Britania Raya

Britania Raya adalah sebuah pulau yang terletak di lepas pantai Eropa Barat sebelah barat laut. Pulau ini memiliki luas 218.595 km² dan secara keseluruhan merupakan wilayah Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara. Di pulau ini terletak tiga negara bagian atau wilayah negara kesatuan ini yaitu: Skotlandia, Inggris dan Wales.

Lokasi pulau Britania Raya

Britania Raya disebut Raya untuk membedakannya dengan Britania yang lain yaitu région Bretagne di Perancis. Nama Britania Raya berasal dari bahasa Perancis Grand-Bretagne. Dan karena bahasa resmi pemerintahan Inggris mulai dari tahun 1066 adalah bahasa Perancis, maka nama ini dipakai terus sampai bahasa Inggris menjadi bahasa resmi kembali. Oleh para sejarawan nama “Bretayne the grete” dipakai pada tahun 1338. Namun secara resmi nama ini baru dipakai oleh raja James I (James VI of Scots and I of England and Ireland) pada 20 Oktober 1604. Kala itu ia menyatakan sumpah bahwa ia adalah “Raja Britania Raya” dan tidak hanya “Skotlandia” dan “Inggris” saja sebab Wales juga termasuk wilayahnya.

Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (bahasa Inggris: United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland atau disingkat UK) atau umumnya dikenal sebagai Britania Raya, Inggris, Inggris Raya, atau Pulau Britania Raya (yang merupakan sebuah pulau dan negara Inggris merupakan bagian daripadanya) adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Utara di antara Laut Utara dan Samudra Atlantik. Negara ini sebelum Irlandia Utara bergabung bernama Kerajaan Britania Raya.

Keluarga Kerajaan

Ratu secara resmi juga kepala negara beberapa Negara Persemakmuran seperti Kanada dan Australia.

Exekutif

Parlemen Britania Raya adalah yang tertua di dunia dan terdiri dari dua kamar: House of Commons dan House of Lords.

Demografi

Bahasa utama yang digunakan adalah bahasa Inggris. Bahasa daerah lainnya termasuk bahasa Keltik (Celtic); bahasa Wales, dan yang berhubungan dekat Scots Gaelik, bahasa Irlandia, bahasa Cornish; dan juga bahasa Skotlandia, yang berhubungan dekat dengan bahasa Inggris; bahasa Romawi dan bahasa isyarat Britania (bahasa isyarat Irlandia Utara juga digunakan di Irlandia Utara). Pengaruh terhadap dialek Keltik dari bahasa Kumbrik (Cumbric) tetap bertahan di utara Inggris selama beberapa abad, dan paling terkenal digunakan sebagai set angka yang unik untuk menghitung domba.

Belakangan ini para imigran, terutama dari Persemakmuran, bicara beberapa bahasa lainnya, termasuk Kantonis, Punjabi, Gujarati, Hindi, Urdu dan Kreol Jamaika.

Agama

Agama yang umum di Britania Raya adalah Anglikan (66%), Katolik, Hindu, Yahudi, Islam.

Ekonomi

Ekonomi Britania Raya merupakan terkuat keenam di dunia dan terkuat ketiga di Eropa setelah Jerman dan Perancis[1]. Mata uang Britania Raya adalah Poundsterling. Sektor pariwisata menyumbang sebagian besar pendapatan nasional negara tersebut dengan lebih dari 27 juta turis yang datang pada tahun 2004 dan dinobatkan sebagai negara dengan kedatangan turis keenam terbanyak di dunia[2].

Budaya

Peta Britania Raya

Britania Raya mempunyai dua dari universitas yang terkemuka di dunia, yaitu Universitas Cambridge dan Universitas Oxford dari mana tokoh-tokoh ilmuwan dan militer, seperti Sir Isaac Newton, Charles Darwin, Michael Faraday, Paul Dirac dan Isambard Kingdom Brunel berasal. Negara ini juga terkenal dengan penemuan seperti mesin uap, lokomotif, vaksinasi, televisi, radio, telepon, hovercraft, mesin pembakaran dalam dan mesin jet.

