BRASIL

Map of Brasil
Sul de Minas region - not a barren flatland
Republik Federal Brasil (bahasa Portugis: República Federativa do Brasil) adalah negara paling besar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan. Negara ini merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Nama Brasil diambil dari nama kayu brasil, sejenis kayu lokal. Brasil merupakan tempat pertanian ekstensif dan hutan hujan tropis. Sebagai bekas koloni Portugal, bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis. Selain itu, Brasil juga sebagai penghasil kopi terbesar di dunia.

Sejarah

Brasil meraih kemerdekaannya dari Portugis pada 7 September 1822. Negara yang terletak di bagian tengah dan timur Amerika Selatan ini menjadi wilayah jajahan Portugis sejak 1494. Pada 1889, sistem pemerintahan Brasil berubah dari monarki menjadi republik.

Geografi

Brasil dibatasi oleh laut di sebelah timur yaitu Samudra Atlantik. Negara-negara yang berbatasan darat dengan Brasil adalah Uruguay, Argentina, Paraguay, Bolivia, Peru, Kolombia, Venezuela, Guyana, Suriname dan département Guyana Perancis; seluruh negara di Amerika Selatan kecuali Ekuador dan Chili.

Di bagian utara Brasil terdapat Hutan Amazon dan semakin terbuka ke arah selatan dengan bukit-bukit dan gunung kecil. Daerah selatan merupakan pusat populasi dan agrikultur Brasil. Beberapa pegunungan terletak di pesisir Samudra Atlantik yang mencapai 2.900 meter dengan puncak tertinggi Pico da Neblina setinggi 2.994 m. Sungai-sungai yang terdapat di Brasil antara lain Sungai Amazon, Paraná, dan Iguaçu di mana terdapat Air Terjun Iguaçu.

Badai Siklon Catarina, badai siklon tropis pertama di Samudera Atlantik bagian selatan, terjadi pada 2004

Iklim Brasil adalah tropis karena terletak di khatulistiwa dengan sedikit variasi. Di selatan, iklimnya lebih sedang, namun kadang mengalami salju. Curah hujan sangat tinggi di daerah Amazon sedangkan daerah yang lebih kering bisa ditemukan di daerah timur laut.

Kota-kota penting di Brasil antara lain Brasília, São Paulo dan Rio de Janeiro.

Politik

Konstitusi 1988 memberikan kekuasaan yang besar pada pemerintah federal. Presiden Brasil memegang kekuasaan eksekutif yang besar seperti menunjuk kabinet, dan sebagai kepala negara dan pemerintahan. Presiden dan wakil presiden dipilih bersamaan dalam pemilihan umum 4 tahun sekali. Kongres Nasionalnya (Congresso Nacional) adalah sebuah badan bikameral yang terdiri dari Senat Federal (Senado Federal) dan Câmara dos Deputados yang masing-masing terdiri dari 81 dan 513 kursi dengan masa jabatan yang berbeda.

Olahraga

Pan American Games 2007 (Pan American Games ke-15) akan diadakan di Rio de Janeiro, Brasil dari 13-29 Juli 2007.Brasil adalah negara yang paling banyak menjuarai Piala Dunia, sebanyak 5 kali.

Pendidikan

Konstitusi Federal tahun dan Hukum Umum Pendidikan di Brasil tahun 1996 (LDB) menentukan bagaimana Pemerintah Federal, Serikat, Distrik Federal, dan Kota akan mengelola dan mengatur sistem pendidikan masing-masing. Masing-masing sistem pendidikan publik yang bertanggung jawab atas pemeliharaan mereka sendiri, yang mengelola dana serta mekanisme dan sumber sumber daya keuangan. Konstitusi mengatur bahwa 25% dari pajak negara dan kota dan 18% dari pajak federal dianggrkan untuk pendidikan.

Program sekolah swasta yang tersedia untuk melengkapi sistem sekolah umum. Pada tahun 2003, tingkat buta aksara telah ditekan mencapai 88% dari populasi, dan 93,2% pada generasi muda (usia 15-19). Buta huruf tertinggi di Timur Laut, sekitar 27%, yang mempunyai proporsi tinggi miskin pedesaan dan pendidikan di Brasil memiliki masalah pada rendahnya tingkat efisiensi pada siwa berumur 15tahun, khususnya di sekolah umum. Pendidikan tinggi dimulai dengan kursus sarjana atau berurutan, yang menawarkan pilihan khusus yang berbeda seperti akademis atau kejuruan. Tergantung pada pilihan, siswa dapat meningkatkan latar belakang pendidikan mereka dengan pendidikan pascasarjana.

Demografi

Peta Brasil yang diterbitkan oleh para explorer Portugis pada 1519

Bahasa

Bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis yang dituturkan oleh hampir seluruh penduduknya, hal ini sangat berbeda dengan negara-negara Amerika Selatan lainnya yang menggunakan bahasa Spanyol. Bahasa Portugis merupakan satu-satunya bahasa yang diajarkan di sekolah dan digunakan dalam pemerintahan serta media. Bahasa lain yang digunakan adalah berbagai bahasa penduduk asli Brasil serta bahasa para imigran seperti bahasa Inggris, Jerman, Italia, Jepang, dan Korea.

