Mendidik Anak Lewat Desain Kamar

Foto: Dok. iDEA
Tanamkan kesadaran lingkungan pada anak sejak usia dini.Tak harus dengan mendidik langsung lewat buku-buku pelajaran. Desain kamar tidur bisa juga dijadikan media yang tepat untuk belajar.
Meski belum bisa berpikir secara jernih, anak-anak memiliki pola pikir tersendiri. Maka, jangan samakan cara kita mempelajari dan memahami sesuatu dengan anak-anak.
Menurut pakar bahasa rupa Prof. Primadi Tabrani, anak-anak lebih mudah menyerap informasi secara visual. Artinya, bisa berupa gambar atau sesuatu yang bisa dilihat jelas oleh mereka. Prinsipnya hampir sama seperti celetukan khas Amerika, "Seeing is believing ".
Berdasarkan teori tersebut, kita bisa lebih kreatif dalam menyampaikan informasi kepada anak. Salah satu caranya yaitu dengan melengkapi kamar tidurnya dengan fasilitas yang menunjang.
Agar anak Anda lebih mencintai lingkungan, buat desain yang mengarah ke sana. Melengkapi kamar dengan bukaan lebar yang menghemat energi listrik saja tak cukup. Hias ruangan dengan aksesori berbau alam sehingga terlihat bagai berada di tengah hutan.
Anda hanya perlu mengecat ruangan dengan warna hijau rumput atau cokelat tanah. Letakkan tempat tidur di lantai agar muncul kesan seperti sedang berkemah. Tambahkan mainan berbentuk hewan atau tumbuhan untuk mempertegas suasana.
Dijamin, anak senang, Anda pun tenang. Sebab, dengan begini Anda telah mengajarkan anak untuk lebih akrab dengan alam dengan lebih praktis dan efektif.

0 komentar:

Poskan Komentar