William Shakespeare merupakan tokoh yang penting dalam kesusasteraan Inggris. Penulis-penulis terkenal dari Britania Raya juga termasuk Brontë Bersaudari (Charlotte, Emily, dan Anne), Jane Austen, Joanne Kathleen Rowling, Agatha Christie, J.R.R. Tolkien dan Charles Dickens. Penulis sajak yang terkenal ialah Lord Byron, Robert Burns, Lord Tennyson, Thomas Hardy, William Blake dan Dylan Thomas.

Sejarah

Britania Raya pada masa kini merupakan kesatuan beberapa negeri semenjak 840 tahun lalu. Skotlandia dan Inggris pernah menjadi dua entitas politik yang berbeda sejak abad ke-9. Wales pula dikuasai raja-raja Inggris sejak 1284 dan dijadikan bagian kerajaan Inggris melalui Akta Undang-undang di Wales 1535.

Geografi

Britania Raya yang merupakan terjemahan dari bahasa Inggris Great Britain bisa dikatakan merupakan negara federal yang terdiri dari Inggris, Skotlandia dan Wales bersama-sama dengan Irlandia Utara. Keempat negara bagian ini membentuk negara yang disebut sebagai United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland (secara harfiah dalam bahasa Indonesia: “Kerajaan Serikat Britania Raya dan Irlandia Utara”). Dari keempat negara bagian ini, Inggrislah yang paling penting sehingga di Indonesia negara ini disebut dengan nama ini meskipun ini hanyalah sebagian saja. Selain keempat negara bagian ini, Britania Raya juga memuat Pulau Man, Kepulauan Channel seperti Guernsey, Jersey, Alderney dan Sark. Daerah-daerah ini secara pemerintahan bukan bagian dari Britania Raya tetapi mungkin lebih tepat disebut sebagai jajahan meskipun jaraknya sungguh dekat.

Sebagian besar Inggris terdiri dari dataran rendah. Kota besar termasuk London, Birmingham, Manchester, Leeds, Sheffield, Liverpool, Bristol, Nottingham, Leicester, dan Newcastle upon Tyne. Dekat Dover, Inggris, Terowongan Channel menghubungkan Britania Raya dengan Perancis. Tidak ada puncak melebihi 1000 m di Inggris.

Sebagian besar Wales bergunung-gunung, puncak tertingginya ialah Snowdon, pada 1.085 m dpl. Di utara daratan utama ialah pulau Anglesey. Kota terbesar dan ibukotanya ialah Cardiff, terletak di selatan Wales. Wilayah metropolitan lainnya termasuk Swansea, Newport, dan Wrexham.

Geografi Skotlandia bervariasi, dengan dataran rendah di selatan dan timur dan dataran tinggi di utara dan barat, termasuk Ben Nevis, pegunungan tertinggi di Britania Raya (1343 m). Banyak lengan lautan dalam, firth, dan loch yang dalam. Banyak pulau di utara dan barat Skotlandia yang termasuk, terutama Kepulauan Hebrida, Orkney dan Shetland, juga pulau kecil tak berpenghuni Rockall, meski pernyataan ini dipertentangkan. Kota-kota utama ialah Edinburgh, Glasgow, Aberdeen, dan Dundee.

Irlandia Utara, yang menyusun bagian timur laut Irlandia, paling berbukit. Kota-kota utamanya ialah Belfast dan Londonderry.

Keseluruhannya diperkirakan bahwa Britania Raya termasuk sekitar 1098 pulau kecil, sebagian alami dan sebagian crannog, sejenis pulau buatan yang dibangun di masa lalu menggunakan batu dan kayu, secara bertahap diperbesar dengan limbah alam yang menumpuk berwaktu-waktu.

Kenegaraan

  • Kepala Negara: Raja atau Ratu.
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri.
  • Sistem Pemerintahan : Demokrasi Parlementer, pemilu menurut sistem distrik.

Nama-nama Britania Raya dalam bahasa daerah

Referensi

0 komentar:

Poskan Komentar