Nyamannya Ruang Keluarga Dekat Innercourt

oleh: Anissa Q. Aini

Ruang keluarga yang lega dan nyaman. Foto: iDEA/ Richard Salampessy

Terbuka, lapang, dan terang, adalah kata-kata yang pas untuk menggambarkan ruang keluarga ini. Dinding serba kaca, pemilihan warna putih, dan minimalisasi sekatlah sebabnya.

Bayangkan Anda duduk di ruang keluarga ini. Bersandar di sofa yang empuk, membaca buku favorit, sambil menemani si kecil menonton televisi. Ditemani udara sejuk dan gemericik suara air kolam. Nyaman dan menyenangkan sekali, bukan?

Sekali lihat saja, Anda pasti tahu apa yang membuat ruang keluarga ini begitu nyaman. Pertama, area yang lapang. Ruang keluarga berada satu area dengan ruang baca alias perpustakaan. Kedua ruangan ini tidak dibatasi sekat apapun. Pemilihan desain dan penempatan furnitur menjadi "pembeda" dua ruangan tadi. Ide menarik, nih. Buat yang berencana memisah ruangan dengan sekat, lupakan! Tanpa pembatas pun ruangan bisa "terpisah".

Apa lagi yang membuat ruang keluarga ini jadi tempat santai yang menyenangkan? Serba terang dan terbuka dengan dinding kaca, jadi salah satu jawabannya. Ruangan ini lebih banyak menggunakan material kaca sebagai dinding, dibanding dinding beton atau bata. Terutama dinding yang langsung berbatasan dengan kolam, sebagai innercourt . Hasilnya, ruangan yang terang oleh cahaya alami.

Apa gak panas? Tidak kok. Cahaya matahari yang masuk ke ruangan ini berasal dari void di atas kolam. Jadi, dinding kaca tidak diterpa sinar matahari langsung.

Resep selanjutnya, adalah menempatkan ruang keluarga berdekatan dengan innercourt . Kalau diperhatikan lebih seksama, tidak cuma ruang keluarga saja yang berdekatan dengan innercourt . Ruang makan dan pantry , di sisi lain rumah juga ditempatkan bersebelahan dengan kolam dan taman. Setiap dinding pembatas antara ruang dengan innercourt terbuat dari kaca, sebagian bahkan dibiarkan terbuka. Pengaturan cerdas seperti ini membuat sirkulasi udara di setiap ruangan berjalan sangat baik. Jangan heran, tanpa AC pun ruangan tidak akan terasa panas.

Berikutnya adalah pilihan warna. Seluruh ruangan di rumah ini dominan warna putih. Warna ini membuat ruangan tampak lebih lega, dan sanggup memantulkan cahaya dengan baik, sehingga ruangan lebih terang.

Nah, supaya tidak terlihat pucat karena semua serba putih, Anda bebas bermain dengan warna furnitur. Seperti di ruangan di foto atas. Ada sofa hitam dan putih, ada pula kursi ottoman dan single chair merah.

Untuk membuat ruang keluarga seperti ini, lebih mudah bagi Anda yang sedang atau akan membangun rumah. Jadi pengaturan tata letak ruangan bisa direncanakan sejak awal. Buat yang sudah terlanjur memiliki ruang keluarga, tidak perlu berkecil hati. Coba aplikasikan satu atau dua dari solusi di atas, yang memungkinkan dilakukan. Misalnya, meminimalisasi sekat, mengganti warna ruangan, dan sebagainya

0 komentar:

Poskan Komentar