COLOMBIA

Flag of Colombia
Fakta & Angka

Presiden: Alvaro Uribe (2002)

Luas: 401.042 mil ² (1.038.699 sq km); luas areal: 439.736 mil ² (1.138.910 sq km)

Penduduk (2010 est): 44.205.293 (tingkat pertumbuhan: 1.1%); tingkat kelahiran: 17.7/1000; angka kematian bayi: 16.8/1000; harapan hidup: 74,3; kepadatan per sq km: 43

Capital and largest city (2003 est.): Santafé de Bogotá, 7,594,000 (metro. area), 7,185,889 (city proper) Ibukota dan kota terbesar (2003): Santafé de Bogota, 7.594.000 (metro. area), 7185889 (kota yang tepat)

Other large cities: Cali, 2,283,200; Medellín, 1,957,800; Barranquilla, 1,330,400; Cartagena, 901,500 Kota besar lainnya: Cali, 2283200; Medellín, 1957800; Barranquilla, 1330400; Cartagena, 901.500

Monetary unit: Colombian Peso Unit Moneter: Peso Kolombia

Geography Geografi

Colombia is bordered on the northwest by Panama, on the east by Venezuela and Brazil, and on the southwest by Peru and Ecuador.

Kolombia berbatasan di barat laut oleh Panama, di timur oleh Venezuela dan Brasil, dan di barat daya oleh Peru dan Ekuador.

Through the western half of the country, three Andean ranges run north and south.

Melalui bagian barat negara itu, tiga Andean rentang menjalankan utara dan selatan.

The eastern half is a low, jungle-covered plain, drained by spurs of the Amazon and Orinoco Rivers, inhabited mostly by isolated tropical-forest Indian tribes.

Bagian timur adalah hutan, dataran rendah yang tertutup, terkuras oleh taji dari Amazon dan Sungai Orinoco, dihuni sebagian besar oleh hutan tropis-suku Indian yang terisolasi.

The fertile plateau and valley of the eastern range are the most densely populated parts of the country.

Dataran tinggi subur dan lembah rentang timur adalah bagian yang paling padat penduduknya di negeri ini.

Pemerintah

Republik.

Sejarah

Little is known about the various Indian tribes who inhabited Colombia before the Spanish arrived.

Sedikit yang diketahui tentang berbagai suku-suku Indian yang mendiami Kolombia sebelum Spanyol datang.

In 1510 Spaniards founded Darien, the first permanent European settlement on the American mainland.

Pada 1510 Spanyol mendirikan Darien, European tinggal permanen pertama di daratan Amerika.

In 1538 they established the colony of New Granada, the area's name until 1861.

Tahun 1538 mereka mendirikan koloni di New Granada, nama daerah sampai 1861.

After a 14-year struggle, during which time Simón Bolívar's Venezuelan troops won the battle of Boyacá in Colombia on Aug. 7, 1819, independence was attained in 1824.

Setelah perjuangan selama 14 tahun, di mana pasukan Venezuela Bolívar's Simón waktu memenangkan pertempuran Boyacá di Kolombia pada 7 Agustus 1819, kemerdekaan tercapai pada tahun 1824.

Bolívar united Colombia, Venezuela, Panama, and Ecuador in the Republic of Greater Colombia (1819–1830), but he lost Venezuela and Ecuador to separatists.

Bolívar bersatu Kolombia, Venezuela, Panama, dan Ekuador di Republik Kolombia Raya (1819-1830), tetapi ia kehilangan Venezuela dan Ekuador untuk separatis.

Two political parties dominated the region: the Conservatives believed in a strong central government and a powerful church; the Liberals believed in a decentralized government, strong regional power, and a less influential role for the church.

Dua partai politik mendominasi wilayah: Konservatif percaya pada pemerintah pusat yang kuat dan sebuah gereja kuat; Liberal percaya pada pemerintahan yang terdesentralisasi, kekuatan regional yang kuat, dan peran berpengaruh kurang bagi gereja.

Bolívar was himself a Conservative, while his vice president, Francisco de Paula Santander, was the founder of the Liberal Party. Bolívar adalah dirinya Konservatif, sementara wakil presiden, Francisco de Paula Santander, adalah pendiri Partai Liberal.

