UNI EROPA

Peta dunia yang menunjukkan letak Eropa

Eropa (Inggris : Europe) secara geologis dan geografis adalah sebuah semenanjung atau anak benua (jazirah). Pemisahannya sebagai benua lebih dikarenakan oleh perbedaan budaya. Batasnya di utara adalah Samudera Arktik, di barat adalah Samudera Atlantik, dan di selatan dibatasi oleh Laut Tengah. Batas timurnya masih belum jelas karena pemisahan benua ini sendiri diawali oleh faktor kebudayaan. Batas yang sering dipakai sebagai batas benua Eropa dan Asia adalah Pegunungan Ural dan Laut Kaspia.

Benua ini adalah benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas 10.600.000 km² sedangkan bila dihitung dari populasinya, benua ini terletak di urutan ketiga (di bawah Asia dan Afrika) dengan 799.466.000 jiwa pada tahun 2003 (seperdelapan penduduk dunia).

Sejarah

Eropa memiliki sejarah kebudayaan dan ekonomi yang panjang, dimulai dari Palaeolitik. Penemuan terakhir di Monte Poggiolo, Italia, dari ribuan batuan buatan tangan yang ditanggal karbon sejauh 800.000 tahun lalu, memberikan sebuah bukti penting.

Awal dari budaya demokratik dan individualistik Barat seringkali dikatakan berasal dari Yunani Kuno, meskipun beberapa pengaruh lainnya, seperti Kristen, juga turut mempunyai andil atas penyebaran konsep seperti eglitarianisme dan keuniversalan hukum.

Kekaisaran Romawi membagi benua sepanjang Rhine dan Danube selama beberapa abad. Mengikuti penurunan Kekaisaran Romawi, Eropa mengalami kenaikan dari yang dikenal sebagai Zaman Migrasi. Periode tersebut dikenal sebagai Zaman Kegelapan sampai ke Renaisans. Pada masa ini, komunitas monastik terisolasi di Irlandia dan di beberapa tempat lain menjaga dan mengumpulkan secara hati-hati pengetahuan tertulis yang telah dikumpulkan sebelumnya. Renaisans dan Monarki Baru menandakan mulainya periode penemuan, eksplorasi, dan peningkatan dalam pengetahuan ilmiah. Pada abad ke-15 Portugal membuka awal penemuan, yang diikuti oleh Spanyol. Kemudian Perancis, Belanda, dan Britania Raya turut bergabung dalam membangun kekaisaran kolonial besar dengan daerah kekuasaan yang luas di Afrika, Amerika, dan Asia.

Setelah masa penemuan, konsep-konsep demokrasi mulai menemukan pengaruhnya di Eropa. Perjuangan-perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan muncul, terutama di Perancis pada periode yang dikenal sebagai Revolusi Perancis. Ini mengakibatkan pergolakan yang besar di Eropa karena ide-ide yang revolusioner ini menyebar ke sepanjang benua. Kebangkitan demokrasi menyebabkan bertambahnya tekanan di Eropa selain tensi-tensi yang telah ada karena persaingan di Dunia Baru. Dari semuanya, konflik yang paling terkenal adalah saat Napoleon Bonaparte merebut kekuasaan dan membentuk Kekaisaran Perancis yang jatuh tak lama kemudian. Setelah peristiwa-peristiwa ini, Eropa perlahan-lahan menjadi stabil, namun sisa-sisa dari konsep periode lama telah mulai runtuh.

Revolusi Industri dimulai di Britania Raya pada akhir abad ke-18, yang menyebabkan pergeseran dari pertanian, kemakmuran rakyat yang semakin bertambah dan pertumbuhan penduduk. Banyak negara di Eropa menemukan bentuknya seperti yang sekarang ini pasca-Perang Dunia II. Sejak berakhirnya Perang Dunia II hingga Perang Dingin, Eropa terbagi kepada dua blok politik dan ekonomi utama: negara-negara komunis di Eropa Timur dan negara-negara kapitalis di Eropa Barat. Sekitar tahun 1990, Blok Timur pecah bersamaan dengan jatuhnya Tembok Berlin.

Geografi

Batas-batas politik dan geografi Eropa tidak selalu sama. Peta fisik dan politik ini menunjukkan Eropa dengan lingkupnya yang terjauh, mencapai hingga Pegunungan Ural.

