Greenland

Kalaallit Nunaat Grønland
Bendera Greenland
LocationGreenland.png
Bahasa resmi Kalaallisut Denmark
Ibukota Nuuk
Ratu Margrethe II
Perdana Menteri Kuupik Kleist
Wilayah - Total - % air 2.166.086 km² 81,1%
Penduduk - perk. 2006 - Kepadatan 56.969 0,025/km²
Mata uang Krone
Zona waktu UTC 0 hingga -4
Lagu kebangsaan Nunarput Utoqqarsuanngoravit Nuna Asiilasooq
TLD .gl
Kode telepon +299

Greenland dalam bahasa Inggris, atau Tanah Hijau (nama resmi: Kalaallit Nunaat, bahasa Denmark: Grønland), adalah sebuah pulau di Samudra Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada. Luas wilayahnya adalah 2.166.086 km² dan merupakan pulau terbesar di dunia. Pulau ini termasuk wilayah Kerajaan Denmark. Sejak tahun 1979, Tanah Hijau diberi kemandirian dan sejak tahun 1985 tidak lagi menjadi anggota Uni Eropa. Akan tetapi, Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara. Ibukota Tanah Hijau adalah Nuuk.

Geografi

Tanah Hijau secara geografis merupakan bagian dari Amerika Utara. 80% dari seluruh wilayah tertutup es yang di beberapa tempat ketebalannya mencapai 3 kilometer. Hanya daerah pesisir selatan dan barat yang bisa didiami manusia.

Sejarah

Peta Tanah Hijau.

Ekonomi

Perekonomian Tanah Hijau tergantung dari produksi bahari, peternakan domba, dan pertambangan. Produk yang dihasilkan dari sektor pertambangan antara lain kreolit, kwarts, tembaga, seng dan besi.

Demografi

Penduduk asli Tanah Hijau adalah orang Inuit atau Eskimo. Sementara ada pula orang Denmark dan campuran antara orang Inuit dan Denmark yang disebut sebagai orang Tanah Hijau. Di Qaanaaq didirikan markas militer Amerika Serikat. Penduduk Tanah Hijau berjumlah kira-kira 58.000 jiwa yang terdiri atas 80% orang Tanah Hijau, 14,5% orang Denmark, dan sisanya dari suku bangsa yang lain. Bahasa yang banyak digunakan di Tanah Hijau adalah bahasa Inuit sehingga menjadi bahasa resmi selain bahasa Denmark.

Agama yang paling banyak dianut penduduknya adalah Kristen Protestan aliran Luther, sama seperti di Denmark.

Map of Greenland

A map of Greenland (dependency). Click to see the map on MSN Maps & Directions

0 komentar:

Posting Komentar