Santander served as president between 1832 and 1836, a period of relative stability, but by 1840 civil war had erupted.

Santander menjabat sebagai presiden antara 1832 dan 1836, jangka waktu yang relatif stabil, tetapi oleh 1840 perang sipil meletus.

Other periods of Liberal dominance (1849–1857 and 1861–1880), which sought to disestablish the Roman Catholic Church, were marked by insurrection.

Periode lain dari dominasi Liberal (1849-1857 dan 1861-1880), yang berusaha membatalkan Gereja Katolik Roma, yang ditandai dengan pemberontakan.

Nine different governments followed, each rewriting the constitution.

Sembilan diikuti pemerintah yang berbeda, masing-masing menulis ulang konstitusi.

In 1861, the country was called the United States of New Granada; in 1863 it became the United States of Colombia; and in 1885, it was named the Republic of Colombia.

Pada 1861, negara ini disebut Amerika Serikat Granada Baru, pada 1863 itu menjadi Amerika Serikat Kolombia, dan pada 1885, ia bernama Republik Kolombia.

In 1899, a brutal civil war broke out, the War of a Thousand Days, that lasted until 1902.

Pada tahun 1899, perang saudara yang brutal pecah, Perang dari Hari Seribu, yang berlangsung sampai 1902.

The following year, Colombia lost its claims to Panama because it refused to ratify the lease to the United States of the Canal Zone.

Tahun berikutnya, Kolombia kehilangan klaim untuk Panama karena menolak untuk meratifikasi sewa ke Amerika Serikat dari Zona Terusan.

Panama declared its independence in 1903.

Panama mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1903.

Republik Kolombia ialah sebuah negara di barat laut Amerika Selatan yang hutannya lebat. Sekitar 72% merupakan kawasan hutan. Kolombia berbatasan dengan Laut Karibia di sebelah utara dan barat laut; Venezuela dan Brasil di timur; Peru dan Ekuador di selatan; serta Panama dan Samudra Pasifik di barat. Kolombia merupakan negara penghasil kopi terbesar kedua di dunia setelah Brasil. Negara yang dilintasi garis khatulistiwa ini juga penghasil zamrud. Hampir 95% konsumsi zamrud dunia berasal dari negara ini. Luas wilayahnya sekitar 2,5 kali luas pulau Sumatra.

Kolombia adalah negara terbesar ke-26 di dunia dan negara ke-empat terbesar di Amerika Selatan (setelah Brazil, Argentina, dan Peru), dengan area lebih dari dua kali Perancis. Di Amerika Latin, negara ini juga negara ketiga untuk jumlah populasi setelah Brazil and Meksiko. Kolombia juga merupakan kekuatan dengan kekuatan menengah[1] dengan populasi kedua terbesar yang berbahasa Spanyol di dunia setelah Meksiko.[2]

Dikenal karena kebudayaannya dan juga merupakan pusat industri manufaktur etrbesar di Amerika Selatan. Kolombia juga merupakan negara dengan keragaman etnik yang bervariasi di lintas Selatan, dimana ini merupakan hasil dari migrasi berskala besar pada abad ke-20. Dan sejak saat itu, negara ini mendapatkan penambahan jumlah populasi yang drastis.

Negara ini juga mengalami konflik intensif berskala kecil dengan grup pemberontak gerilya, mantan militer, perdagangan narkobag dan korupsi di sejumlah kota-kota kecil. Konlfik ini terjadi sekitar tahun 1964-1966, ketika Pasukan Militer Revolusioner Kolombia (FARC) dan Pasukan Liberal Nasional (ELN) didirikan dan ketika dimulai kampanye melakukan pemberontakan "gerilya" melawan pemerintahan Kolombia.

Etimologi

Kata "Kolombia" berasal dari Christopher Columbus (Cristóbal Colón di Spanyol, Cristoforo Colombo di Italia). Kata ini terlahir dari revolusi oleh Francisco de Miranda sebagai pemberitahuan kepada dunia luar akan adanya dunia baru, terutama pada bangsa Amerika dan koloni di bawah jajahan Spanyol dan Portuguese. Kata ini kemudian diadopsi oleh Republik Kolombia tahun 1819 yang membentuk persatuan antara Venezuela, Granada Baru dan Ekuador.

