PEMANASAN GLOBAL Serigala Kutub Utara Senasib dengan Beruang Kutub

Serigala kutub utara

KOMPAS.com — Semuanya berangkat dari pemanasan global. Suhu Bumi menanjak, es di kutub, utara maupun selatan, mencair. Jadilah, beruang kutub (Ursus maritimus) pun masuk dalam kategori terancam oleh International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) sejak 2006 lantaran habitatnya menyusut drastis. Saat ini, beruang kutub di alam jumlahnya sekitar 20.000 ekor.

Nah, saat ini beruang kutub tidak sendirian. Seturut catatan Telegraph, Selasa (14/9/2010), lembaga konservasi utama di AS mencantumkan nama serigala kutub utara (Alopex lagopus) sebagai hewan yang terancam punah. Sama dengan beruang kutub, biang keladinya adalah raibnya sebagian besar habitat hewan itu lantaran es mencair. Jadilah, serigala kutub utara satu geng, senasib dengan beruang kutub.

Es laut Kutub Utara jatuh ke level terendah sejak 2007. Menurut para ilmuwan, Kutub Utara, sepuluh tahun lagi, cuma hamparan air belaka, lain tidak.

Celakanya, para ahli, khususnya di Pusat Keanekaragaman Hayati (CBD) AS juga mengatakan kalau mencairnya es di kawasan itu menjadi ancaman maut bagi 17 hewan yang habitatnya memang di Kutub Utara. "Selain beruang kutub, yang juga terancam antara lain paus dan singa laut," kata penulis laporan di atas, Shaye Wolf.

0 komentar:

Poskan Komentar