Agama

74% penduduk Brasil menganut agama Katolik Roma, sedangkan 15,4% menganut Protestan dan terus berkembang. Sekitar 2,3 juta (1,3%) penduduknya menganut Spiritisme, terbanyak di dunia. Agama-agama lainnya adalah agama-agama tradisional Afrika, Yahudi, dan berbagai agama Asia seperti Buddhisme dan Shinto. Sekitar 28 ribu orang menganut agama Islam atau sekitar 0,01% dari penduduk Brasil. Negara ini adalah negara dengan penganut Katolik terbanyak di dunia dan penganut agama-agama Asia terbanyak di Barat.

Negara-negara Bagian

Brasil terdiri dari 26 negara bagian (estado) dan 1 distrik federal (distrito federal):

República Federativa do Brasil
Bendera
Motto: Ordem e Progresso (Orde dan Kemajuan)
Lagu kebangsaan: Hino Nacional Brasileiro
Ibu kota Brasília
Kota terbesar São Paulo
Bahasa resmi Bahasa Portugis
Pemerintahan Republik federal
- Presiden Luiz Inácio Lula da Silva
- Wakil Presiden José Alencar Gomes da Silva
Kemerdekaan Dari Portugal
- Dideklarasikan 7 September 1822
- Diakui 29 Agustus 1825
- Republik 15 November 1889
Luas
- Total 9,014,077 km2 (5)
- Air (%) 0,97%
Penduduk
- Perkiraan 2009 199.697.663 (5)
- Kepadatan 22/km2 (119)
PDB (KKB) Perkiraan 2009
- Total US$2.216 miliar (9)
- Per kapita US$38.600 (24)
PDB (nominal) Perkiraan 2006
- Total US$2.620,7 miliar (7)
- Per kapita US$38.430 (23)
IPM 0,949
Mata uang Real (BRL)
Zona waktu (UTC-2 hingga -5)
- Musim panas (DST) (UTC-2 hingga -5)
Domain internet .br
Kode telepon 55

10 Menteri Brazil Mundur

Brasil (*dtn/file)

Brasil

Sepuluh menteri Brazil mengundurkan diri dari jabatan mereka, Rabu waktu setempat, sebagai konsekuensi atas keinginan mereka mengikuti pemilihan umum tahun ini.

Berdasarkan hukum pemilu Brazil, tenggat untuk keluar dari posisi dalam pemerintahan adalah 3 April, enam bulan sebelum pemilu.

Menteri paling menonjol yang mengundurkan diri adalah Dilma Rousseff, yang dipilih langsung oleh Presiden Luiz Inacio Lula da Sila sebagai penerusnya.

Sekretaris Eksekutif untuk Dilma Rousseff, Erenice Alves Guerra, mengambil alih jabatan Kepala Staff Kepresidenan. Enam jabatan kementerian lain juga diambil alih oleh Sekretaris Eksekutif mereka, yang merupakan upaya untuk mempertahankan keberlangsungan kabinet Lula da Silva.

Keenam kementerian tersebut adalah transportasi, pertambangan dan energi, persamaan ras, lingkungan hidup, persatuan nasional, dan keamanan sosial. Kementerian pertanian, pembangunan sosial, dan komunikasi diambil alih oleh figur di luar kementerian.

Gubernur Bank Sentral Brazil Henrique Meirelles sebelumnya diminta oleh presiden untuk tetap mengabdi dan diberi waktu sehari berpikir untuk mengundurkan diri guna mengikuti kampanye pemilu.

Presiden Brazil Dipuji PBB

Luiz Inacio Lula da Silva/Iist.file

Luiz Inacio Lula da Silva/Iist.file

Presiden Brazilia Luiz Inacio Lula da Silva dijadwalkan pekan depan akan menerima penghargaan “Pahlawan Pemberantasan Kelaparan” dari Badan PBB untuk Pangan Dunia (WFP)

PBB mengatakan Presiden Lula dipilih karena ia memprioritaskan program pemberantasan kelaparan dalam masa dua periode kepemimpinannya.

Penghargaan itu akan diserahkan kepada Presiden Lula oleh Direktur Eksekutif WFP, Josette Sheeran, yang akan mengunjungi proyek-proyek pemerintah dalam pemberantasan kelaparan yang disebut proyek “Fome Zero” (Nol Kelaparan) kota Brasilia dan kota-kota lainnya.

Sheeran memuji peran aktif yang dimainkan pemerintah pimpinan Presiden Lula dalam upaya-upaya anti-kelaparan di Brasil dan negara-negara lain.

Ia membuat pernyataan khusus menyangkut proyek menarik, yakni menyediakan makanan berkualitas bagi anak-anak sekolah, yang menarik mereka untuk rajin pergi ke sekolah.

Pada akhir April, Lula dipilih oleh majalah mingguan AS, Time salah seorang pemimpin yang paling berpengaruh di dunia.

Pada akhir tahun lalu, Lula juga dipilih oleh koran Prancis, Le Monde, dan suratkabar Spanyol, EL Pais, sebagai Tokoh Tahun 2009 atas peran dia dalam kepemimpinan di kawasan Amerika Latin.

BrasilPeta

0 komentar:

Posting Komentar