Pada 1830 ketika Venezuela dan Ekuador memisahkan diri, area Kundinamarka yang tersisa menjadi satu negara baru yaitu Republik Granada Baru. Tahun 1863 Granada Baru secara resmi mengganti namanya menjadi Serikat Kolombia, dan di 1886 mengadopsi nama yang sekarang digunakan:Republik Kolombia.

Sejarah

Zipa pada zaman dahulu menutupi seluruh tubuhnya dengan emas dan dengan kekuasaannya, dia menawarkan kepada Guatavita dewi wanita di danau yang dikeramatkan. Tradisi lama Muiska menjadi awal dari legenda El Dorado.
Kolombia Raya

Sekitar 10,000 sebelum Masehi komunitas pemburu tinggal di area yang saat ini dikenal sebagai Bogotá (di "El Abra" dan "Tequendama") yang saling barter satu sama lainnya dengan komunitas yang tinggal di sekitar lembah Sungai Magdalena.[3]

Pada awal sejarah Masehi, kelompok Amerindian membentuk sistem politik dari "cacicazgos" dengan struktur piramida dengan kekuasaan terletak diatas cacique. Didalam Kolombia sendiri, dua kebudayaan dengan sistem cacicazgo yang paling rumit adalah Tayrona di area Karibia, dan Muiska di dataran tinggi sekitar Bogotá, keduanya adalah keluarga dengan bahasa Chibcha. Muiska dikenal memiliki sistem politik yang paling maju di Amerika Selatan, setelah Incas.[4]

Penjelajah Spanyol melakukan eksplorasi pertama di teritori Karibia tahun 1500 dipimpin oleh Rodrigo de Bastidas. Christopher Columbus berlayar dekat Karibia di 1502. Dan pada tahun 1508, Vasco Nuñez de Balboa memulai penelusuran ke teritori melalui area Urabá. Di 1513, dia juga merupakan pendatang Eropa pertama yang menemukan Lautan Pasifik yang dia sebut sebagai Mar del Sur (atau "Laut Selatan") dan saat itu pula pendatang Spanyol datang ke Peru dan Chili. Populasi utama dari area ini saat itu terdiri dari raturan pemburu Chibchan dan Carib, yang saat ini dikenal sebagai penduduk Karibia, yang jumlahnya berkurang karena peperangan melawan penjajah Spanyol. Pada abad ke-16, penduduk Eropa mulai membawa budak dari Afrika.

Francisco de Paula Santander, Simón Bolivar dan pahlawan lain dalam kemerdekaan Kolombia di Congress of Cúcuta.

Sejak awal periode Kolonial, selalu ada pemberontakan melawan penjajahan Spanyol. Kebanyakan gaampang dihancurkan atau

terlalu lemah untuk merubah keadaan. Pemberontakan terakhir yang berhasil mendapatkan kemerdekaan dari Spanyol, terjadi di tahun 1810, mengikuti kemerdekaan St. Domingue di 1804 (dikenal sebagai Haiti), yang memberikan dukungan tak terbatas kepada pemimpin pemberontakan ini: Simón Bolívar dan Francisco de Paula Santander. Simón Bolívar akhirnya menjadi presiden pertama di Kolombia dan Francisco de Paula Santander menjadi Wakil Presiden; ketika Simón Bolívar turun jabatan, Santander menjadi presiden kedua Kolombia. Pemberontakan akhirnya sukses di tahun 1819 ketika teritori Sub Kerajaan Granada Baru menjadi Republik Kolombia Raya dengar federasi meliputi Ekuador dan Venezuela (Panama).

