Thunbergia Jadi Solusi untuk Taman di Lahan Sempit

oleh: Tigor C. Siahaan

Thunbergia Jadi  Solusi untuk Taman di Lahan Sempit

Jika Anda hanya mempunyai lahan yang sempit, cobalah menanam tanaman rambat di rumah Anda. Tempatkan di beberapa sudut taman. Tidak harus langsung di tanah, pakai pot juga tak apa. Asalkan ada rambatan, seperti pagar, pergola, atau kanopi carport

Arah pertumbuhan tanaman rambat yang vertikal tidak menyita tempat yang luas. Jika sudah tumbuh lebat, rumah Anda akan terlihat lebih hijau dan asri.

thunbergia

Dari banyak jenis tanaman rambat, Anda mungkin bisa memilih tunbergia (Thunbergia grandiflora ). Tanaman rambat ini memiliki bunga yang indah yang menjadi daya tarik utamanya.

Warna bunganya ungu atau putih. Tumbuh menjuntai dari tangkai bunga. Pertumbuhan bunga yang menjuntai ini menjadikannya cocok jika ditanam di pergola atau kanopi. Bunga tunbergia mekar pada pagi hari dan mulai menguncup menjelang sore.

Tunbergia memiliki daun berbetuk hati, berwarna hijau gelap. Tanaman ini tumbuh dengan cepat. Daun-daunnya yang lebat dapat segera menghijaukan taman hanya beberapa bulan setelah ditanam. Jika kondisi lingkungan sesuai, tunbergia bisa tumbuh hingga sepanjang 8m.

Tanaman rambat ini memerlukan cahaya matahari penuh agar rajin berbunga. Untuk perawatan sehari-hari, tunbergia cukup disiram sekali sehari. Pemberian pupuk dapat diberikan setiap 6 bulan. Bersamaan dengan pendangiran. Pemangkasan dilakukan hanya jika tanaman sudah mulai tumbuh tak teratur. Agar bunganya lebih banyak, bunga tunbergia yang layu sebaiknya dipotong. Ini untuk merangsang tumbuhnya bunga baru.

Tak sulit memelihara tanaman yang cantik ini. Tertarik mencoba?

0 komentar:

Poskan Komentar