Secara geografi Eropa merupakan bagian dari daratan yang lebih besar dikenal sebagai Eurasia. Benua ini mulai dari Pegunungan Ural di Rusia, yang menggambarkan batasan timur Eropa dengan Asia. Batasan tenggara dengan Asia tidak tergambarkan secara jelas. Paling umum adalah Sungai Ural atau, Sungai Emba. Batasan berlanjut dengan Laut Kaspia, dan kemudian Pegunungan Kaukasus, atau Depresi Kuma-Manych, dan sampai ke Laut Hitam; Bosporus, Laut Marmara, dan Dardanelles mengakhiri batasan Asia. Laut Mediterania di selatan memisahkan Eropa dari Afrika. Batasan di bagian barat adalah Samudra Atlantik.

Hampir seluruh negara-negara Eropa adalah anggota dari Konsil Eropa, dengan pengecualian Belarus, dan Takhta Suci (Kota Vatikan).

Eropa memiliki perkumpulan negara-negara Eropa yang dikenal sebagai Uni Eropa yang sekarang ini memiliki 27 negara anggota dan masih terus berkembang.

Negara-negara merdeka

Negara-negara merdeka berikut ini mempunyai wilayah kekuasaan di Eropa:

1 Kemerdekaan Abkhazia, Kosovo, Ossetia Selatan, dan Siprus Utara hanya diakui oleh sebagian kecil negara di dunia. 2 Sebagian dari Azerbaijan dan Georgia terletak di Eropa dengan dasar definisi batas antara Eropa dan Asia, yaitu pucak Pegunungan Kaukasus. 3 Wilayah Kazakhstan di Eropa terdiri dari bagian barat Sungai Ural dan Emba. 4 Nama negara ini masih dalam perdebatan. Lihat Republik Makedonia. 5 Wilayah Rusia di barat Pegunungan Ural dianggap bagian dari Eropa.

Keragaman hayati

Binatang dan tumbuhan Eropa sangat dipengaruhi oleh keberadaan dan kegiatan manusia, karena mereka telah hidup berdampingan dengan masyarakat bercocok tanam selama ribuan tahun. Kecuali di Skandinavia dan Rusia (dan hutan-hutan lindung), daerah yang belum terjamah manusia jarang dijumpai di Eropa.

Delapan puluh sampai sembilan puluh persen Eropa dulunya adalah hutan. Hutan-hutan ini menyebar dari Laut Mediterania sampai Samudra Arctic. Meskipun begitu hampir separuh hutan awalnya telah menghilang setelah kolonisasi selama berabad-abad. Sekarang ini Eropa masih memiliki seperempat dari seluruh hutan dunia -- hutan spruce Skandinavia, hutan pine yang luas di Russia, hutan hujan chestnut Caucasus dan hutan oak cork di Mediterania. Sekarang ini penebangan hutan telah dihentikan dan banyak pohon-pohon ditanam. Negara dengan hutan terkecil adalah Irlandia (8%) sedangkan negara dengan hutan terluas adalah Finlandia (72%).

UNI EROPA

Uni Eropa (UE, bahasa Inggris: European Union atau EU) adalah sebuah organisasi antar-pemerintahan dan supra-nasional, yang terdiri dari negara-negara Eropa, yang sejak 1 Januari 2007 telah memiliki 27 negara anggota. Persatuan ini didirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih dikenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992. Namun, banyak aspek dari EU timbul sebelum tanggal tersebut melalui organisasi sebelumnya, kembali ke tahun 1950-an.

Organisasi internasional ini bekerja melalui gabungan sistem supranasional dan antarpemerintahan. Di beberapa bidang, keputusan-keputusan ditetapkan melalui musyawarah dan mufakat di antara negara-negara anggota, dan di bidang-bidang lainnya lembaga-lembaga organ yang bersifat supranasional menjalankan tanggung jawabnya tanpa perlu persetujuan anggota-anggotanya. Lembaga organ penting di dalam UE adalah Komisi Eropa, Dewan Uni Eropa, Dewan Eropa, Mahkamah Eropa, dan Bank Sentral Eropa. Terdapat pula Parlemen Eropa yang anggota-anggotanya dipilih langsung oleh warga negara anggota.

