Sudan

جمهورية السودان Jumhuriyyah as-Sudan
Lambang Sudan
Bendera
Motto: Al-Nasr Lana (bahasa Arab: Kemenangan adalah Milik Kita)
Lagu kebangsaan: Nahnu Jundullah Jundulwathan ("Kita adalah Pasukan Tuhan dan Tanah Kita")
Ibu kota (dan kota terbesar) Khartoum
Bahasa resmi Arab
Pemerintahan Kediktatoran Militer
- Presiden U. H. A. al-Bashir
Kemerdekaan
- - Tanggal Dari Mesir dan Britania Raya 1 Januari 1956
Luas
- Total 2,505,810 km2 (10)
- Air (%) 5%
Penduduk
- Perkiraan 2006 31.700.000 (32)
- Sensus ? tidak tersedia
- Kepadatan 15/km2 (195)
PDB (KKB) Perkiraan 2003
- Total 68.628 (61)
- Per kapita 2.046 (126)
Mata uang Dinar Sudan (SDD)
Zona waktu (UTC+3)
- Musim panas (DST) tidak ada (UTC+3)
Domain internet .sd
Kode telepon 249

Sudan (nama resmi Republic of Sudan ) adalah negara yang terletak di timur laut Afrika. Sudan adalah Negara terluas di Afrika dan di daerah Arab. Dan Negara terluas kesepuluh di dunia. Negara ini berbatasan dengan Mesir di sebelah Utara, Laut Merah di sebelah Timur laut, Negara Kongo dan Negara Afrika tengah di sebelah Barat daya. Negara Chad di sebelah barat dan Libya di sebelah barat laut. Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia, memisahkan negara ini menjadi bagian selatan dan utara.

Sebagai anggota dari PBB, Sudan juga anggota dari AU, LAS, OIC dan NAM, dan juga sebagai pengamat di WTO. Ibukota Negara ini adalah Khartoum, yang merupakan pusat dari politik, kebudayaan dan pusat perdagangan , sementara kota Omdurman sebagai kota terbesarnya. Dengan jumlah populasi sebesar 42 juta penduduk, Islam Sunni merupakan agama resmi dan terbanyak dianut, sementara bahasa Arab dan Inggris merupakan bahasa resmi negara ini.

Daftar negara bagian di Sudan

Sudan dibagi kedalam 25 negara bagian yang kemudian dipecah lagi kedalam 87 distrik; 10 negara bagian di Sudan Selatan dibagi kedalam 84 county. Negara bagian Sudan:

Pendidikan

Pendidikan di Sudan digratiskan dan diwajibkan bagi seluruh anak-anak usia 6 sampai 13 tahun. Pendidikan dimulai dari pendidikan dasar selama dari delapan tahun, kemudian pendidikan menengah tiga tahun. Jenjang pendidikan dirubah menjadi berformat 6 + 3 + 3 pada tahun 1990.

Bahasa pengantar pedidikan yang digunakan di semua tingkatan adalah bahasa Arab. Lokasi sekolah terkonsentrasi di sejumlah daerah perkotaan, yang mana sejumlah sekolah yang terletak di bagian Selatan dan Barat telah rusakbahkan hancur akibat konflik di Negara tersebut.

Pada tahun 2001, Bank Dunia memperkirakan bahwa partisipasi murni siswa Sekolah Dasar adalah 46% dan 21 persen dari pelajar sekolah menengah yang terdiri dari siswa yang memenuhi syarat. Tingkat kelangsungan pendidikan di Sudan sangat bervariasi, di beberapa provinsi bahkan hanya mencapai di bawah 20 persen. Sudan memiliki 19 universitas berbahasa Arab. Pendidikan di tingkat menengah dan pendidikan tinggi di universitas mengalami masalah penghambat yang serius disebabkan oleh sebagian besar penduduk berjenis kelamin laki-laki melaksanakan dinas militer sebelum dapat menyelesaikan pendidikan mereka.

Menurut perkiraan Bank Dunia, pada tahun 2000 tingkat baca-tulis pada orang dewasa berusia 15 tahun keatas hampir 58% (69% untuk laki-laki, 46 %untuk wanita). Sedangkan pada tahun 2002, tingkat baca-tulis pada orang dewasa berusia 15 tahun keatas mencapai 60 persen dan tingkat buta aksara pemuda (usia 15-24) diperkirakan sebesar 23%.

0 komentar:

Posting Komentar