Masakan Tahun Baru – Ozoni

ozoni

Ozoni adalah masakan sup tradisonal yang wajib dihidangkan saat perayaan Tahun Baru di Jepang. Pada pagi hari Tahun Baru terdapat acara minum-minum sake bersama setelah itu sup ozoni dihidangkan. Hampir sama seperti pembuatan sup udon, hanya saja tidak menggunakan mie sebagai bahan utamanya melainkan kue mochi (kue beras yang rasanya manis). Ada berbagai macam versi tentang komposisi masakan ini namun yang utama adalah selalu menyertakan kue mochi di dalamnya.

Yang perlu anda persiapkan mula-mula adalah kaldunya, bisa menggunakan kaldu ayam dengan rumput laut atau menggunakan kaldu dashi yang menggunakan serutan ikan bonito yang sudah dikeringkan. Siapkan panci masak, isi air dan didihkan terlebih dahulu. Setelah itu baru masukkan bahan kadu yang mau anda gunakan. Tambahkan garam, kecap asin, aduk dan cicipi sebentar (boleh ditambahkan sedikit merica hitam).

Potong-potong sayur, seperti wortel, sawi putih/kubis, akar lotus (renkon), dll dengan bentuk yang diinginkan. Rendam potongan lotus kedalam air yang dibubuhi sedikit cuka supaya warnanya tidak berubah kehitaman. Masukkan cincangan sawi putih, wortel, lotus. Potongan wortel dikukus terlebih dahulu baru dimasukkan kedalam kaldu. Potong-potong Kamaboko (kue ikan yang dikukus) lalu masukkan ke dalam sup. Kamaboko hadir dengan berbagai bentuk saat dijual di supermarket namun umumnya terdiri dari warna putih dan dikombinasikan dengan warna merah muda. Bisa ditambahkan dengan jamur Shitake dan suwiran daging ayam. Jika menggunakan jamur shitake, rendam dulu jamur shitake kering tersebut dalam air hingga lunak, baru setelahnya dipotong-potong.

Masukkan kue mochi ke dalam oven 300 derajat selama beberapa menit, biarkan hingga isinya mengembang dan bagian kulit luarnya mengering. Kue mochi yang sudah jadi diletakkan ke dalam mangkuk makan tiap orang, tidak dimasukkan ke dalam sup. Tuang kaldu yang sudah berisi sayur dan bahan-bahan lainnya ke dalam mangkuk berisi mochi. Mochi ini akan terasa kenyal saat digigit, karena itu makanlah secara perlahan. Ozoni pun siap dijadikan santapan bersama. Selamat mencoba!

ozoni soup

Saat memakannya menggunakan sumpit alih-alih sendok. Sumpit Jepang memiliki kekhasan pada ujung sumpitnya yakni runcing pada bagian ujung, bisa digunakan untuk mengoyak daging ataupun mochi, sedangkan sumpit Cina pada bagian ujungnya cenderung rata. Sumpit Jepang pun memiliki ukuran berbeda-beda sesuai dengan tangan penggunanya. Biasa dibedakan menjadi 3 jenis ukuran yakni ukuran bagi pria, wanita dan anak-anak.

0 komentar:

Poskan Komentar