Anggota

Sejak 2007 Uni Eropa memiliki 27 negara anggota, yaitu

Kroasia kelak akan jadi anggota pula. Status Turki masih belum jelas. Parlemen Eropa berunding di Brusel, Belgia dan (beberapa kali setahun) di Strasbourg (Perancis). Parlemen Eropa dipilih secara langsung oleh penduduknya.

Awal dan sejarah

Acara penandatanganan Perjanjian Roma, 1957

Percobaan untuk menyatukan negara Eropa telah dimulai sebelum terbentuknya negara-negara modern; mereka telah terjadi beberapa kali dalam sejarah Eropa. Tiga ribu tahun lalu, Eropa didominasi oleh bangsa Celt, dan kemudian ditaklukan dan diperintah Kekaisaran Roma yang berpusat di Mediterania. Awal penyatuan ini diciptakan dengan cara paksa. Kekaisaran Franks dari Charlemagne dan Kekaisaran Suci Roma menyatukan wilayah yang luas di bawah administrasi yang longgar selama beberapa ratus tahun. Belakangan pada 1800-an customs union di bawah Napoleon I Prancis dan penaklukan pada 1940-an oleh Nazi Jerman hanya terjadi sementara saja.

Dikarenakan koleksi bahasa Eropa dan budayanya, percobaan penyatuan ini biasanya melibatkan pendudukan dari negara yang tidak bersedia, menciptakan ketidakstabilan. Salah satu percobaan penyatuan secara damai melalui kerjasama dan persamaan anggota dibuat oleh pasifis Victor Hugo pada 1851. Setelah Perang Dunia I dan Perang Dunia II, keinginan untuk mendirikan Uni Eropa semakin meningkat, didorong oleh keinginan untuk membangun kembali Eropa dan menghilangkan kemungkinan perang lainnya. Oleh karena itu dibentuklah European Coal and Steel Community oleh Jerman, Perancis, Italia, dan negara-negara Benelux. Hal ini terjadi oleh Perjanjian Paris (1951), ditandatangani pada April 1951 dan dimulai pada Juli 1952.

Setelah itu terbentuk juga European Economic Community didirikan oleh Perjanjian Roma pada 1957 dan diimplementasikan pada 1 Januari 1958. Kemudian komunitas tersebut berubah menjadi Masyarakat Eropa yang merupakan 'pilar pertama' dari Uni Eropa. Uni Eropa telah ber-evolusi dari sebuah badan perdagangan menjadi sebuah kerja sama ekonomi dan politik.

Kebijakan utama

Peta negara-negara anggota UE (ISO 3166)

Dari pergantian namanya dari "Masyarakat Ekonomi Eropa" ke "Masyarakat Eropa" hingga ke "Uni Eropa" menandakan bahwa organisasi ini telah berubah dari sebuah kesatuan ekonomi menjadi sebuah kesatuan politik. Kecenderungan ini ditandai dengan meningkatnya jumlah kebijakan dalam UE.

Gambaran peningkatan pemusatan ini diimbangi oleh dua faktor.

Pertama, beberapa negara anggota memiliki beberapa tradisi domestik pemerintahan regional yang kuat. Hal ini menyebabkan peningkatan fokus tentang kebijakan regional dan wilayah Eropa. Sebuah Committee of the Regions didirikan sebagai bagian dari Perjanjian Maastricht.

Kedua, kebijakan UE mencakup sejumlah kerja sama yang berbeda.

Ketegangan antara UE dan kompetensi nasional (atau sub-nasional) bertahan lama dalam perkembangan Uni Eropa. (Lihat pula Antar-pemerintahanisme vs. Supra-nasionasisme (atas), Eroskeptisisme.)

Semua negara calon anggota harus memberlakukan undang-undang agar selaras dengan kerangka hukum Eropa bersama, yang dikenal sebagai Acquis Communautaire. (Lihat pula Perhimpunan Perdagangan Bebas Eropa (EFTA), Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) and Langit Tunggal Eropa.) Lihat tabel negara yang ikut serta dalam sejumlah inisiatif.

