium, serta vitamin A dan C. Ada pula niacin, folat, dan sebagainya. Semua itu membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan.

5. Sawo manila mengandung tanin, senyawa fenolik poli yang berisi sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri. 

0 komentar:

Poskan Komentar