Membuat Dapur Sekaligus Area Bersantap, Boleh Saja!

oleh: Anissa Q. Aini

Membuat Dapur Sekaligus Area Bersantap, Boleh Saja!

Menjadikan dapur sekaligus area makan bukan hal yang aneh lagi pada desain dapur modern. Untuk memenuhi dua fungsi ini, ada beberapa ragam desain. Apa saja?

Untuk hunian-hunian mungil seperti apartemen, menyatukan area bersantap dengan dapur, merupakan salah satu solusi mengefektifkan penggunaan lahan. Mulai dari sekadar menempatkan meja bar, hingga menempatkan set meja dan kursi makan. Ada beberapa desain penataan dapur, yang sekaligus difungsikan sebagai ruang makan.

Counter Dining

Kalau kebetulan dapur Anda berada pada lahan yang tidak terlampau luas, counter dining bisa jadi pilihan area bersantap. Bentuknya bisa berupa meja bar mungil. Mengingat luas lahan yang terbatas, biasanya meja bar didesain sederhana dan ramping. Desain dapur sekaligus area santap ini cocok untuk mereka yang masih single , atau sudah menikah tapi belum memiliki anak. Pasalnya, biasanya meja bar hanya bisa menampung dua tempat duduk.

Breakfast Nook

Masih tersisa sedikit lahan di sudut dapur? Manfaatkan sebagai breakfast nook . Caranya tempatkan sebuah meja kecil yang bisa menampung empat hingga enam orang. Biasanya ditempatkan di dekat jendela, atau merapat pada salah satu dinding yang kosong. Masih karena pertimbangan luas lahan, baiknya pilih meja dan kursi yang berdesain ramping.

Eat in Kitchen

Istilah ini sebenarnya hanya penyebutan lain dari meja makan yang menyatu dengan dapur. Berbeda dengan breakfast nook , eat in kitchen biasanya lebih besar. Untuk membuat desain seperti ini, diperlukan lahan yang luas. Pasalnya, Anda perlu menempatkan set meja dan kursi makan untuk paling tidak enam hingga dua belas orang.

0 komentar:

Poskan Komentar