Kebijakan eksternal

  • Suatu tarif eksternal bersama bea cukai, dan posisi yang sama dalam perundingan-perundingan perdagangan internasional.
  • Pendanaan untuk program-program di negara-negara calon anggota dan negara-negara Eropa Timur lainnya, serta bantuan ke banyak negara berkembang melalui program Phare and Tacis-nya.
  • Pembentukan sebuah pasar tunggal Masyarakat Energi Eropa melalui Perjanjian Komunitas Energi Eropa Tenggara

Kerjasama dan harmonisasi di wilayah-wilayah lain

Ekonomi

Penduduk dan PDB per kapita negara-negara anggota dan kandidat Uni Eropa

Bila dianggap sebaga satu kesatuan, Uni Eropa memiliki ekonomi terbesar di dunia dengan GDP 2004 11.723.816 PPP. Ekonomi UE diharapkan tumbuh lebih jauh dalam dekade berikutnya sejalan dengan lebih banyak negara bergabung dalam persatuan ini - dan terlebih lagi negara-negara baru ini biasanya lebih miskin dari rata-rata UE, dan oleh karena itu diharapkan pertumbuhan GDP yang cepat akan membantu dinamika Uni Eropa. Meskipun begitu UE hanya akan tumbuh sekitar 0,3% pada kuarter 2 2005 1, sedangkan negara industri lainnya seperti Amerika Serikat diperkirakan akan tumbuh sekitar 3,2%.

Standar hidup

Berikut adalah sebuah tabel dan tiga graf menunjukkan GDP (PPP) per kapita dan GDP nominal per kapita untuk Uni Eropa dan anggotanya. Data ini untuk perkiraan tahun 2005 dan grafnya dari tahun 2004.

GDP (PPP) per kapita 2004 menunjukkan negara-negara di atas dan bawah rata-rata UE
GDP (PPP), 2004
GDP (PPP) per kapita, 2004
Negara anggota PDB (PPP) juta dolar int. PDB (PPP) per kapita dolar int. PDB (nominal) per kapita dolar int.
Uni Eropa 12.329.110 26.900 29.203
Flag of Luxembourg.svg Luksemburg 30.674 66.821 73.147
Flag of Ireland.svg Republik Irlandia 164.190 40.003 48.753
Flag of Denmark.svg Denmark 187.721 34.718 46.691
Flag of Austria.svg Austria 267.053 32.802 37.688
Flag of Belgium (civil).svg Belgia 324.299 31.159 35.068
Flag of Finland.svg Finlandia 161.099 30.818 36.522
Flag of the Netherlands.svg Belanda 498.703 30.574 38.180
Flag of the United Kingdom.svg Britania Raya 1.825.837 30.227 36.429
Flag of Germany.svg Jerman 2.498.471 30.150 33.785
Flag of Sweden.svg Swedia 267.427 29.537 39.101
Flag of Italy.svg Italia 1.694.706 29.218 29.635
Flag of France.svg Perancis 1.811.561 29.019 33.855
Flag of Spain.svg Spanyol 1.026.340 24.803 27.175
Flag of Slovenia.svg Slovenia 43.260 21.695 18.527
Flag of Greece.svg Yunani 236.311 21.529 20.006
Flag of Cyprus.svg Siprus 16.745 20.669 20.866
Flag of Malta.svg Malta 7.909 20.015 13.742
Flag of the Czech Republic.svg Ceko 198.976 19.488 11.929
Flag of Portugal.svg Portugal 203.947 19.388 16.525
Flag of Hungary.svg Hongaria 162.289 16.627 11.059
Flag of Estonia.svg Estonia 22.239 16.461 9.424
Flag of Slovakia.svg Slowakia 87.129 16.110 8.549
Flag of Lithuania.svg Lituania 49.106 14.338 7.268
Flag of Poland.svg Polandia 512.890 13.440 7.487
Flag of Latvia.svg Latvia 30.227 13.059 6.793
Flag of Bulgaria.svg Bulgaria 71,381 9,205 3.328
Flag of Romania.svg Rumania 183,162 8,258 3.603
Negara Kandidat GDP (PPP) juta dolar int. GDP (PPP) per kapita dolar int. GDP (nominal) per kapita dolar int.
Flag of Croatia.svg Kroasia 55.638 12.364 8.416
25px Turki 570.748 7.958 4.925

Sumber: CIA World Factbook [3] All other figures, source: IMF web site (2005 GDP PPP, 2005 per capita GDP PPP, 2005 per capita GDP, current prices).