Karena politik internal dan divisi territ terjadi perpecahan yang menyebabkan Venezuela dan Quito (sekarang Ekuador) memisahkan diri di 1830. Pada zaman ini, daerah yang saat itu disebut sebagai "propinsi Kundinamarka" mengadopsi nama "Nueva Granada", dan nama tersebut terus dipelihara sampai 1856 ketika daerah ini menjadi "Konfederasi Granadina" (Grenadine Confederation). Setelah dua tahun perang sipil di tahun 1863,"Serikat Kolombia" terbentuk, yang berlangsung sampai 1886, ketika negara ini akhirnya menjadi seperti yang dikenal sekarang Republik Kolombia. Divisi internal tetap ada antara kekuatan politik dua partai, seringnya menimbulkan perang sipil yang berdarah, yang paling terkenal adalah perang sipil 1000 hari (1899 - 1902) yang bersamaan dengan keinginan Amerika Serikat untuk mengambil alih kontrol konstruksi (terutama Kanal Panama) yang menyebabkan memisahnya departemen Panama di 1903 menjadi sebuah negara. Kolombia terlibat dalam perang yang cukup lama dengan Peru mengenai masalah teritori termasuk departemen Amazonas dan kotanya Leticia.

Segera setelah itu, Kolombia mencapai stabilitas politik, yang di interupsi oleh pertikaian berdarah antara akhir 1940s dan awal 1950s, perioda yang dikenal sebagai La Violencia ("Kekejaman"). Penyebab utamanya karena memuncaknya tekanan antara dua partai politik yang dominan, yang dipicu oleh pembunuhan kandidat presiden Liberal Jorge Eliécer Gaitán pada [[9 April]], 1948. Pembunuhan ini menyebabkan pemberontakan di Bogotá dan dikenal sebagai [[El Bogotazo]], kekejaman dari pemberontakan ini menyebar ke seluruh negeri dan membunuh sekitar 180,000 warga Kolombia. Dari 1953 - 1964 kekejaman antara dua partai politik menyurut sejak [[Gustavo Rojas Pinilla|Gustavo Rojas]] menggulingkan Presiden Kolombia dalam sebuah kup d'etat, dan bernegosiasi dengan guerrilla, dan kemudian dibawah kepemimpinan militer Jendral Gabriel París Gordillo. Setelah Rojas mendamaikan dua partai politik Partai Konservatif Kolombian dan [[Partai Liberal Kolombian]] setuju untuk membentuk "Badan Nasional", dimana partai Liberal dan Konservatif akan berbagi kekuasaan. Kepresidenan akan ditentukan antara dua partai ini setiap 4 tahun selama 16 tahun; dua partai ini akan berbagi dan terlibat disemua pemilihan pejabat. Badan Nasional berakhir "La Violencia", dan administrasi Badan Nasional berusaha untuk melakukan perubahan sosial dan ekonomi dengan berkoordinasi dengan Badan Ukur. Akhirnya kontradiksi antara keputusan administratif yang dibuat partai Liberal dan Konservatif mengakibatkan keputusan menjadi campur aduk. Menafikan fakta di beberapa sektor, akhirnya terbentuk guerrilla secara formal dan disebut FARC, ELN dan M-19 untuk melawan pejabat pemerintahan dan politik yang terpengaruh oleh doktrin Perang Dingin.

Di akhir tahun 1970, kartel obat yang kejam dan berkuasa terbentuk antara tahun 1980 dan 1990. Kartel Medellín dibawah Pablo Escobar dan Kartel Kali, dalam hal tertentu mempengaruhi politik dan ekonomi di Kolombia selama masa ini. Kartel ini juga mendanai ilegal pasukan bersenjata untuk tujuan politis. Musuh dari pasukan ini berkerja sama dengan guerrilla membentuk grup paramiliter. Konstitusi Kolombia 1991 disetujui setelah diajukan oleh Badan Konstitusi Kolombia. Konstitusi meliputi posisi penting di bidang politik, etnik, gender, dan HAM. Konstitusi pada awalnya melarang ekstradisi nasional Kolombia. Terjadi akusisi oleh kartel obat karena larangan ini. Kartel-kartel ini sebelumnya mengkampanyekan melawan ekstradisi yang berujung pada ancaman teroris dan mafia. Mereka juga berusaha mempengaruhi pemerintahan dan struktur politik di Kolombia dengan korupsi dan saat itu terdapat 8000 skandal.

Anggota Pasukan Bersenjata Nasional Kolombian di kamp pelatihan.

