KOLEKSI SENJATA

SENAPAN MERK TOWER 1856

Asal : Stedelijk Historisch Museum Surabaya. Benda ini berbentuk keseluruhan memanjang polos, laras berbentuk bulat, popor terbuat dari kayu, bentuk menyerupai segitiga, dibawah ada alat untuk membersihkan laras lantakan terbuat dari besi, mempunyai fiser (alat untuk membidik). Cara pemakaian : Mesiu bubuk dimasukkan melalui lubang laras, peluru dimasukkan baru kemudian pelatuknya ditarik ke belakang, senajta semacam ini digunakan oleh tentara Marsose (dalam perang Aceh). Koleksi yang dipamerkan sejumlah 4 buah senapan merk tower 1856.

SENAPAN

Asal : Stedelijh Historisch Museum Surabaya Bentuk keseluruhan memanjang polos, laras berbentuk bulat, popr terbuat dari kayu, bentuk menyerupai segitiga, lantalan terbuat dari besi, popor dan landasan terbuat dari kayu jati, mempunyai fiser (alat untuk membidik). Cara pemakaian : Mesiu bubuk dimasukkan melalui lubang laras, peluru dimasukkan, kemudian ditarik pelatuknya. Senjata semacam ini digunakan oleh tentara Marsose dalam perang Aceh dan tentara Hindia Belanada. Koleksi yang dipamerkan berjumlah 4 buah senapan.

SANGKUR

Asal : Stedelijk Historisch Museum Surabaya. Bentuknya pipih memanjang bagian tengah agak tipis, ketajamannya pada satu sisi, ujung lancaip, pegangan dari baja, sangkur ini biasanya ditempatkan pada bagian bawah laras senapan, senjata ini sebagai senjata tusuk, digunakan oleh tentara Marsose (Perang Aceh) dan Perang Dunia Ke II.

TOPI INGGRIS DAN PEDANG

Asal : Stedelijk Historisch Musem Surabaya. Topi dan pedang merupakan kelengkapan pakaian prajurit Inggris yang tidak boleh dipisahkan. Kelengkapan pakaian ini tidak bisa dipakai oelh tentara Inggris dalam pertempuran pada waktu koloni Inggris di Indonesia dan Semenanjung Malaka.

PISTOL

Asal : Stedelijk Historisch Musem Surabaya. Benda ini termasuk jenis Colt38, laras berbentuk segi delapan dilengkapi lantakan, mempunyai kunci silinder 6 dan dapat ditembakan 6 kali berturut-turut dengan mengokang kunci pada bagian belakang. Pistol ini banyak dipergunakan oleh polisi pada jaman penjajahan Belanda.

Pistol Browing

Asal : Stedelijk Historisch Musem Surabaya. Disebut Browing karena pistol ini dibuat oleh Browing, dengan popor terbuat dari kayu dan besi, laras ada yang berbentuk bulat ada pula yang berhiaskan ukiran dengan motif sulur, mengenai lubang kunci ada di bagian atas, ada pula yang dibagian bawah. Cara pemakaian : Pengisian mesiu dari lubang bagian atas baru kemudian ditarik pelatuknya kebelakang. Pistol semacam ini dipergunakan opsir Belanda pada jaman Penjajahan Belanda VOC.

0 komentar:

Posting Komentar