ANGIN LAUT ANGIN DARAT

PDF Print E-mail
Sep 19, 2008 at 07:00 AM
IMG_1080ANGIN adalah udara yang bergerak, kamu sudah tau itu. Bergerak dari mana ke mana? Ya betul seperti halnya air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah, udara pun bergerak dari yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah. Nah bagi kamu yang tinggal di tepi laut, kemanakan angin bertiup pada saat siang hari? Dan bagaimana pada malam hari? Bisakah kamu jelaskan bagaimana terjadinya angin laut dan angin darat?

Kejadian yang menarik yang hanya bisa kamu amati di tepi laut adalah adanya angin yang dalam satu harinya berubah arah, yaitu angin darat dan angin laut. Sesuai namanya, angin darat berarti bertip dari daratan menuju laut, dan begitu juga sebaliknya dengan angin laut, yang bertiup dari laut menuju darat.

anginSaat siang hari, matahari memanasi daratan dan lautan, seperti halnya logam dan air, maka daratan akan lebih cepat menyerap panas dibandingkan lautan, akibatnya udara di daratan lebih cepat memuai, dan naik ke angkasa, akibatnya tekanan udara di daratan berkurang.

Hukum alam berlaku menuju kesetimbangan, udara ”dingin” disekitar nya akan ”menyerbu” menggantikan udara ”panas” yang naik tadi. Atau dengan kata lain, udara yang bertekanan lebih tinggi di lautan, akan mengalir menuju udar yang bertekanan lebih rendah di daratan tadi. Terjadilah angin laut.

Pada malam hari disaat dingin ”menyelimuti” bumi, seperti halnya logam dan air yang di panaskan tadi, maka daratan lebih cepat menjadi dingin, atau lautan menjadi ”lebih panas” dari daratan. Situasi yang sama terjadi, udara di lautan yang ”panas” akan naik dan digantikan oleh udara yang ”dingin” yang ada di daratan. Terjadilah angin darat.

Ada yang belum memahaminya? Coba diskusikan dengan guru kamu, ayah, ibu, atau dengan teman-teman kamu.***

(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Poskan Komentar