Misteri-misteri Antariksa

Hal yang lucu tentang penemuan-penemuan adalah bahwa penemuan-penemuan itu sering kali menghasilkan misteri-misteri baru. Banyak penemuan ilmu pengetahuan antariksa yang luar biasa menghasilkan permasalahan yang membingungkan begi astronom saat mengkaji lebih dalam.
Dalam beberapa hal teka-teki itu bersifat sangat baru dan aneh. Kadang-kadang suatu penemuan hanyalah mengkonfirmasikan betapa kecil hal yang kita ketahui. Karena itu, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh para astronom untuk menyingkap misteri ini.
Berikut ini adalah beberapa misteri antariksa yang patut dipertimbangkan oleh para astronom:
1. Energi Gelap (dark energy)
Dark energy atau energy gelap memiliki sifat tertentu, tetapi hal ini sangatlah unik. Dan hal ini sangatlah kuat! Bahkan lebih kuat dibanding gaya gravitasi.
Jika gaya gravitasi menjaga/menarik berbagai hal bersama-sama di tingkatan tertentu (seperti di dalam galaksi-galaksi yang membentuk ikatan galaksi antara bintang) namun, beberapa kekuatan yang tak dikenal bekerja dengan cara lain yaitu mendorong segala sesuatu menjauhinya sehingga semua hal disekitarnya akan terpisah. Para ilmuwan mulai menyadari adanya kekuatan gelap ini beberapa tahun terakhir, dengan menemukan bahwa alam semesta sedang mengembang dan secara simultan terus mengembang. Dan energy gelap adalah hal yang diperkirakan menyebabkan mengembangnya alam semesta.
Karena tidak punya petunjuk tentang hal ini, para ilmuwan menyebutnya energi gelap
Beberapa Tahun lalu suatu hal membuktikan adanya energy gelap yang sedang bekerja. Kalkulasi-kalkulasi telah dibuat ulang: energi tolak mendominasi alam semesta, sekitar 65 persen dari alam semesta adalah berupa materi gelap.
(Zat gelap yang eksotis dan yang tidak terlihat sangat banyak mengisi alam semesta, dinyatakan bahwa alam semesta hanya berisi 5 persen energy dan materi normal.)
Dua gagasan mencurigai hubungan hal ini dengan kecepatan perluasan alam semesta: bahwa suatu saat semua galaksi akan membeku jika telah sampai pada tempatnya atau mungkin waktu tidak akan berhenti and galaksi akan terus mengembang sampai pada ujung alam semesta.
2. Air di Mars?
Mars adalah planet yang banyak menyimpan rahasia. Pada akhirnya, pertanyaan terbesar bagi NASA dan semua ilmuwan Mars adalah mengenai kehiddupan di mars, tetapi sebelum hal ini terjawab, ada pertanyaan tentang adanya air, suatu syarat utama adanya kehidupan seperti yang kita ketahui.
Meskipun telah ada dua penemuan cairan beku pada 2002, tapi ilmuwan belum dapat memahami cairan itu walau telah dilelehkan.
Sementara itu, terus muncul banyak petunjuk. Dalam sebuah study pada bagian gelap di permukaan mars banyak ditemukan zat garam, dan bekas air mengalir. Tapi masih banyak hal yang belum terungkap. Satelit NASA odyssey terus mengitari mars untuk mencari bukti lainnya.
3. Lubang hitam, di inti Bima Sakti
Sesuatu di tengah galaksi sedang makan(menyedot)apapun dalamnya. Benda tersebut memiliki gaya gravitasi yang maha dahsyat seperti monster yang dapat memakan segalanya.
Para astronom mengumumkan bahwa mereka melihat sebuah bintang hilang disekitar lubang hitam yang menjadi pusat bima sakti, tapi sangat tidak mungkin untuk mengetahui secara detail tentang apa yang terjadi di tengah galaksi tersebut. Tapi hal ini berarti bahwa daerah disekitar lubang hitam adalah daerah aktif yang berbahaya seperti yang dipredikdi dengan sinar X di observatorium Chandra.
