MAROKO

Adik-adik jangan salah mengartikan Maroko dengan “merokok” lho..!!! Maroko itu adalah salah satu nama negara di benua Afrika, tepatnya di Afrika bagian Utara. Mungkin negara ini tidak terlalu dikenal oleh adik-adik. Namun adik-adik perlu mengetahui bahwa banyak film-film Holliwood yang dibuat disana. Mungkin adik-adik pernah melihat film Babel?? Itu loh film yang dibintangi sama Brad Pitt?? Nah syuting film tersebut ternyata dilakukan di Maroko.

Nama resmi Maroko adalah Kerajaan Maroko. Negara Maroko dikelilingi oleh Samudera Atlantik, laut Mediterania dan Selat Gibraltar. Ternyata ya adik-adik, Maroko ini belum menjadi anggota Uni Afrika!!! Tapi Maroko sudah masuk menjadi anggota Liga Arab dan juga OKI. Maroko ini mendapatkan kemerdekaan dari Perancis pada tanggal 2 Maret 1956. Bentuk pemerintahan Maroko adalah monarki konstitusional, dengan kepala negaranya adalah seorang raja, dan kepala pemerintahannya seorang perdana menteri. Raja Maroko sekarang bernama Raja Mohammed VI. Ibukota negara Maroko terletak di kota Rabat. Negara ini mengandalkan pariwisatanya sebagai aset utama pendapatan negara. Mata uang Maroko adalah Dirham.

Orang-orang Maroko berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab klasik sebagai bahasa nasionalnya, selain itu bahasa Perancis dan Spanyol menjadi bahasa kedua disana. Orang Maroko terkenal dengan dialek “Moroccan Arabic”. Makanan khas Maroko sangatlah unik dan bervariasi. Makanan khas Maroko merupakan bentuk percampuran antara masakan-masakan khas Eropa, Arab dan Afrika. Di tangan para koki Maroko percanpuran ini menjadi makanan khas Maroko yang tidak ada duanya di dunia. Tahu ga adik-adik?? Ternyata orang Maroko sangat menyukai minuman teh hijau yang dicampur dengan mint….wah kayaknya yummi dan seger banget ya…☺

Kalau Indonesia punya dangdut sebagai musik khas kita, maka orang-orang Maroko punya musik “chaabi” sebagai musik khas mereka. Musik Chaabi ini biasa dimainkan di pasar-pasar atau pusat perbelanjaan di Maroko. Di Maroko terdapat satu kota yang sangat terkenal sekali, namanya kota Casablanca. Hehehe….kayak nama salah satu tempat di Jakarta Selatan itu lho ya adik-adik...☺ Casablanca artinya itu “rumah putih”. Di kota Casablanca ini banyak sekali tinggal orang-orang Perancis.

Kerajaan Maroko (bahasa Arab: المملكة المغربية) adalah sebuah negara di barat laut Afrika yang mempunyai garis pantai yang panjang dekat Samudra Atlantik yang memanjang melewati Selat Gibraltar hingga ke Laut Tengah. Maroko menduduki Sahara Barat pada 1975, namun peristiwa tersebut belum diakui secara global.

Al Mamlakah al Maghribīyah
Bendera
Motto: الله، الوطن، الملك (Allāh, al Waţan, al Malik = "Allah, Negara, Raja")
Lagu kebangsaan: Hymne Cherifien
Ibu kota Rabat
Kota terbesar Casablanca
Bahasa resmi Arab
Pemerintahan Monarki Konstitusional
- Raja Mohammed VI
- Perdana Menteri Abbas El Fassi
Kemerdekaan
- - Dari Perancis 2 Maret 1956
Luas
- Total 446,550 km2 (56)
- Air (%) -
Penduduk
- Perkiraan 2005 32.725.847 (35)
- Sensus - -
- Kepadatan 73/km2 (96)
PDB (KKB) Perkiraan 2005
- Total US$129,2 miliar (53)
- Per kapita US$4.332 (112)
Mata uang Dirham (MAD)
Zona waktu WET (UTC0)
- Musim panas (DST) WEST (UTC+1)
Domain internet .ma
Kode telepon 212
Maroko

0 komentar:

Poskan Komentar