Terumbu karang

Pengantar

Terumbu karang merupakan sumber kehidupan bagi biota laut lainnya dan sebagai sumber kekayaan alam hayati yang tidak ternilai harganya. Terumbu karang adalah salah satu tumpuan mas depan manusia. Indonesia merupakan pusat keaneka ragaman hayati terumbu karang didunia.

Indonesia mempunyai kondisi alam yang baik bagi pertumbuhan terumbu karang. Kondisi terumbu karang di Indonesia dari pengukuran terhadap 371 contoh transek dari kawasan timur tengah dan barat perairan Indonesia adalah 6,2 % baik sekali, dan 28,30% sudah mulai rusak.

Kondisi alam yang baik yang dimiliki Indonesia bagi pertumbuhan. Terumbu karang adalah :

1. Suhu laut 27% C hingga 28% C 2. Kedalaman perairan : < 30 M (optimal25 m) 3. Salinitas rata-rata : 33 % 4. Intensitas cahaya yang cukup untuk fotosintesis pada 200 x arthellae 5. Gelombang besar

Apakah terumbu karang itu ? Terumbu karang adalah bangunan ribuan karang. Setiap karang merupakan kumpulan hewan-hewan kecil dari kelas Anthozoa berbentuk polip yang dapat mensekresikan CaCO3 Anthozoa adalah kelompok hewan berbentuk bunga (Anthos : bunga, 200 = hewan) dari phylum Coelenterata (Coelenterata berasal dari kata yunani, coilos dan enteron coilos) artinya rongga, eateron berarti usus Coelenterata berarti hewan berongga. Ciri-ciri Coelenterata yaitu :

  1. Tubuh Simetris radial berbentuk silud
  2. Tubuh terdiri dari 2 jaringan (diploblastik)
  3. Punya mulut yang dikelilingi tentakel
  4. Bentuk tubuh polip dan medusa
  5. Hidup ada yang soliter dan ada yang berkolompok
  6. Reproduksi = aseksual dan seksual

Polip Polip adalah bentuk hewan seperti kantung yang mempunyai tangan yang disebut tentakel. Biasanya polip menempel pada substrat atau dasar perairan.

0 komentar:

Poskan Komentar