Akhir-akhir ini, citra Kolombia masih ternodai karena perdagangan obat, guerrilla pendukung teroris seperti FARC dan grup paramiliter AUC (akhirnya dinon aktifkan meskipun kegiatan paramiliter masih tetap ada), yang bersama dengan faksi minor terlibat dalam pertikaian berdarah konflik bersenjata. Presiden Andrés Pastrana dan FARC bernegosiasi untuk mendapatkan solusi mengatasi konflik antara 1998 dan 2002 tapi gagal. President Andrés Pastrana juga mulai mengimplementasikan Rencana Kolombia, dengan dual gol yaitu mengakhiri pertikaian bersenjata dan strategi anti-narkotik.

Selama pemerintahan Álvaro Uribe, yang dipilih karena janji akan mengurangi tekanan militer pada FARC dan grup kriminal lainnya, terdapat perbaikan dalam hal keamanan, misalnya berkurangnya angka penculikan (dari 3700 tahun 2000 ke 800 di 2005) dan pengurangan kasus pembunuhan sebanyak 48% antara Juli 2002 dan Mei 2005 dan jumlah pendukung guerrila itself berkurang dari 16.900 ke 8.900 pengikut. Argumentasinya perkembangan ini karena peningkatan ekonomi dan pariwisata. [5] Skandal politik tahun 2006–2007 terjadi karena implikasi dari kejadian di masa lalu dengan hubungannya dengan grup paramiliter, terutama dengan AUC, dan pejabat dan politisi yang tergabung dalam administrasi pemerintahan. [6]

Geografi dan iklim

Peta relief Kolombia.

Kolombia memiliki keragaman yang beraneka dibandingkan area serupa Amerika Latin.[7] Negara ni merupakan bagian dari Cincin Api Pacific, daerah yang rawan gempa dan erupsi.

Los Llanos di Kolombia

Secara geografi Kolombia dibentuk oleh dua lempeng, satu lempeng Lautan Pasifik dan Laut Karibia dengan area seluas 828,660 km² dan yang kedua yang terbentuk oleh pegunungan Andes dan lempeng Llanos yang berbagi bersama Venezuela dengan area seluas 1'143,748 km². Permukaan Kolombian membentuk pola yang rumit. Bagian ketiga barat negeri ini adalah yang paling rumit, dimulai dari pantai di Lautan Pasifik di barat dan kearah timur pada ketinggian 5 derajat di utara, berbagai keragaman mulai terlihat; Di sisi barat yang lain adalah area yang sangat curam dan pantai terputus Pasifik di area bawahnya, yang dilatar belakangai oleh Serranía de Baudó, satu dari gunung terendah dan tercuram di pegunungan Kolombia. Selanjutnya adalah area padang Río Atrato-padang Río San Juan.

Area pegunungan sebelah barat, bernama Cordillera Occidental, adalah pegunungan dengan ketinggian moderat dengan puncak sekitar 13,000 ft (4,000 m). Lembah Sungai Cauca , adalah area agrikultur yang pentingdengan beberapa kota besar di pinggirnya, memisahkan Cordillera Occidental dari pusat Cordillera Central. Beberapa gunung bersaljudi pusat Cordillera Central memiliki ketinggian diatas 18,000 ft (5,500 m). Lembah Sungai Magdalena, salah satu arteri transportasi yang utama, memisahkan Cordillera Central dari area yang lebih timur yaitu Cordillera Oriental. Puncak-puncak di Cordillera Oriental memiliki ketinggian yang lumayan. Area ini yang membedakan bila dibandingkan dengan area pegunungan yg lain di Kolombia yang memiliki cawan besar. Ke timur negara ini, yang jarang dihuni, area datar yang menggulung ke area rendah timur disebut Llanos orientales bagian dari Cawan sungai Orinoco dan area rimba yang meliputi bagian Amazon bagian dari cawan sungai Amazon (kedua cawan ini disebut dataran timur) yang meliputi sekitar 60% dari total area tanah negeri ini. Dataran utara merupakan bagian dari Karibia daerah alami yang meliputi area pegunungan Sierra Nevada de Santa Marta, gunung tertinggi diatas permukaan laut dan Peninsula Guajira, daerah paling kering dengan formasi yang berbeda dari pegunungan Andes, Serranía de Macuira yang membentuk area hijau Guajira-Barranquilla.

