Wisata Fosil di Sajira

Lebak, Banten juga punya tempat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Sajira yang letaknya berbatasan dengan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya bisa ditempuh dari kota Rangkasbitung sekitar 30 menit.
foto: sri nanang setiyono FOSIL POHON: Panjangnya 18 meter, umurnya 25 juta tahun.
Nah di pinggir jalan menuju ponpes Al Mubasyirin, desa Sajira Mekar, salah satu lokasi yang saya kunjungi saat Ramadan Roadshow, 4 Oktober lalu, ada pemandangan menarik yang tak ingin saya lewatkan. Letaknya di jalan raya Sajira, tepatnya di pinggir jalan desa Gubug (kalau tak salah), ada lokasi tempat ditemukannya batu-batu fosil dalam jumlah melimpah. Fosil-fosil yang ditemukan umumnya bekas pohon yang umurnya ratusan tahun. "Umurnya sekitar 25 juta sampai 5 juta tahun lalu," kata Imam Shobari, rekan dari JIMS yang saat itu satu mobil dengan saya. Dia mengaku pernah menanyakan kepada warga setempat. Angka ini cocok dengan pendapat petugas Departemen Pertambangan dan Energi yang saya temui dalam Pameran Pembangunan Banten di Kota Serang, awal September lalu. Yang paling spektakuler dari fosil ini (sepanjang yang saya ketahui dalam tempo sesaat itu) adalah fosil pohon besar yang panjangnya 18 meter. Fosil ini, kata seorang warga yang mengambilnya dari lokasi di sebuah tepi sungai, ditemukan dalam kondisi utuh walaupun terpotong-potong. Karena bentunya yang besar, saya sempat meminta waktu kepada teman-teman untuk menunggu sesaat ketika melewati lokasi. Saya sengaja mengabadikan fosil itu lewat kamera sekadar untuk bisa dipublikasikan. Asal kita punya uang, fosil-fosil ini bisa dibawa pulang kok. Soal harga, tentu saja bervariasi. Dari yang puluhan ribu rupiah sampai jutaan. Bagaimana dengan fosil pohon yang 18 meter itu? "Wah, mau diletakkan di mana. Kalau punya duit saya juga bingung naruhnya," kata seorang teman. Yang pasti, kalau tertarik untuk berburu batu fosil atau sekadar ingin melihat-lihat, Sajira adalah tempatnya.

0 komentar:

Posting Komentar