Mengapa buah nanas dapat membuat mulut kita luka?

Kata Kunci: ,

buah-nanas

Mungkin kita semua pernah dan suka memakan buah nanas yang memang rasanya enak dan menyegarkan. Tapi diantara kita mungkin pernah merasakan luka setelah kita memakan buah nanas yang berlebihan. Ternyata ada komponen yang terdapat dalam buah nanas tersebut yang dapat menyebabkan luka pada mulut kita.

Buah nanas merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Salah satu komponen yang terdapat dalam nanas adalah enzim bromelain. Enzim ini merupakan salah satu enzim protease yang dapat menghidrolisa protein. Walaupun hampir semua buah-buahan mengandung enzim protease tetapi kadar enzim ini dalam buah nanas lebih tinggi dibandingkan buah lain sehingga dapat memberikan pengaruh pada yang mengkonsumsinya. Sehingga, ikatan protein pada mulut kita juga dapat rusak oleh enzim ini.

Salah satu bukti yang mungkin dapat kita lihat adanya pengaruh enzim ini adalah pada proses pembentukan jelly. Pada proses pembentukan jelly dari gelatin, kita dapat masukkan potongan buah nanas segar pada proses pendinginan. Setelah beberapa lama, yang seharusnya jelly terbentuk dengan adanya buah nanas ini, ternyata jelly tidak akan kenyal atau terbentuk sempurna melainkan akan hancur. Hal ini karena pada jelly terdapat ikatan protein dari gelatin dan ikatan ini terdekomposisi oleh adanya enzim bromelain dalam nanas.

Contoh yang menarik juga kita lihat pada buah nanas itu sendiri. Kita sering melihat ulat pada buah jambu, jeruk atau buah lain. Apakah diantara kita yang pernah melihat ulat atau serangga yang masuk pada buah nanas?.

Sumber: www.thenakedscientist.com

0 komentar:

Poskan Komentar