Download Citra GoogleEarth/Map Menggunakan GECM 2.5.2

Sebelumnya diperkenalkan Google Earth Cache Manager versi 2.5.2, yang dibuat Oleh: Yohanes Wahyu Trio Pramono, SST (Pegawai Badan Pusat Statistik Provinsi Papua…kalau gak salah). Program ini dibuat dalam rangka riset mengenai bagaimana cara yang efektif untuk mendapatkan citra satelit yang bersumber dari Google Earth. Dalam aplikasi ini, disertakan JPG Extractor karya Eugeny Vedernicov. Nih screenshotnya: 1 Pertama anda dapat menggunakan Google Earth untuk menentukan lokasi yang anda pilih, tetapi jika anda tidak mempunyai aplikasi tersebut dapat menggunakan aplikasi web-map sederhana yaitu di getlalon.com 3 Jika telah mendapat kan lokasi lintang bujur yang akan anda download langsung menuju tahapan download berikut:
  • Pertama adalah kita membuat project dahulu. Caranya klik menu “CREATE PROJECT”. Dengan membuat file project, kita akan menghasilkan database atau list mosaic yang akan kita olah. Selain itu, dengan membuat project akan menghasilkan satu file berekstensi *.umd yang merupakan summary dari project kita, juga nantinya berfungsi untuk menggabungkan seluruh mosaic menjadi satu image utuh.
4
  • Dalam membuat file project, masukkan nilai latitude dan longitude dalam format derajat
  • decimal, disini saya akan mendownload daerah GOR Mandala Krida dan sekitarnya. Lalu set nilai zoom-nya, semakin tinggi (19) kualitasnya semakin detail. Jika anda men-set nilai zoom 19 (kualitas tinggi) pastikan nilai longitude dan latitude memang benar-benar ada dalam wilayah image resolusi tinggi di Google Earth/GetLaLon.com. Setelah itu browse dimana project akan disimpan (dalam contoh di atas disimpan di C:\test), lalu klik tombol PROCESS.
  • Tahap selanjutnya yaitu mendownload mozaic, pada menu utama klik menu “DOWNLOAD IMAGES”, setelah itu mari kita mulai mendownload dengan GECM 2.5.2. Meskipun pada screenshot kita harus membuka Google Earth, tapi kita tidak harus menggunakan aplikasi tersebut.
  • image
  • Buka file project yang telah dibuat di tahap sebelumnya, lalu pilih lag waktu untuk mendownload mozaic, default adalah mendownload tiap satu detik (namun pada akhirnya tergantung dari kuat/lemahnya koneksi internet masing-masing). Setelah itu klik tombol “Downlad Now!”. Maka proses download akan berjalan. Anda bisa me-minimize jendela GECM 2.5.2 (+ aplikasi Google Earth jika menggunakannya) dan melanjutkan dengan aktifitas lainnya.
6
  • Terakhir kita buka Mosaic yang telah ter-unduh. Langkah selanjutnya adalah kita gabungkan semua mosaic tersebut dengan menu TILES COMBINER. Untuk menggabungkan diperlukan file summary (*.umd = Uniting Mozaics Downloaded) yang diperoleh saat membuat project sebelumnya. Browse file *.umd dan klik tombol “Combine Now!”. Maka proses penggabungan file akan berjalan dan menghasilkan file *.BMP.
7
  • Dan kita lihat hasilnya di dalam satu folder file Mozaic tadi, disini adalah Mandala Krida.bmp. Sampai pada tahap ini kita telah memiliki file citra satelit utuh dengan format BMP. Untuk tahap selanjutnya, kita perlu mengkonvert BMP ke format TIFF agar dapat kita buka di arcView/ArcGIS/Global Mapper dan dilakukan rektifikasi/Georeferencing. Karena kita bermain dengan file image yang sangat besar (rata-rata jika bekerja dengan mosaic sebanyak 6000an akan menghasilkan file BMP sekitar 700MB - 800MB) maka kita memerlukan aplikasi pengolah image yang handal, di sini saya menggunakan Photoshop CS3 yang dapat membuka file BMP berukuran besar. Akhirnya proses panjang telah dilalui, pada tahap akhir ini kita sudah mempunyai file TIFF yang dapat kita buka di ArcGIS atau sejenis untuk dilakukan rektifikasi.
    OO ya…. ini hasil dari download area GOR Mandala krida (saya ubah ke JPEG untuk tampil di blog ini)
Mandala Krida
Mantap hasilnya....

0 komentar:

Poskan Komentar