Pemanfaatan Peta

DASAR PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN

Informasi geografis yang ada dalam peta dapat digunakan sebagai dasar perencanaan dan pengambilan keputusan. Misalnya perencanaan pembangunan jalan, pusat perdagangan, perjalanan wisata dll. Dalam bidang militer, peta digunakan untuk membantu menentukan lokasi persembunyian musuh sehingga memudahkan penyerangan. Dalam bidang sosial budaya, peta digunakan sebagai dasar perencanaan dan pengambilan keputusan.

MENUNJUKKAN LOKASI SUATU WILAYAH

Peta dapat digunakan untuk mengetahui lokasi suatu tempat. Misalnya wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, sehingga dapat membantu untuk mencapai tempat yang dituju.

SEBAGAI SUMBER INFORMASI

Peta merupakan sumber informasi yang penting. Di dalam peta terdapat informasi geografis, baik fisik maupun sosial, seperti iklim, penduduk, potensi kekayaan alam, tingkat kemiskinan, jalan, lokasi pertambangan, dll. Peta juga memberikan informasi tentang perubahan suatu gejala geografis dari waktu ke waktu, misalnya perubahan luas hutan dari tahun 1980 – 2000, perubahan tata guna lahan pasca Tsunami di Aceh dan sebagainya.

0 komentar:

Poskan Komentar