Bagaimanapun juga, lubang hitam itu tidak menelan materi yang cukup untuk menghasilkan sinar x yang luar biasa disbanding dengan lubang hitam superpadat yang lain. Para ilmuwan sejauh ini tidak mampu untuk secara penuh menjelaskan keaneka ragaman yang luar biasa ini di dalam perilaku lubang hitam.
Dalam sutau study para astronom mengusulkan ide bahwa penggabungan antara dua buah lubang hitam akan menghasilkan aktivitas tak tentu dari gravitasi lubang hitam tersebut. Dalam suatu pengamatan diumumkan bahwa dua lubang hitam yang bergabung telah berhasil teramati.
Astronom sekarang perlu untuk mengikat semua yang ini pada suatu penjelasan dari perbedaan-perbedaan keluaran cahaya dari inti galaksi kita dengan inti galaksi yang sangat terang di galaksi lain.
4. Asal-usul kehidupan
Pernahkah Anda mempunyai satu mimpi di mana itu anda mencoba untuk lari dari suatu raksasa dan kaki-kaki anda bergerak 'berkali-kali tetapi anda tidak berpindah di mana pun? Pertanyaan itu tidak jauh berbeda dengan memahami asal-muasal kehidupan.
Dalam kenyataannya, harus ditunjukkan bahwa ada sedikit data yang dapat digunakan untuk memahami asal kehidupan. Bumi tidak dapat mempertahankan semua rekaman tentang apa yang terjadi milyaran tahun lalu ketika kehidupan dimulai.
Sementara itu, ada beberapa ide gila yang disetujui. Para ilmuwan sekarang secara umum setuju bahwa kehidupan selamat dengan perjalanan dari mars ke bumi bersama dengan tabrakan asteroid. Sebuah study mengungkapkan mengapa batuan mars mendarat di bumi dalam sebulan bias menyebar secara merata. Ide gila lainnya adalah dinyatakan bahwa serangga jatuh dari angkasa berasal dari debu ekor komet, pendapat ini disetujui beberapa ilmuwan yang mengklaim bahwa mereka telah menemukan serangga angkasa ini di atmosfir bumi.
Kebanyakan ilmuwan lain menyatakan bahwa ada sebuah kesempatan hidup di bumi karena adanya sup bahan kimia prebiotik di planet ini. Komposisi dari air dan bahan kimia organic mungkin datang dari luar angkasa dan bumi berperan sebagai incubator untuk perkembangan evolusi kehidupan.
Jawabannya (banyak para ilmuwan berdebat dan bertanya-tanya mengenai berbagai kemungkinan) bahwa mungkin seperti halnya di bumi, kehidupan mungkin sedang dimulai disuatu tempat, mungkin di mars atau di bintang yang lain.
5. Rahasia Bulan
Tidak ada tempat di dekat bumi yang lebih banyak dipelajari selain di bulan. Kita pergi kesana, dan menjejakkan kaki di bulan.menyaring tanah. Membawa beberapa batuan kembali. Tapi bulan masih membawa banyak rahasia. Mungkin bulan adalah batuan yang diluncurkan dari bumi karena adanya tabrakan asteroid milyaran tahun yang lalu.
Gudang dari informasi antariksa diperkirakan ada di bulan, diperkirakan 11.000 pound bagian dari bumi berada dalam tiap inchi permukaan untuk tiap mil luas permukaan bulan
Batuan-batuan tersebut mungkin menyimpan informasi tentang komposisi dari bumi muda dan atmosfirnya, dan mungkin tersimpan juga informasi tentang asal kehidupan. Informasi ini tidak ada dimanapun di bumi, karena bumi tidak seperti bulan, bumi secara terus menerus mengalami proses daur ulang materi di permukaannya, melipat permukaan ke dalam lalu melelehkannya sebelum dikenali.
Tidak seorangpun yakin secara penuh bahwa bahan tersebut memang berasal dari bumi, tapi para peneliti tetap optimis.
“study baru ini member kita alasan baru untuk kembali melihat bulan sebagai jendela terdekat untuk tahu awal bumi,” dikatakan oleh john amstrong ketua study dari universitas Washington. Dia menambahkan bahwa ini jalan yang tercepat dan termurah untuk mempelajari awal planet dan formasi dari tata surya kita.