Iklim

Puncak bersalju gunung berapi Nevado del Tolima. 5,200+ metres (17,060 ft)

Iklim di Kolombia ditentukan dari jaraknya ke garis Ekuator didominasi iklim tropis dan isotermal, memberikan varias untuk lima area alam dan bergantung pada ketinggian; ditentukan pula oleh iklim pegunungan, suhu, kelembaban, angin; dipengaruhi oleh pertukaran angin dan hujan semusim di Zona Konvergensi Intertropis. Kolombia juga dipengaruhi efek El Niño dan La Niña.

Bergantung pada ketinggian, suhu turun sekitar 3.5 °F (2 °C) setiap kenaikan 1.000-kaki (300-meter) di atas permukaan laut, memberi gambar puncak bersalju ke dataran panas. Curah hujan bervariasi sesuai lokasi dan memiliki dua musim (dua musim kering dan dua musim hujan). Kolombia memiliki curah hujan tertinggi di dunia untuk area Pasifik. Curah hujan di area peninsula Guajira kadang melebihi 30 (75 cm) setiap tahunnya. Selatan Kolombia memiliki curah lebih banyak, kadang lebih dari 200 in (500 cm) per tahun. Curah hujan terjadi pada musim pancaroba.

Area panas dan lembab di pantai Pasifik Kolombiat,yang paling banyak memiliki curah hujan.

Ketinggian mempengaruhi suhu dan juga tanaman. Dan merupakan faktor pengaruh terpenting pada pola tanaman di Kolombia, yang menyebabkan di area pegunungan bisa dibagi atas beberapa zona tanaman. "Tierra caliente" (tanah panas), dibawah 3,300 ft (1,000 m), berisi tanaman tropis. "tierra templada" (tanah lebih sejuk), antara 3,300 - 6,600 ft (1,000 - 2,000 m). Gandum dan kentang mendominasi area "tierra fría" (tanah sejuk), ketinggian 6,600 - 10,500 ft (2,000 - 3,200 m). "Zona forestada" (zona hutan), antara 10,500 dan 12,800 ft (3,200 dan 3,900 m). Area tanpa pepohonan mendominasi páramos(padang kering), atau ilalang, di ketinggian 12,800 - 15,100 ft (3,900 - 4,600 m). Diatas 15,100 ft (4,600 m), dimana suhu mulai membeku, adalah "tierra helada", zona es dan salju abadi.

Flora di Kolombia dan Fauna juga berinteraksi dengan pola zona iklim. Pepohonan tersebar dan ilalang mendominasi area semikering di timur laut steppe dan padang tropis. Di selatan, savannah/sabana berisi (tanaman tropis) dan meliputi sisi timur; bagian Kolombian dari llanos. Area berhujandi selatan dipenuhi oleh tanaman tropis hutan hujan. Di gunung pengaruh hujan semusim membentuk pola tanaman tersendiri. Di bagian dengan curah terbesar akan terlihat hijau dan subur, sementara di area lain bisa terlihat gersang. Dengan begitu Kolombia disebut negara dengan variasi terbesar diantara 17 negara dengan mega perbedaan di dunia.[8]

Isu Lingkungan Hidup

Nevado del Ruiz volcano, meletus tahun 1985 dan menyebabkan tragedi Armero.

Isu Lingkungan Hidup di Kolombia disebabkan oleh bencana alam dan ulah manusia. Bencana alam disebabkan karena posisi Kolombia di cincin api Pasifik dan menyebabkan tidak stabilnya geologi daerah etsebut. Kolombia memiliki 15 gunung berapi aktif yang menyebabkan tragedi Armero dan gempa bumi Armenia tahun 1999. Area yang paling terkena akibat karena ulah manusia adalah area Karibia; Area La Mojana and cawan sungai Magdalena. Penambahan populasi dan limbah industri yang membuat polusi lingkungan. Pendukung konflik bersenjata Kolombia juga berkontribusi dalam pencemaran lingungan di Kolombia. Karena mereka menebangi hutan di area hutan lindung dan pemerintah membasmi area ini dengan zat kimia berbahaya. Guerrilla juga menghancurkan pipa minyak dan mengakibatkan bencana ekonomi.