Perbandingan dengan blok-blok/negara-negara lain

Blok Luas km² Penduduk GDP (PPP) juta $US GDP (PPP) per kapita $US Negara anggota
Uni Eropa 4,422,773 456.285.839 11.064.752 24.249 25
ASEAN 4.400.000 553.900.000 2.172.000 4.044 10
CSN 17.715.335 366.669.975 2.635.349 7.187 12
NAFTA 21.588.638 430.495.039 12.889.900 29.942 3
AU 29.797.500 850.000.000 1.515.000 1.896 53
Negara besar Pembagian politik
India 3.287.590 1.102.600.000 3.433.000 3.100 35
Republik Rakyat Cina 9.596.960 1.306.847.624 7.249.000 5.200 33
AS1 9.631.418 296.900.571 11.190.000 39.100 50
Kanada1 9.984.670 32.507.874 958.700 29.800 13
Rusia 17.075.200 143.782.338 1.282.000 8.900 89

Pada tahun 2003. Warna cyan untuk angka terbesar, hijau untuk yang terkecil. Sumber: CIA World Factbook 2004, IMF 1 Anggota NAFTA

Nama Uni Eropa dalam bahasa-bahasa Eropa

Berikut merupakan nama "Uni Eropa" dalam 23 bahasa resmi yang digunakan di Uni Eropa.[1]

  1. Evropská unie (Bahasa Ceko)
  2. Unión Europea (Bahasa Spanyol)
  3. Europæiske Union (Bahasa Denmark)
  4. Europäische Union (Bahasa Jerman)
  5. Euroopa Liit (Bahasa Esti)
  6. An tAontas Eorpach (Bahasa Irlandia)
  7. Ευρωπαϊκή Ένωση (Bahasa Yunani)
  8. European Union (Bahasa Inggris)
  9. Union Européenne (Bahasa Perancis)
  10. Európai Unió (Bahasa Hongaria)
  11. Unione Europea (Bahasa Italia)
  12. Eiropas Savienība (Bahasa Latvi)
  13. Europos Sąjunga (Bahasa Lituavi)
  14. L-Unjoni Ewropea (Bahasa Malta)
  15. Europese Unie (Bahasa Belanda)
  16. Unia Europejska (Bahasa Polski)
  17. União Europeia (Bahasa Portugis)
  18. Euroopan unioni (Bahasa Finlandia)
  19. Evropska unija (Bahasa Slovenia)
  20. Európska únia (Bahasa Slowakia)
  21. Europeiska Unionen (Bahasa Swedia)
  22. Uniunea Europeană (Bahasa Romania)
  23. Европейски съюз (Bahasa Bulgaria)
European Union (bahasa lainnya)

Bendera Uni Eropa (Bendera Uni Eropa)

Motto: In varietate concordia (Bahasa Latin: Persatuan dalam perbedaan)
Lagu kebangsaan: Ode an die Freude (orkestral)
EUmap.png
Ibu kota Brusel
Parlemen Brusel, Strasbourg dan Kota Luxemburg
Bahasa resmi Lihat Bahasa-bahasa resmi Uni Eropa
Presiden Dewan Herman van Rompuy (Belgia)
Presiden Komisi José Manuel Durão Barroso
Presiden Parlemen Hans Gert Pottering
Wilayah - Total Urutan ke-72 4,422,773km²
Penduduk - Total (2004) - Kepadatan Urutan ke-32 454.900.000 (EU-25) 116,4 jiwa/km²
PDB (PPP) (2004) - Total - Per kapita Urutan ke-22 €10.202.336.800.000 [1] €22.300 [2]
Didirikan Sebagai KE - Ditandatangani - Diberlakukan

Sebagai UE - Ditandatangani - Diberlakukan

Persetujuan Roma - 25 Maret 1957 - 1 Januari 1958

Persetujuan Maastricht - 7 Februari 1992 - 1 November 1993

Mata uang Euro (EUR atau €)
Zona waktu UTC hingga +2
TLD .eu (berlaku mulai 2005); level kedua .eu.int sudah digunakan
Kode telepon +3 (direncanakan)
1 Setiap negara bisa menetapkan bahasa lainnya dalam setiap wilayahnya.

2 Jika dihitung sebagai satu negara.

0 komentar:

Poskan Komentar