6. Matahari Yang Sukar Dimengerti
Jika anda mencari pekerjaan yang akan memiliki masa depan yang cerah, maka jadilah ilmuwan matahari. Benar-benar luarbiasa, kita masih belum dapat secara penuh memahami dinamika dari bintang yang kita orbit.
Gambar baru dari bintik matahari pada 2002, menyingkap saluran seperti struktur yang menghubungkan dari daerah terang ke dalam jantung gelap dari bintik matahari. Struktur yang aneh terisi panas matahari yang luar biasa dan energy magnet, tapi disamping itu asal muasal sari sturktur ini masih misteri.
“persisnya, apa yang terjadi dan mengapa struktur ini terbentuk, kita masih belum tahu,” dikatakan oleh Dan Kiselman.
Dan matahari secara umum? “ kebun binatang luar biasa dari struktur dan dinamika fenomena dari matahari masih belum dipahami secara umum, walaupun telah dipelajari dalam waktu yang sangat lama,”dikatakan kiselman.
7. Usia dari Alam semesta
Para ilmuwan benar-benar setuju metode umum tentang awal dari evolusi alam semesta. Tapi mereka mulai saling berargumen ketika usia dari alam semesta menjadi topic.
Umur dari alam semesta adalah antara 12 sampai 15 milyar tahun dari waktu sekarang, tapi setiap suatu revisi atau perbaikan diumumkan. Hubble telescope observatorium mengumumkan bahwa perkiraan usia alam semesta adalah 13-14 milyar tahun.
(hal yang terkait dan juga pertanyaan yang lebih membingungkan: apa yang sebenarnya terjadi pada awal alam semesta, adan apa yang ada sebelum alam semesta terbentuk? Pertanyaan ini yang membuat para kosmologis seakan berdebat selamanya, karena tidak ada pengamatan yang dapat digunakan sebagai acuan pada waktu itu, dan mungkin tidak ada bukti lagi yang akan didapat untuk misteri ini.)
8. Planet-planet Yang Hilang
Bayangkan kejutan dari ilmuwan yang benar-benar cerdas yang menggunakan computer tercepat, untuk mengkalkulasikan bagaimana tata surya terbentuk, dan computer tersebut mengeluarkan diagram bahwa hanya ada 7 planet di tata surya kita.
Uranus dan neptunus telah hilang, dalam teori yang dikalkulasikan sekarang. Masalah muncul karena moel standar dari formasi planet membutuhkan yang bertabrakan bersama dan bergabung dalam berjuta-juta tahun. Sekali sebuah inti terbentuk, gas dapat tertarik untuk membuat planet seperti Jupiter dan saturnus. Tapi ketika neptunus dan Uranus dijelajahi, tidak ada material yang cukup untuk dapat membuat inti ini bekerja.
This year, theorist Alan Boss of the Carnegie Institution of Washington put forth a radical new idea, a planet-formation mechanism that conveniently builds the two outer ice giants, too. Boss figures the four big planets in our solar system did not develop from rocky cores, as the standard model once held, but that they collapsed from large gas and dust clouds.
Ahli teori alan boss dari institute Carnegie Washington meletakkan ide radikal, sebuah mekanisme formasi planet yang dapat terbangun dari dua es raksasa luar juga. Boss menggambarkan bahwa empat planet besar di tata surya kita tidak terbuat dari inti batuan, seperti halnya model standar yang dipakai, tapi mereka terbentuk dari gas dan awan debu besar yang membeku.
Untuk mendukung teorinya, dan planet-planet, bos harus menaruh calon tatasurya di bagian lain di luar angkasa. Dia memilih bagian formasi bintang yang kuat, jadi radiasi UV dara bintang terdekat dapat melepas gas di Uranus dan neptunus sehingga beratnya akan berkurang. Karena intinya terbuat dari gas.
Semua baik dan bagus, tapi astronom lain sangat skeptic. Kita telah meninggalkan teori lama dan hal itu tidak berkerja lagi dan ide baru seperti itu merupakan ide gila.
Mungkin ketika beberapa ilmuwan sibuk mencari planet di bintang lain, seseorang akan menggambarkan dengan yakin bagaimana plane di tata surya kita diciptakan!
Sumber: Space.com

0 komentar:

Poskan Komentar