Pemerintahan, hukum dan politik

Casa de Nariño, istana presiden di Bogotá tempat bagi Presiden Kolombia dan pejabat negara MPR Kolombia.

Pemerintahan Kolombia mengambil bentuk kepresidenan demokrasi perwakilan republik yang ditetapkan oleh Konstitusi Kolombia tahun 1991. Pemerintahan Kolombia terbagi tiga kekuasaan; eksekutif, legislatif dan yudikatif dengan lembaga kontrol dan lembaga pemilihan khusus. Presiden Kolombia adalah puncak eksekutif tertinggi di Kolombia dan juga sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan dengan kekuasaan administratif, diikuti oleh Wakil Presiden dan Kementrian Kolombia.

Pada level propinsi, pemerintahan dipegang oleh gubernur departemen, bupati untuk level kabupaten and pejabat lokal untuk area yang lebih kecil seperti corregidor untuk corregimientos/area pedesaan. Cabang legislatif di Kolombia adalah Kongres Nasional Kolombia yang membentuk majelis teratas Senat Kolombia dan Majelis Perwakilan Kolombia. Pada level propinsi dibentuk badan propinsi dan badan kota untuk tingkat kabupaten. Kedua baadng legislatif dan eksekutif berbagi kekuasaan sedang yudikatif merupakan badan independen. Cabang yudikatif berada dibawah sistem adversarial dengan bentuk Mahkamah Agung Kolombia yang merupakan badan tertinggi dan berbagi tanggungjawab dengan Lembaga Negara, Lembaga Konstitusi dan Lembaga Tinggi Pengadilan yang juga mempunyai lembaga sejenis di tingkat bawahnya.

Divisi Administratif

Kolombia terbagi atas 32 departemen dan satu distrik kapital yang diperlakukan sebagai departemen. Terdapat 10 distrik untuk beberap kota Kolombia termasuk Bogotá, Barranquilla, Kartagena, Santa Marta, Tunja, Kukuta, Popayan, Buenaventura, Tumako dan Turbo. Kolombia terbagi atas daerah istimewa munisipaliti yang membentuk departemen, dengan satu kursi perwakilan.

Kolombia juga terbagi atas corregimiento yang membentuk daerah istimewa. Tiap departemen mempunyai pemimpin lokal dan diketuai oleh gubernur departemen dan pejabatnya dipilh secara periodik 4 tahun sekali dalam pemilu daerah. Setiap munisipaliti juga memiliki ketuanya dengan badan tersendiri. Ketua untuk Corregimiento dipilih oleh pilkada atau pemimpin lokal.

1 Amazonas 2 Antioquia 3 Arauca 4 Atlántico 5 Bolívar 6 Boyacá 7 Caldas 8 Caquetá 9 Casanare 10 Cauca 11 Cesar 12 Chocó 13 Córdoba 14 Kundinamarka 15 Guainía 16 Guaviare 17 Huila 18 La Guajira 19 Magdalena 20 Meta 21 Nariño 22 Norte de Santander 23 Putumayo 24 Quindío 25 Risaralda 26 San Andrés dan Providencia 27 Santander 28 Sucre 29 Tolima 30 Valle del Cauca 31 Vaupés 32 Vichada 33 Bogotá* (Distrik Ibu kota)

Beberapa departemen juga memiliki badan administratif lokalseperti di departemen Antioquia dan Kundinamarka, dimana kota-kotanya memiliki populasi yang besar dan daerahnya saling berdekatan. Untuk departemen dengan populasi jarang dan memiliki masalah keamanan seperti departemen di timur Kolombia Amazonas, Vaupés dan Vichada mereka memiliki badan administratif khusus, beberapa dikategorikan sebagai corregimiento, yang merupakan gabungan dari corregimiento dan munisipaliti. Perbedaanya disamping populasi juga dalam hal alokasi anggaran.

q

0 komentar:

Posting Komentar