Tubuh Fit Berkat Bayam

Anda masih ingat pada film kartun Popeye The Sailorman? Karakter utama film tersebut, Popeye dikisahkan sangat gemar mengonsumsi bayam, dan memiliki tenaga super.

Sebenarnya apa sih, yang terkandung dalam daun bayam yang membuat tubuh Popeye tampak kekar dan bugar setiap kali ia memakannya?

Kandungan dan Manfaat Bayam

Secara umum, bayam yang sering dikonsumsi terdiri atas dua jenis. Bayam biasa dan bayam yang berduri. Sekalipun tampak luarnya agak berbeda, namun secara umum, kandungan dan manfaatnya adalah sebagai berikut: • Daun bayam mengandung zat besi yang diperlukan tubuh untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Semakin sering kita mengonsumsi daun bayam maka risiko kurang darah (anemia) yang membuat tubuh lemas, berkurang. • Daun bayam mempunyai kandungan serat cukup tinggi sehingga baik untuk mengatasi gangguan ginjal dan organ pencernaan yang bermasalah seperti mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar. • Daun bayam mengandung nutrisi yang berfungsi menurunkan kolesterol, gula darah, melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah.

Khasiat Bayam sebagai Obat • Untuk mengatasi Penyakit Kurang Darah Sediakan 3 genggam daun bayam merah, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus, tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, kemudian saring. Tambahkan 1 sdm dan 1 butir kuning telur ayam kampung ke dalam air daun bayam. Minum 1 kali sehari selama seminggu. Untuk pengobatan berikutnya, minum ramuan ini 2 x seminggu sampai sembuh. • Untuk Memperkuat Akar Rambut Ambil 1 ikat daun dan batang bayam segar, cuci bersih dan tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh. Aduk rata, peras dan saring airnya, minum sekaligus dan minum 2-3 kali sehari. • Untuk mengatasi Penyakit Kuning Masaklah daun bayam bersama daging cumi-cumi dan dimakan selama beberapa hari.

Khasiat Bayam Duri sebagai Obat • Mengatasi Sakit Gigi Ambil akar daun bayam duri seperlunya, cuci bersih lalu kunyah. Buang setelah akar lumat. • Melancarkan produksi ASI Ambil satu batang bayam duri segar. Cuci bersih lalu tumbuk sampai halus, kemudian balurkan pada payudara dan lakukan 3-4 kali sehari sampai ASI lancar. • Meredakan Demam Ambil segenggam daun dan batang bayam duri segar. Cuci bersih lalu tumbuk, tambahkan air matang secukupnya sampai adonan kental. Tempelkan ramuan ini pada dahi dan pelipis.

0 komentar:

Poskan Komentar